fbpx

Pola Kalimat Bahasa Inggris – Subject, Verb, Object, Predicate, Noun, Pronoun, Adjective (Common Sentence Patterns) – Contoh Soal dan Jawaban

Pola Kalimat Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu dari bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Dimana segala aspek kehidupan, baik itu dunia pendidikan, pekerjaan, bahkan sosial selalu terkait dan terpaut dengan bahasa Inggris. Yang berarti, Anda harus mengerti dasar-dasar grammar, salah satunya adalah pola kalimat Bahasa Inggris.

 

Materi Dasar Grammar

Dalam kamus Oxford, Grammar merupakan ‘The whole system and structure of a language’. Jadi dapat disimpulkan bahwa grammar merupakan sebuah sistem serta struktur dari sebuah bahasa.

Dalam pola kalimat bahasa Inggris, tidak ada kata sulit, yang ada hanya seberapa tekun Anda ingin menguasai bahasa Inggris? Banyak orang mengatakan bahasa Inggris adalah bahasa yang susah, sehingga banyak dari mereka yang belajar bahasa merasa enggan untuk mempelajari grammar. Namun perlu diingat bahwa grammar merupakan pembelajaran wajib yang tidak bisa lepas dari proses pemahaman bahasa itu sendiri. Mari belajar “step by step” pola kalimat bahasa Inggris:

 

1. Subject

Subject atau dalam bahasa Indonesia disebut subjek adalah pelaku yang terdapat dalam sebuah kalimat, pelaku tidak hanya orang saja, melainkan benda, hewan, maupun tumbuhan pun dapat disebut sebagai subjek jika dalam kalimat tersebut ia berperan sebagai pelaku. Dalam bahasa Inggris, subjek dapat berupa pronoun seperti I, you, they, we, she, he, dan it. Namun, subjek juga dapat berupa nama seperti Anna, John, Budi, dll.

Subjek dalam sebuah kalimat menjelaskan mengenai ‘siapa’ dan ‘apa’ yang dibicarakan. Setiap kalimat dalam bahasa Inggris membutuhkan subjek. Sebuah kalimat wajib memiliki subjek, sebab jika kalimat tidak memiliki subjek maka kalimat tersebut tidaklah benar dan orang lain tentu tidak akan memahami maksud dari kalimat tersebut.

Subject Example

Ada beberapa bahasa yang memang tidak memerlukan subjek. Secara verbal, orang akan memahami makna kalimat tersebut tanpa perlu subjek yang tampak atau zahir, sehingga subjek yang tampak tidak dibutuhkan. Namun dalam bahasa Inggris subjek selalu diperlukan dan tampak.

Berikut beberapa contoh subjek dalam bahasa Inggris:

Subject Sentence
I I eat potato (saya makan kentang)
She She goes to work (dia pergi kerja)
He He likes banana (dia suka pisang)
We We are playing football (kami bermain sepak bola)
They They are going to go his party (mereka pergi ke pesta dia)
John John doesn’t attend the class (John tidak menghadiri kelas)

Catatan: Kata yang bercetak tebal adalah subjek dalam kalimat tersebut.

 

2. Verb

Dalam kamus Oxford, verb dikatakan sebagai ‘It is used to show an action or state of being’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa verb merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu tindakan atau sebagai sebutan/ nama dari tindakan tersebut. Verb dapat berupa action atau tindakan itu secara langsung, namun ada juga verb yang tidak menyatakan tindakan tersebut secara langsung seperti tobe (is, am, are), dll. Berikut beberapa contoh penggunaan verb dalam kalimat.

Contoh Verb
Verb Meaning Sentence
Eat Makan eat banana
Go Pergi She goes to school
Like Suka He likes pineapple
Play Bermain We are playing football
Love Mencintai They love their teacher
Attend Hadir Budi doesn’t attend in the class

 

Verb sendiri terbagi kepada dua jenis, yaitu Intransitive Verb dan Transitive Verb. Intransitive verb merupakan kata kerja yang membutuhkan objek atau penderita dari tindakan tersebut, seperti memasak (cook), makan (eat), memukul (punch), dan lain sebagainya. Sedangkan transitive verb adalah kata kerja yang tidak membutuhkan objek, seperti lari (run), pulang (return), turun (decrease), naik (increase), berjalan (walk), dan lain sebagainya.

 

3. Object

Object berarti “korban” atau dapat juga disebut dengan objek dalam bahasa Indonesia. Objek merupakan orang atau benda yang terkena tindakan dari subjek. Dalam bahasa Inggris tidak semua kata kerja (verb) memerlukan objek seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Namun perlu diperhatikan bahwa walaupun transitive verb tidak memerlukan objek, namun terkadang ia membutuhkan Compliment atau disebut juga keterangan sebagai penjelas dari pada kalimat tersebut. Berikut beberapa contoh penggunaan objek serta compliment dalam kalimat.

Rumus Grammar

Atau dapat dirumuskan sebagai berikut.

S + P + O/C

Contoh

I Love him

Keterangan: I (subject) Love (predicate) him (object).

Example 1
Example 2

Contoh 2

Compliment Meaning Sentence
In the class Di kelas I study in the class
To school Ke sekolah She goes to school
From my country Dari negaraku Budi comes from my country
In the yard Di lapangan We are playing football in the yard
On the grass Di atas rumput We walk on the grass

 

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa dalam penyusunan kalimat harus terdapat didalamnya subject, predicate, dan object/ compliment.

 

4. Predicate

Predicate dalam sebuah kalimat merupakan bagian yang menginformasikan seperti apa subjeknya atau apa yang dilakukan subjek tersebut. Predicate dapat berupa kata kerja atau kata bantu seperti tobe, atau dapat dikatakan bahwa predicate berfungsi sebagai penjelas dari pada subjek tersebutBerikut beberapa contoh predicate dalam sebuah kalimat.

Predicate Example
  • eat banana
  • Budi Drives a car
  • She isbeautiful
  • They are playing football

Catatan: Kata yang bercetak tebal adalah predikat dalam kalimat tersebut.

 

5. Noun

Noun berarti kata benda, noun sendiri merupakan salah satu dari parts of speech. Berikut 4 macam noun yang wajib kalian ketahui:

  • Proper Noun
  • Common Noun
  • Singular dan Plural Noun
  • Countable dan Uncountable Noun

Countable and uncountable noun adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu berdasarkan dapat atau tidaknya benda tersebut dihitung, atau dalam adat kebiasaannya benda tersebut tidak mungkin/pernah dihitung.

Contoh: Bikes (Countable), Water (Uncountable), etc.

Contoh dalam Kalimat
Proper Noun Indonesia has so many amazing scenery
Common Noun The plane has just taken off
Singular Noun That man is wearing a rain coat
Plural Noun Those men are wearing shoes
Countable Noun I left my pencil in the class
Uncountable Noun I drink a cup of tea in the morning

 

6. Pronoun

Pronoun berarti pengganti noun, menurut kamus Oxford disebutkan bahwa “A pronoun is used in the place of a noun or phrase”. Dapat disimpulkan bahwa pronoun merupakan kata yang berfungsi untuk menggantikan posisi noun atau frasa. Pronoun sendiri terbagi pada empat bagian, yaitu:

  • Pronoun as subject
  • Pronoun as object
  • Possesive Adjective
  • Possesive Pronoun
  • Revlexsive Pronoun

Berikut penjelasan serta pembagian dari pronoun.

Pronoun as subject Pronoun as Object Possesive Adjective Possesive Pronoun Revlexsive Pronoun
I ME MY MINE MYSELF
YOU YOU YOUR YOURS YOURSELF
THEY THEM THEIR THEIRS THEIRSELVES
WE US OUR OURS OURSELVES
SHE HER HER HERS HERSELF
HE HIM HIS HIS HIMSELF
IT IT ITS ITSELF

Dan masih ada beberapa bagian pronoun yang akan kita bahas lebih rinci lagi di pembelajaran selanjutnya. Dan perlu dipahami bahwa dalam mempelajari grammar, pemahaman akan pronoun sangat mempengaruhi proses pembelajaran anda selanjutnya.

 

7. Adjective

Dalam pola kalimat bahasa Inggris, Adjective berarti kata sifat, menurut kamus Oxford ‘Adjectives are used to describe or specify a noun or pronoun’. Jadi dapat disimpulkan bahwa adjective merupakan kata yang berfungsi untuk mensifati atau menjelaskan keadaan kata benda (noun) maupun kata ganti (pronun) dalam sebuah kalimat atau frasa. Berikut beberapa contoh penggunaan kata sifat dalam kalimat:

Adjective Meaning Sentence
Handsome Ganteng He is a handsome boy
Mad Gila Are you mad?
Fat Gemuk I love my fat cat
Lazy Malas Teacher doesn’t like lazy student
Greedy Rakus He catches that greedy mouse
Bright Terang Your lamp is so bright
Slim Ramping My girlfriend is very slim

 

Pembahasan mengenai adjective tidak hanya sampai mengenai hal itu saja, akan tetapi adjective masih memiliki 2 pembagian lagi yaitu Limiting Adjective (LA) dan Descriptive Adjective (DA). Sebelum kita masuk ke contoh keduanya, alangkah lebih baik jika kita mengenak terlebih dahulu apa itu limiting adjective dan descriptive adjective.

 

Pola kalimat bahasa Inggris

Pola Kalimat Bahasa Inggris – Subject, Verb, Object, Predicate, Noun, Pronoun, Adjective (Common Sentence Patterns) – Contoh Soal dan Jawaban

 

Sentence Pattern (Pola Kalimat Bahasa Inggris)

Pengertian Sentence dan Sentence Pattern

Sentence adalah suatu konstruksi yang terdiri dari subject dan predicate sehingga membentuk suatu pikiran yang utuh.

Subject dapat berupa noun, noun substitute (gerund, infinitive, noun clause) atau pronoun; sedangkan predicate berupa verb dengan/tanpa tambahan berbagai part of speechlain.Dengan demikian, ada banyak kemungkinan pola subject + predicate —sentence pattern– yang dihasilkan. Tulisan ini akan membahas beberapa pola kalimat bahasa Inggris (sentence pattern) yang umum digunakan di dalam bahasa Inggris.

Pola Kalimat Bahasa Inggris (Common Sentence Patterns)

Beberapa penjelasan dan contoh kalimat sentence pattern yang umum sebagai berikut.

1. Subject + Verbintransitive

Pola S-V menggunakan intransitive verb yang tidak membutuhkan object untuk membentuk suatu pikiran yang utuh.

Contoh Sentence Pattern:

1 He walks. (Dia berjalan.)
2 People eat. (Orang-orang makan.)

 

2. Subject + Verbtransitive + Direct Object

Sentence pattern ini menggunakan transitive verb sehingga membutuhkan direct objectsebagai penerima aksi dari kata kerja.

Contoh Sentence Pattern:

1 The children played the game. (Anak-anak memainkan permainan tersebut.)
2 My mother is cooking. (Ibu saya sedang memasak.)

 

3. Subject + Verbintransitive  + Adverb

Adverb pada sentence pattern ini dapat berupa simple adverb atau prepositional phrase.

Contoh Sentence Pattern:

1 The students study hard. (Para siswa belajar keras.)
2 I live in a small city. (Saya tinggal di sebuah kota kecil.)

 

4. Subject + Linking Verb + Noun/Adjective

Linking verb dapat berupa verbs of being (is, am, are, was, were, become, dll) atau verbs of sensation (feel, look, smell, sound, taste). Linking verbmenghubungkan subject dengan deskripsinya (subject complement berupa noun atau adjective). Adapun prepositional phrase dapat pula berperan sebagai adjective.

Contoh Sentence Pattern:

1 Your coat looks warm. (Mantelmu tampak hangat.)
2 I’m a civil engineer. (Saya seorang enjinir sipil.)
3 That children were naughty. (Anak-anak itu nakal.)
4 Mr. John is a pilot. (Mr. Ahmad adalah seorang pilot.)
5 My uncle is at home. (Paman saya di rumah.)
6 You look like your brother. (Kamu tampak seperti saudaramu.)

5.  Subject + Verbtransitive + Indirect Object + Direct Object

Indirect object menerangkan untuk siapa atau apa sesuatu dilakukan oleh action verb.

Contoh Sentence Pattern:

1 I gave her a piece of banana cake. (Saya memberinya sepotong kue pisang.)
2 Cindy showed me her new watch. (Cindy menunjukkan pada saya jam barunya.)

6. Subject + Verbtransitive + Direct Object + Noun/Adjective

Noun atau adjective pada sentence pattern ini bertindak sebagai object complement dari (pelengkap direct object).

Contoh Sentence Pattern:

1 I named my fish Nemo. (Aku menamakan ikanku Nemo.)
2 I found him a friendly dentist. (Saya merasa dia dokter gigi yang ramah.)

Contoh Soal dan jawaban Pola Kalimat Bahasa Inggris

1. Mary wants to talk to __________ about your homework.

a) Him
b) Her
c) You
d) Them

Jawaban: C – Mary wants to talk to you about your homework.

 

2. The bread is stale. You can feed __________ to the birds.

a) Them
b) It
c) Him
d) Her

Jawaban: B – The bread is stale. You can feed it to the birds

3. The plate shattered when John dropped __________ on the floor.

a) Him
b) Her
c) Them
d) It

Jawaban: D – The plate shattered when John dropped it on the floor.

 

4. The spider bit __________ on my ankle.

a) You
b) Me
c) Her
d) It

Jawaban: B – The spider bit me on my ankle.

 

5. Be careful; he lied to __________ before and he may do it again.

a) Us
b) It
c) We
d) They

Jawaban: A – Be careful; he lied to us before and he may do it again.

 

6. The movie was scarry! We really liked __________.

a) Him
b) Them
c) Her
d) It

Jawaban: D – The movie was scary! We really liked it.

 

7. Where are Joe and Cindy? Didn’t you invite __________?

a) Us
b) Them
c) They
d) Her

Jawaban: B – Where are Joe and Cindy? Didn’t you invite them?

 

8. I heard that Michael was cut from the team just because Tyler doesn’t like __________.

a) Him
b) Her
c) It
d) Them

Jawaban: A – I heard that Michael was cut from the team just because Tyler doesn’t like him.

 

Ingin Lebih Pintar? Ketahuilah Grammar Bahassa Inggris Yang Lengkap!

Klik disini untuk mengetahui: Grammar Bahasa Inggris Lengkap (English Grammar) – Tata Bahasa Inggris Contoh Soal dan Jawaban

 

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Grammarly

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-16T21:40:33+07:00 Mei 26th, 2018|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment