Sindrom Gerstmann (sindrom gyrus sudut) | Gejala, Penyebab, Diagnostik, Pengobatan

1 min read

Sindrom Gerstmann (sindrom gyrus sudut) | Gejala, Penyebab, Diagnostik, Pengobatan

Sindrom Gerstmann juga dikenal sebagai sindrom gyrus sudut

Sindrom Gerstmann juga dikenal sebagai sindrom angular gyrus adalah sindrom neurologis, yang berhubungan dengan agnosia, ketidakjelasan atau kebingungan kanan-kiri, akalkulia, disgrafia dan kadang-kadang apraksia konstruktif.

Sindrom Gerstmann adalah gejala kompleks yang pertama kali dijelaskan oleh Josef Gerstmann pada tahun 1924. Ini terdiri dari:

  • Disgrafia (kesulitan menulis yang bukan karena kelainan motorik atau cacat intelektual)
  • Diskalkulia (kesulitan berhitung dengan kecerdasan normal)
  • Agnosia jari tangan dan kaki (kesulitan menamai dan mengidentifikasi jari tangan dan kaki Anda sendiri)
  • Kebingungan kiri-kanan

Ini adalah gangguan neurologis yang sangat langka yang ditandai dengan asosiasi spesifik dari acalculia, agnosia digital, disorientasi kanan-kiri, dan agrafia, yang diyakini sekunder untuk gangguan fokal di bawah materi putih kortikal pada tingkat lobus parietal.

Gejala utama

Sindrom Gertsmann ditandai dengan empat gejala utama:

Disgrafia / agrafia: hilangnya kemampuan menulis
Diskalkulia / acalculia: gangguan yang ditandai dengan hilangnya kemampuan untuk mengenali atau membentuk angka dan simbol aritmatika
Agnosia jari: Hilangnya pengenalan jari seseorang
Ketidakjelasan kiri-kanan

Sangat jarang bagi seseorang dengan ketidakmampuan belajar untuk memiliki keempat disfungsi neurologis ini. Hanya ketika keempat gejala muncul bersamaan tanpa keterbelakangan mental, sindrom klasik muncul.

Penyebab Sindrom Gerstmann

Gangguan ini sering dikaitkan dengan kerusakan otak di hemisfer (biasanya kiri) girus sudut dan girus supramarginal (zona Brodmann 39 dan 40) di dekat lobus temporal dan lobus parietal. Ada perdebatan penting di bidang ilmu sastra, mempertanyakan realitas sindrom yang tidak kuat dan memotivasi secara teoritis. Oleh karena itu, diagnosisnya telah dipertanyakan oleh ahli saraf dan ahli saraf. Gyrus sudut umumnya digunakan untuk menerjemahkan urutan visual huruf dan kata menjadi informasi yang bermakna.

Untuk orang dewasa

Untuk orang dewasa, sindrom ini dapat muncul setelah stroke atau terkait dengan cedera pada lobus parietal bawah di sisi dominan (kiri). Afasia kadang-kadang dikaitkan dengan itu karena lokasi lesi. Sindrom ini juga dapat diamati pada penyakit Alzheimer, tetapi kemudian jarang diisolasi.

Untuk anak-anak

Ada beberapa kasus sindrom ini. Sebagian besar diidentifikasi ketika anak-anak mencapai sekolah dasar dan belajar menulis dan mengerjakan latihan matematika. Biasanya, anak-anak dengan sindrom ini menunjukkan kesulitan menulis, mengeja, dan menghitung. Selain itu, anak-anak dengan sindrom ini juga mungkin mengalami kesulitan membedakan kanan dan kiri. Selain empat gejala utama, banyak anak juga menderita apraksia konstitutif. Anak-anak dengan tingkat intelektual yang tinggi, serta mereka yang mengalami kerusakan otak dapat terkena sindrom ini.

Diagnostik

Diagnosisnya adalah klinis. Pasien diminta menunjukkan jari tengah kanan, jari kelingking kiri, lutut kanan, dll. Kemudian kami melakukan tes tulis dan hitung. Pencitraan dapat menyoroti lesi yang dimaksud tetapi tidak membuat diagnosis.

Pengobatan Sindrom Gerstmann

Pengobatannya bersifat simptomatis dan rehabilitatif. Terapi wicara dapat menurunkan efek disgrafia dan apraksia. Selain itu, kalkulator dan perangkat lunak pengolah kata dapat membantu anak-anak mengelola gejala sindrom tersebut.


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!


Sumber: Cleverly Smart, National Organization for Rare Disorders,

Sumber foto: Anatomography / Wikimedia Commons

Penjelasan foto: Gyrus sudut (ditampilkan dengan warna merah).


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.