PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tindakan ramah lingkungan untuk teknologi digital yang bertanggung jawab

4 min read

Tindakan ramah lingkungan untuk teknologi digital yang bertanggung jawab

Tindakan ramah lingkungan untuk teknologi digital yang bertanggung jawab

Pada saat yang sama alat kerja, sumber hiburan, tetapi juga sarana penyimpanan data, penggunaan teknologi digital berlipat ganda: saat ini pangsa teknologi digital dalam emisi gas rumah kaca terus meningkat, seperti halnya konsumsi energi yang terkait dengan ini. penggunaan, naik 9% setiap tahun. Artikel ini membahas tentang tindakan ramah lingkungan untuk teknologi digital yang bertanggung jawab.

Untuk membalikkan situasi, penting untuk mempelajari cara memoderasi penggunaannya dan mengadopsi praktik yang baik untuk bergerak menuju ke era digital yang lebih baik dan lebih hijau. Beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi dampak karbon digital Anda.

Tindakan ramah lingkungan untuk digital yang bertanggung jawab

Batasi konsumsi energi

• Pilih koneksi kabel atau Wi-Fi di rumah daripada 5G atau 4G.
• Cabut peralatan Anda saat Anda pergi (konsol, pengisi daya, dll.) dan matikan layar Anda daripada menempatkannya dalam keadaan siaga, saat Anda tidak menggunakannya (TV, komputer, tablet, dll.).

Untuk otonomi yang lebih baik, kita dapat mengaktifkan mode “hemat energi” di komputer dan smartphone kita (kecerahan berkurang, siaga otomatis, screen saver hitam, dll.).

Jangan lupa juga untuk menonaktifkan fungsi GPS, Wifi, Bluetooth di ponsel atau tablet kita saat tidak digunakan, atau mengaktifkan mode “pesawat” atau lebih baik mematikannya. Dan dengan menutup atau menghapus aplikasi yang tidak digunakan, smartphone kita juga akan mendapatkan otonomi.

Kami terbiasa meninggalkan perangkat kami secara permanen atau dalam keadaan siaga (komputer, kotak, TV). Jadi mari kita matikan tetapi yang terpenting cabut! Karena meski punah, mereka tetap mengkonsumsi. Strip daya yang dapat diprogram dapat bekerja sangat baik untuk TV / kotak Anda dengan mematikannya di malam hari, misalnya.

Memperpanjang umur peralatan IT Anda: sebuah prioritas

Dari produksi hingga akhir masa pakainya, ponsel cerdas, tablet, dan komputer memiliki dampak yang cukup besar terhadap lingkungan: dengan ekstraksi logam dan tanah jarang, peningkatan konsumsi energi, dan limbah elektronik yang tidak selalu didaur ulang… Peralatan ini mewakili 47% emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh teknologi digital. Oleh karena itu, konsumsi berlebihan produk digital tidak berkelanjutan, tetapi 88% orang Prancis mengganti telepon mereka meskipun masih berfungsi, dan beberapa produsen terus menggunakan proses usang yang direncanakan untuk mendorong pembelian ( sumber: ADEME). Undang-undang transisi energi tahun 2015 juga mengutuk praktik keusangan yang direncanakan ini.

Memperbaiki dan mendaur ulang peralatan komputer

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan: membuat peralatan kita awet dengan merawat dan memperbaikinya. Hindari membeli yang baru bila memungkinkan.
Alternatif untuk yang baru ada, lebih ekologis dan lebih ekonomis!

Meringankan kotak surat email

Mengirim email jauh lebih intensif energi daripada menyimpannya. Jadi mari kita hanya mengirim email ketika itu penting, mari kita targetkan penerima dengan menghindari “balas ke semua” secara sistematis, dan hapus lampiran pesan yang kita balas.

Sebagai aturan umum, idealnya adalah menghindari lampiran lampiran dan mendukung tautan hypertext untuk mengirimkan dokumen. Jika kita tidak punya pilihan, kita harus meringankannya dengan mengompresi file dan mengubah ukuran gambar.

Hindari secara sistematis mengintegrasikan tanda tangan elektronik dengan logo dan gambar, ini membebani email dengan setiap pengiriman.

Mari gunakan layanan pesan instan perusahaan kami (jika ada) untuk mengobrol dengan rekan kerja daripada mengirim email kepada mereka.

Cetak (print) hanya yang bermanfaat

Konsumsi kertas tidak berkurang dengan meningkatnya penggunaan digital. Cetak hanya apa yang berguna dengan menghormati beberapa gerakan ramah lingkungan ini:

  • Cetak hitam putih
  • Cetak dua sisi (bolak-balik)
  • Hindari mencetak warna solid
  • Gunakan kembali materi cetak satu sisi sebagai kertas buram

Optimalkan penjelajahan web dan batasi permintaan web

1 pencarian internet setara dengan 10g CO2 = 9,9 kg CO2 per tahun dan rata-rata per pengguna (sumber ADEME). Mengetahui bahwa sekitar 140 juta permintaan dibuat per jam!

Untuk membatasi konsumsi ini, mari kita langsung memasukkan URL situs (jika kita mengetahuinya) di bilah navigasi daripada melalui pencarian dan menyimpan situs favorit kita untuk akses lebih cepat (buat favorit).

Dan mengapa tidak mengunduh “Carbonalyser”? Ini adalah ekstensi browser yang membuat kami sadar akan dampak penjelajahan web kami terhadap lingkungan dengan membuat konsumsi listrik kami terlihat.

Batasi aliran data (data streaming)

Film 10 jam dalam HD berisi lebih banyak data daripada semua artikel Wikipedia dalam bahasa Inggris (sumber The Shift Project).
Streaming membutuhkan koneksi yang baik untuk mendukung kualitas video yang dilihat. Pada saat yang sama, platform penyiaran menawarkan kemungkinan mengunduh konten ini di aplikasi mereka agar dapat melihatnya secara offline. Jadi mari kita berpikir tentang mengunduh sebelum daripada streaming selama perjalanan!

Kami juga dapat menonton video dalam definisi rendah daripada HD atau bahkan mendengarkan musik dalam audio tanpa menonton klipnya. Selama rapat video Anda, Anda memiliki alasan yang bagus untuk memotong video ;-).

Kami juga telah terbiasa menggunakan cloud, yang sangat boros energi, sedangkan kami hanya perlu menyimpan secara lokal di perangkat kami.

Dan untuk pertemuan kami atau janji temu keluarga jarak jauh lainnya, kami lebih memilih pertukaran audio daripada video. Aliran data audio menghabiskan lebih sedikit bandwidth daripada video! Tapi idealnya tetap menggunakan line telepon daripada data itu sendiri (Facebook / Whatsapp / Signal call…).

Promosikan desain web ramah lingkungan

Untuk menyederhanakan, sebuah situs web terdiri dari database dan beberapa halaman web itu sendiri terdiri dari elemen yang terlihat oleh pengguna (teks, gambar, video) dan tidak terlihat (kode sumber – HTML, CSS, Javascript). Halaman web ini di-host di server web. Dan semakin banyak informasi yang disimpan dan diproses, semakin banyak energi yang dibutuhkan server.

Untuk mengatasi polusi ini, adalah mungkin untuk memperhitungkan dampak lingkungan saat merancang situs web sambil mengintegrasikan masalah visibilitas, konversi, dan pendapatan.
Beberapa praktik terbaik telah diketahui dan digunakan oleh pengembang dalam pendekatan desain ramah lingkungan web mereka. Di antara 115 praktik yang baik, berikut adalah beberapa contoh untuk situs yang lebih ramah lingkungan:

  • Penghapusan fitur yang tidak perlu
  • Desain sederhana dan bersih cocok untuk web
  • Mengurangi jumlah video dan animasi (atau kualitas yang dioptimalkan)
  • Membatasi jumlah permintaan HTTP
  • Batasan pelacak pemasaran di setiap halaman situsnya
  • Penyimpanan lokal data statis
  • Menggunakan input yang dibantu daripada pelengkapan otomatis
  • Tapi teknik bukanlah segalanya! Di dunia yang memberikan kebanggaan tempat untuk animasi dan video, mentalitas kita harus berubah untuk meringankan situs web dan membuat internet lebih hemat energi.

Pilih hosting (tempat untuk menyimpan semua file dan data website) yang bertanggung jawab terhadap lingkungan

Pusat data 10.000 m² mengkonsumsi rata-rata sebanyak kota berpenduduk 50.000
Pada tahun 2018, 50% energi yang dibutuhkan oleh layanan AWS -Amazon Web Services- didasarkan pada sumber fosil (Sumber Greenpeace)
Seperti yang kita lihat di poin sebelumnya, situs web dihosting di server (sering dikelompokkan bersama dalam pusat data) yang menghabiskan banyak karena mereka memiliki kebutuhan listrik yang signifikan tetapi juga di ruang ber-AC.
Pusat data ini merupakan ancaman bagi lingkungan; jumlah data yang akan disimpan dan diproses telah meledak, jumlah pusat data meningkat dan sekarang ada lebih dari 8 juta di dunia (dibandingkan dengan 500.000 pada tahun 2012).

Selain ruang yang dibutuhkan pusat pemrosesan data ini, pengelompokan semua perangkat ini memerlukan sistem pendingin yang mengesankan agar berfungsi dengan baik. Diperkirakan hampir 40% energi yang digunakan oleh pusat data adalah karena pendinginan.

Di antara praktik desain ramah lingkungan digital yang baik, kita dapat memilih host web yang bertanggung jawab terhadap lingkungan untuk situs webnya.
Memilih host hijau berarti memeriksa apakah host tersebut menggunakan energi terbarukan atau berkomitmen pada pendekatan penghematan energi global (misalnya dengan menggunakan sistem pendingin pasif).


Tindakan Ekologis Untuk Melindungi Lingkungan Kita


Sumber bacaan: CleverlySmart, The Shift Project, Institut Montaigne, Grenoble Ecole de Management, TeamMood, Strategy+business (s+b)Life Goals Collective LLC, Forbes

Sumber foto: sahiltrikha786 via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pembalas Email Otomatis Saat Libur, Absen atau Cuti dan…

Sebentar lagi liburan dan tahun ini, Anda ingin membuat pesan pembalas email otomatis saat libur atau cuti. Selain email klasik, aturan yang kami ingatkan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *