Rose Island (Micronation) | Sejarah Negara Mikro | Lepas Pantai Provinsi Rimini, Italia

Rose Island

Pulau Rose Atau Rose Island adalah sebuah negara mikro berumur pendek di atas platform buatan manusia di Laut Adriatik, 11 kilometer (6,8 mil) di lepas pantai provinsi Rimini, Italia.

Sejarah singkat

Saat tahun 1968 membalikkan dunia, di lepas Rimini, di tengah laut, muncul pulau mawar. Rose Island (Micronation) adalah sebuah mikronasi pada platform buatan di Laut Adriatik dan sebelas kilometer di depan Rimini di Italia.

Mimpi emansipasi, utopia dengan saus Romagna? Isle of Roses tentu saja merupakan pengalaman politik, sosial dan budaya yang menarik. Pada musim panas 1968, Giorgio Rosa, seorang insinyur eksentrik dari Bologna, meresmikan struktur timah dan semen yang terletak di perairan internasional, sekitar 11 kilometer dari pantai Romagna. Platform itu akan, dalam niatnya, sebuah negara mikro dengan presidennya, kementeriannya, bahasa otonomnya (Esperanto) dan lagu kebangsaannya (Kapal Hantu oleh Richard Wagner). Dimensinya relatif terbatas: sekitar 400 meter persegi. Dalam praktiknya, area hotel, bank, bar, dan dermaga untuk kapal. Namun Insulo de la Rozoj, seperti yang disebut dalam bahasa Esperanto, berhasil berdiri di depan dunia sepanjang musim panas.

Nama

Entitas yang akan menetap di platform buatan diberi nama Esperanto Libera Teritorio de la Insulo de la Rozoj (Emitian: Libero Territorio dell’Isola delle Rose), yang kemudian menjadi Esperanta Respubliko de la Insulo de la Rozoj (Republik Esperanto Pulau Mawar). Jurnal resminya berjudul Osservatore Domenicano, diterbitkan bekerja sama dengan para imam Dominika di Bologna, yang memiliki hubungan dekat dengan Rosa.
Diyakini bahwa istilah Esperanto Rozoj (Italia: mawar) dipinjam dari nama panggilan Giorgio Rosa, perancang dan pembangun platform buatan, juga pencipta dan inspirator entitas negara, serta keinginannya untuk “melihat mawar mekar di laut”.

Sejarah Asli Rose Island

Pada tahun 1967, insinyur Italia Giorgio Rosa membangun platform 400 meter persegi, didukung oleh sembilan tiang, di mana ia membuat, antara lain, restoran, bar, klub malam, toko suvenir, dan kantor pos.
Pada 24 Juni 1968 Rosa mendeklarasikan kemerdekaan pulau dengan nama Esperanto “Insulo de la Rozoj” dan menyatakan dirinya sebagai presiden. Segera setelah itu, Republik Pulau Rose mengeluarkan sejumlah perangko dan memiliki mata uang sendiri dengan nama Mill.

Pihak berwenang Italia menuduh Giorgio Rosa menarik wisatawan dan menghindari pajak dengan Pulau Rose. Satu unit “Copieri” akhirnya mendarat di peron dan mengambil alih kendali. “Dewan Pemerintah” dikatakan sebelumnya telah mengirim telegram, mungkin ke pemerintah Italia, untuk memprotes “pelanggaran kedaulatannya dan hambatan pariwisata oleh pendudukan militer”.

Pada 13 Februari 1969 angkatan laut Italia menghancurkan platform tersebut dengan bahan peledak. Diduga, ada orang mati selama penghancuran; mungkin anjing Rosa berada di platform selama ledakan. Giorgio Rosa meninggal pada 2017.

Pembuatan dan penghancuran pangkalan / platform

Pada tahun 1958, insinyur dari Bolognese (Italia) bernama Giorgio Rosa memutuskan untuk membangun kerangka pipa baja yang dilas dengan baik ke tanah, untuk diangkut mengambang ke titik yang dipilih (di luar perairan teritorial Italia) dan dipasang. Oleh karena itu, eksperimental untuk injeksi semen didirikan, dengan presiden Gabriella Chierici, istri insinyur dan direktur teknis. Inspeksi pertama dari titik yang dipilih, di lepas pantai Rimini, sekitar 11,5 km dari pantai, berlangsung antara 15 Juli dan 16 Juli 1958, menggunakan “sextant” (alat navigasi reflektif untuk mengukur jarak sudut antara dua titik baik secara vertikal maupun horizontal) dan menyelaraskan dirinya dengan mercusuar gedung pencakar langit Rimini.

Giorgio Rosa berhipotesis untuk peletakan pulaunya untuk menaikkan dasar laut dangkal dengan sistem pengerukan pasir yang ditahan oleh alga. Inspeksi berlangsung menggunakan perahu, dibuat dari baja dan didorong oleh mesin Fiat 500, dan berlanjut sepanjang musim panas 1960, setiap dua minggu, berdasarkan gudang di dermaga Rimini.

Namun, pada musim panas 1962, karena masalah teknis dan keuangan, perusahaan berhenti; terlebih lagi, pada bulan Oktober tahun yang sama, pihak berwenang Italia memerintahkan penghapusan segala hambatan navigasi.

Pada tanggal 30 Mei 1964, Otoritas Pelabuhan Rimini, Ravenna dan Pesaro dihubungi, masing-masing, untuk memilih ruang di dermaga, untuk pasokan diesel dan untuk pembangunan struktur pulau di galangan kapal dan untuk publikasi pemberitahuan kepada pelaut untuk melaporkan keberadaan struktur. Yang akhirnya pada tanggal 13 Februari 1969 angkatan laut Italia menghancurkan platform tersebut dengan bahan peledak.

Sumber bacaan: Cleverly SmartEngineering, Visit Rimini, Aquae

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto utama: Republik Esperanto Isle of the Rose (negara mikro), dekat Italia, pada tahun 1968.

By | 2021-06-11T00:36:41+07:00 Juni 9th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment