Runtuhnya Peradaban Olmek | Mengapa peradaban Olmec kuno jatuh, berakhir dan menghilang?

Runtuhnya Peradaban Olmek

Peradaban Olmek berlangsung selama sekitar 1100 tahun. Sampai saat ini, para peneliti tidak tahu pasti bagaimana runtuhnya perbabadan Olmek.
Banyak pencapaian intelektual Olmec, seperti sistem penulisan dan kalender, akhirnya diadaptasi dan ditingkatkan oleh budaya lain ini. Sekitar 400 SM, kota besar Olmec, La Venta, mengalami kemunduran, dengan membawa serta era Olmec klasik.

Karena peradaban ini menurun dua ribu tahun sebelum orang Eropa pertama tiba di wilayah tersebut, tidak ada yang benar-benar yakin dengan faktor-faktor yang menyebabkan runtuhnya peradaban Olmec.

Olmec mungkin paling dikenal karena patung yang mereka ukir: kepala batu seberat 20 ton, digali dan diukir untuk memperingati penguasa mereka. Mengapa peradaban Olmec kuno menghilang?

Apa yang kita ketahui tentang perabadan Olmek kuno

Peradaban Olmek dinamai menurut kata Aztec untuk keturunan mereka, yang mendiami Olman, atau “tanah karet”. Dia terutama dikenal untuk studi arsitektur dan ukiran batu mereka. Meskipun Olmec memiliki semacam sistem penulisan, tidak ada buku Olmec yang bertahan hingga hari ini.

Para arkeolog telah menemukan dua kota besar Olmec: San Lorenzo dan La Venta, masing-masing di negara bagian Veracruz dan Tabasco di Meksiko saat ini. Olmec adalah tukang batu berbakat, yang membangun struktur dan saluran air. Mereka juga pematung berbakat, memahat kepala kolosal yang menakjubkan tanpa menggunakan alat logam.

Mereka memiliki agama mereka sendiri, dengan kelas pendeta dan setidaknya delapan dewa yang dapat diidentifikasi. Mereka adalah pedagang besar dan memiliki koneksi ke budaya kontemporer di seluruh Mesoamerika.

Akhir dan runtuhnya peradaban Olmek

Dua kota besar Olmek dikenal: San Lorenzo dan La Venta. Ini bukan nama asli yang dikenal Olmec: nama-nama ini telah hilang seiring waktu. San Lorenzo berkembang di sebuah pulau besar di sungai dari sekitar 1200 hingga 900 SM ketika mengalami penurunan dan digantikan oleh pengaruh La Venta.

Sekitar 400 SM La Venta mengalami kemunduran dan akhirnya benar-benar ditinggalkan. Dengan jatuhnya La Venta, berakhirlah budaya Olmec klasik. Meskipun keturunan Olmec masih tinggal di daerah itu, budaya itu sendiri telah mati. Jaringan perdagangan besar yang digunakan oleh Olmec runtuh. Giok, patung, dan tembikar dalam gaya Olmec dan dengan motif Olmec yang jelas tidak lagi dibuat.

Apa yang terjadi dengan Olmec kuno?

Para arkeolog masih mengumpulkan petunjuk-petunjuk yang akan mengungkap misteri penyebab kemunduran peradaban yang kuat ini. Itu mungkin kombinasi dari perubahan ekologi alami dan tindakan manusia. Olmec mengandalkan beberapa tanaman untuk mata pencaharian dasar mereka, termasuk jagung, labu dan ubi jalar. Meskipun mereka memiliki pola makan yang sehat dengan jumlah makanan yang terbatas ini, ketergantungan mereka pada makanan tersebut membuat mereka rentan terhadap perubahan iklim. Misalnya, letusan gunung berapi dapat melapisi suatu daerah dengan abu atau mengubah aliran sungai: bencana seperti itu akan menjadi bencana bagi orang-orang Olmec. Perubahan iklim yang kurang dramatis, seperti kekeringan, dapat secara serius mempengaruhi tanaman favorit mereka.

Tindakan manusia mungkin juga memainkan peran: perang antara Olmec dari La Venta dan salah satu dari banyak kelompok lokal dapat berkontribusi pada kejatuhan masyarakat. Konflik internal juga bisa terjadi. Tindakan manusia lainnya, seperti eksploitasi pertanian yang berlebihan atau perusakan hutan untuk pertanian, juga dapat berperan.

Budaya Olmek

Ketika budaya Olmek menurun, itu tidak sepenuhnya hilang. Sebaliknya, itu telah berkembang menjadi apa yang disebut sejarawan sebagai budaya Olmec. Budaya Olmec adalah semacam hubungan antara budaya Olmec klasik dan budaya Veracruz, yang akan mulai berkembang di utara tanah Olmec sekitar 500 tahun kemudian.

Kota Olmec yang paling penting adalah Tres Zapotes, Veracruz. Meskipun Tres Zapotes tidak pernah mencapai kebesaran San Lorenzo atau La Venta, tetap saja itu adalah kota terpenting pada masanya. Orang-orang Tres Zaptoes tidak membuat seni monumental pada skala kepala raksasa atau takhta Olmek yang besar, tetapi mereka adalah pematung hebat yang meninggalkan banyak karya seni penting. Mereka juga membuat langkah besar dalam menulis, astronomi dan kalendernya.


Olmek | Meksiko, 3000 tahun sejarah (Peradaban Mesoamerika Sebelum Aztec dan Maya)


Sumber bacaan: Cleverly Smart, Historic Mysteries, History in Charts, World History Foundation

Penjelasan foto: Runtuhnya Peradaban Olmek – Foto salah satu mosaik dari situs La Venta Olmec.
Kredit foto: Ruben Charles, (http://www.rubencharles.com) CC 2.5
Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-10-14T18:53:18+07:00 September 25th, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment