Resep Nasi Goreng | Nasi Goreng Terenak Gaya Restoran

Resep Nasi Goreng Terenak

Resep nasi goreng ala restoran adalah salah satu yang TERBAIK. Cepat dan mudah dibuat, dapat disesuaikan dengan campuran favorit Anda dan sangat lezat.

Apa bahan rahasia nasi goreng?

Pencoklatan berasal dari pencoklatan alami pada bahan, seperti bawang putih, bawang merah dll.

Mencokelatkan bahan sebelum menambahkan nasi akan membuat nasi menjadi merah. Rahasianya adalah dengan menambahkan kaldu ayam atau kaldu atau bubuk.

TIPS MEMBUAT NASI GORENG TERENAK

Oke, langsung saja. Berikut adalah hal penting yang telah kita pelajari selama bertahun-tahun tentang cara membuat nasi goreng terbaik.

1) Gunakan nasi dingin: Anda harus membuat rencana ke depan dan menggunakan nasi yang benar-benar dingin. Nasi hangat (atau bahkan suam-suam kuku) yang segar tidak akan menggoreng dengan baik saat dipukul di wajan panas, dan akan menghasilkan gumpalan yang basah dan lengket – tidak baik. Jadi, nasi sisa yang didinginkan sangat ideal! Atau, jika Anda sedang terburu-buru (atau sudah mengidam untuk nasi goreng, yang kita sangat mengerti 😉), cukup masak nasi sepertibiasanya. Kemudian sebarkan di atas loyang atau wajan datar besar lainnya, tutupi nasi dengan lapisan plastik pembungkus, lalu masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit (atau di dalam freezer selama 10-15 menit) hingga benar-benar dingin (tidak beku).

Baca juga 👉 Jenis Beras dan Macam-Macamnya | Beras Populer Yang Harus Diketahui

2) Gunakan mentega: Ya, mentega. Kami telah membuat banyak nasi goreng dengan menggunakan berbagai minyak, dan sekarang kita yakin ada alasan mengapa restoran steak Jepang menggunakan potongan mentega yang besar itu ketika mereka membuat nasi goreng. Rasanya jauh lebih enak, dan juga membuat semuanya menjadi cokelat sempurna. (Meskipun jangan takut – kami hanya menggunakan 3 sendok makan untuk nasi yang sangat banyak!)

3) Gunakan sayuran: Ini adalah salah satu resep nasi goreng untuk orang vegetarian. Selain menambahkan beberapa kenis sayur dengan warna yang bagus, sayuran sangat membantu dalam menambahkan rasa dan kesegaran pada nasi goreng. Restoran Cina lokal kami juga selalu menambahkan bawang putih dan hijau, yang kami sertakan dalam resep ini. Tetapi jangan ragu untuk memodernisasi resep ini dengan beberapa sayuran tumis yang lezat juga!

4) Gunakan minyak wijen panggang dan saus tiram: Jika Anda tidak makan makanan laut, Anda dapat meninggalkan saus tiram dan nasi goreng Anda akan tetap enak. Tapi ramuan ini membuat perbedaan besar pada nasi goreng yang enak, dan sedikit saja sudah cukup. Jadi, meskipun Anda tidak menyukai tiram, jangan takut dengan saus tiram! Minyak wijen panggang, di sisi lain, 100% tidak bisa ditawar. Ini adalah bahan yang baunya favorit dan rasanya enak jika ditambahkan ke nasi goreng. (Perhatikan juga bahwa minyak wijen dimaksudkan sebagai minyak akhir, bukan minyak goreng, jadi angkat panci dari api lalu aduk).

5) Gunakan api besar: Ini akan membantu menggoreng dan mencokelatkan nasi dan sayuran dengan baik, dan juga akan membantu mencegah nasi mengepul dalam wajan pada saat menggoreng.

6) Biarkan nasinya agak kecokelatan di bagian bawah: Jika Anda seperti banyak orang yang menyukai nasi Anda yang agak renyah, diamkan sebentar di sela-sela aduk agar bagian dasarnya bisa sedikit kecokelatan. Menggunakan wajan antilengket juga sangat membantu agar nasi tidak menempel di dasar wajan.

7) Jangan takut untuk menambahkan kecap tambahan di akhir: Setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap garam, dan merek kecap yang berbeda juga mengandung kadar natrium yang sangat berbeda secara dramatis. Selalu cicipi masakan Anda pada akhir pemasakan, tambahkan lebih banyak di akhir jika ini terasa enak untuk Anda.

Bahan Nasi Goreng

Baiklah, mari kita bahas bahan-bahannya. Untuk membuat resep nasi goreng ini, Anda memerlukan (tautan afiliasi disertakan):

Nasi yang dimasak dan didinginkan: Semua jenis nasi putih atau merah bisa digunakan. Pastikan itu sudah matang dan benar-benar dingin (dalam wadah tertutup di lemari es) sebelum menambahkannya ke wajan panas Anda. Sekali lagi, nasi yang baru dimasak tidak akan bekerja dengan baik pada resep ini.

Telur: Yang menambah rasa, tekstur dan protein yang enak.
Wortel, bawang bombay, daun bawang, dan kacang polong: Ini adalah campuran dasar sayuran yang selalu kita gunakan untuk nasi goreng, tetapi silakan tambahkan sayuran tumis lainnya yang Anda sukai (lihat ide di bawah).

Bawang putih: Cincang segar.

Kecap: Cari kecap rendah sodium atau garam. Jadi tambahkan lebih sedikit jika Anda menggunakan kecap tradisional.

Saus tiram: Ini adalah penguat rasa utama pada nasi goreng dan (jangan khawatir) tidak terasa seperti tiram.

Minyak wijen panggang: Sentuhan akhir dalam resep ini, yang merupakan suatu keharusan. Anda juga dapat menemukannya di toko grosir bagian Asia, atau memesannya di Amazon.

Mentega: Cara favorit untuk membuat nasi goreng yang lebih harum.

Baca juga 👉 Cara Membuat Donut Sendiri dengan Hasil Empuk Seperti di Toko Roti Favoritmu

Cara membuat resep nasi goreng

Orak-arik telur: Dengan menggunakan sedikit mentega, aduk telur dalam wajan besar, pecahkan menjadi potongan-potongan kecil saat Anda pergi. Kemudian pindahkan telur ke piring terpisah, dan sisihkan.

Tumis sayuran dan bawang putih: Kembalikan panci tumis ke atas api, dan tumis bawang bombay, wortel, kacang polong, dan bawang putih sampai lembut dan matang.

Tumis nasi sayur: Kemudian nyalakan kompor dengan api besar. Pindahkan sayuran ke satu sisi wajan, lelehkan sisa mentega di bagian lainnya, dan tambahkan nasi dingin, kecap, dan saus tiram (jika menggunakan).

Kemudian aduk untuk menggabungkan dengan sayuran dan lanjutkan menumis nasi, aduk setiap 15-20 detik atau lebih selama 3 menit, atau sampai Anda melihat nasi dan sayuran mulai sedikit berubah kecokelatan.
Angkat panci dari api. Dan masukkan daun bawang, minyak wijen, dan telur orak-arik.

Cicipi dan beri bumbu tambahan: Beri rasa pada nasi, dan bumbui dengan garam dan merica, ditambah kecap atau minyak wijen jika perlu.
Menyajikan! Kemudian sajikan dan sajikan dengan hangat dan hangat!

Resep Nasi Goreng Kimchi

BAHAN BAKU GORENG KIMCHI (KIMCHI BOKKEUMBAP, 4 Porsi)

Bahan nasi goreng kimchi | MyKoreanKitchen.com

1 cangkir kimchi, potong kecil-kecil
150g / 5,3 ons bacon (atau ayam), potong kecil-kecil
(opsional) 1 bungkus jamur enoki (200g, 7 ons), buang akarnya, bilas jamur dengan air dingin dan tiriskan.
3 cangkir nasi putih pendek / butiran sedang kukus – jika baru dimasak, biarkan selama 5 hingga 10 menit pada suhu kamar agar dingin sebelum dimasak.
4 x telur besar, dimasak dengan mata sapi cerah atau sesuai keinginan Anda
1/2 sdt bawang putih cincang
1/4 cangkir jus kimchi – cairan ini berasal dari dasar wadah kimchi
1/2 sdm minyak wijen
1/2 sdm minyak goreng
1 sampai 2 sdm biji wijen panggang, untuk hiasan
(opsional) 1/2 batang daun bawang, iris tipis
(opsional) panggang rumput laut berbumbu, parut

CATATAN
Idealnya kimchi berumur minimal 2 minggu. Jika tidak, tambahkan 1/2 sdt cuka beras ke dalam jus kimchi untuk membuatnya asam.
Mendapatkan 1/4 cangkir jus kimchi bisa jadi sulit jika kimchi Anda masih baru. Untuk itu, gunakan 2 1/2 sdm jus kimchi dan 1 sdm gochujang sebagai gantinya. Jika ingin tidak pedas, Anda bisa menambahkan 1 sdm kecap sebagai pengganti gochujang.
1 sdm = 15 ml, 1 gelas = 250 ml

Cara membuat nasi goreng kimchi

1. Di atas api sedang, panaskan wajan / wajan dan setelah dipanaskan, tambahkan minyak goreng dan olesi dengan spatula.
2. Tambahkan bawang putih, aduk cepat selama kurang lebih 10 detik. Kemudian tambahkan bacon dan aduk rata sampai setengahnya matang.

Tumis bawang putih dan daging asap untuk nasi goreng kimchi | MyKoreanKitchen.com
3. Tambahkan kimchi dan aduk sampai 80% matang.

4. (Opsional) Tambahkan jamur dan aduk rata selama beberapa detik. Kecilkan api menjadi sedang-sedang.

5. Tambahkan nasi dan jus kimchi. Campur semuanya dengan baik dan menyeluruh.

6. Tambahkan minyak wijen dan aduk rata. Angkat dari api.

7. Sajikan nasi goreng kimchi di atas piring. Hiasi dengan biji wijen, daun bawang dan irisan rumput laut. (Hiasan semuanya opsional). Letakkan telur yang sudah matang di atasnya. Nikmati!

Variasi Resep Nasi Goreng

Langit adalah batasnya dalam hal variasi nasi goreng buatan sendiri, jadi silakan berkreasi dan gunakan sisa bahan lain yang mungkin Anda miliki. Karena itu, berikut adalah beberapa add-in klasik:

Nasi Goreng Ayam: Anda bisa menumis ayam dalam wajan terpisah sambil membuat nasi goreng Anda. Kemudian suwir atau potong dadu dan tambahkan ke nasi goreng Anda. Atau untuk jalan pintas, saya suka memarut ayam rotisserie. Atau bahkan lebih baik, parut sisa dari resep dada ayam panggang favorit saya.

Nasi Goreng Babi: Tumis potongan daging babi tanpa tulang dalam wajan terpisah sambil membuat nasi goreng Anda. Kemudian potong dadu dan tambahkan ke nasi Anda.

Nasi Goreng Daging Sapi: Tumis steak atau daging giling coklat dalam wajan terpisah sambil membuat nasi goreng Anda. Kemudian hancurkan atau potong dadu dan tambahkan ke nasi Anda.
Nasi Goreng Udang: Tumis setengah pon udang mentah kupas dalam wajan terpisah sambil membuat nasi goreng Anda. Kemudian tambahkan udang ke nasi Anda. Tabur brambang goreng, agar lebih sedap!

Nasi Goreng Sayur: Semua sayuran yang digoreng akan cocok untuk nasi goreng! Tumis saat Anda memasak bawang bombay, wortel, kacang polong, dan bawang putih. Lalu aduk agar tercampur dengan nasi goreng.
Nasi Goreng Kimchi: Kimchi segar menambahkan dorongan rasa utama pada nasi goreng. Potong saja dan aduk untuk membuat nasi goreng kimchi.

Nasi Goreng Nanas: Nanas segar bisa menjadi tradisional dalam nasi goreng Cina atau Thailand. Potong saja dan aduk agar tercampur.
Selain itu, sebagai pengganti nasi putih tradisional dalam resep ini, silakan membuat:

Nasi Goreng Merah : Untuk sentuhan yang lebih sehat, jangan ragu untuk menggunakan nasi merah yang sudah dimasak dalam resep ini sebagai pengganti nasi putih.
Nasi Goreng Quinoa: Ini resep favorit saya.

Resep Nasi Goreng Terlezat

Pelajari cara membuat nasi goreng dengan resep klasik ini. Hanya perlu 15 menit untuk membuatnya, mudah untuk menyesuaikan dengan add-in favorit Anda, dan sangat beraroma dan lezat!

waktu persiapan: 5 MENIT waktu pemasakan: 10 MENIT total waktu: 15 MENIT untuk: 4-6 orang.

BAHAN
3 sendok makan mentega
2 butir telur, kocok
2 wortel ukuran sedang, kupas dan potong dadu
1 bawang bombay putih kecil, potong dadu
1/2 cangkir kacang polong beku
3 siung bawang putih, cincang
garam dan lada hitam
4 cangkir nasi yang dimasak dan didinginkan (saya lebih suka nasi putih berbutir pendek)
3 batang daun bawang, iris tipis
3–4 sendok makan kecap, atau lebih sesuai selera
2 sendok teh saus tiram (opsional)
1/2 sendok teh minyak wijen sangrai

INSTRUKSI

Panaskan 1/2 sendok makan mentega dalam wajan besar * dengan api sedang-besar hingga meleleh. Tambahkan telur, masak hingga orak-arik sambil sesekali diaduk. Angkat telur, dan pindahkan ke piring terpisah.

Tambahkan 1 sendok makan mentega lagi ke dalam wajan dan panaskan sampai meleleh. Tambahkan wortel, bawang bombay, kacang polong dan bawang putih, dan bumbui dengan sedikit garam dan merica.

Tumis sekitar 5 menit atau sampai bawang bombay dan wortel lunak. Naikkan panas menjadi tinggi, tambahkan sisa 1 1/2 sendok makan mentega, dan aduk sampai meleleh. Segera tambahkan nasi, daun bawang, kecap dan saus tiram (jika menggunakan), aduk hingga tercampur.

Lanjutkan menumis selama 3 menit lagi untuk menggoreng nasi, aduk sesekali. (Saya suka mendiamkan nasi sebentar di antara pengadukan sehingga bisa renyah di bagian bawah.) Kemudian tambahkan telur dan aduk agar tercampur. Angkat dari api, dan aduk minyak wijen hingga tercampur. Cicipi dan bumbui dengan kecap tambahan, jika perlu.
Sajikan segera, atau dinginkan dalam wadah tertutup hingga 3 hari.

Sumber foto: Pixabay, Pixy

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-28T03:19:12+07:00 Januari 26th, 2021|Makanan & Minuman|0 Comments

Leave A Comment