PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tindakan Ekologis Untuk Melindungi Lingkungan Kita

10 min read

Tindakan ekologis

Tindakan Ekologis Harian

Kita sering lupa bahwa tindakan ekologis sehari-hari yang paling sederhana terkadang paling efektif untuk pembangunan berkelanjutan.
Memang kesadaran individu akan persyaratan yang tak terhindarkan inilah yang akan memungkinkan kita untuk mendamaikan efisiensi ekonomi, kesetaraan sosial dan kualitas lingkungan.
Kami bertanya-tanya mengapa gerakan harian yang tepat belum semuanya diterapkan …

Apa yang dimaksud dengan “gerakan ekologis”?

Istilah “ekologi” diciptakan pada tahun 1866 oleh Ernst Haeckel.
Ahli biologi Jerman ini menyoroti studi tentang hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
Hari ini, istilah ini telah sedikit menyimpang dari makna aslinya dan sekarang menunjuk pada tindakan manusia terhadap lingkungannya.

Ketika kita berbicara tentang ekologi, itu terutama dalam cara yang positif. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan dampak manusia terhadap lingkungannya.
Beberapa tindakan untuk lingkungan yang mungkin: pengelolaan limbah – energi dengan mendukung energi terbarukan daripada bahan bakar fosil – perumahan ekologis – makanan dan kesehatan – pembangunan berkelanjutan – tempat mobil di masyarakat kita.

Namun, setiap orang juga dapat mengurangi jejak ekologis mereka melalui tindakan ekologis harian yang baik yang tidak memerlukan banyak usaha kecuali sedikit perubahan dalam kebiasaan kita.

Ambil langkah yang tepat untuk melindungi planet kita!

Kita tahu bahwa sangat penting untuk bertindak untuk melindungi planet ini. Masing-masing dari kita peduli dan dapat membuat sesuatu terjadi. Namun, kita semua membuat kesalahan kecil setiap hari yang, secara kumulatif, dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan kita.

Memilah sampah, berkebun ramah lingkungan, belanja cerdas, perjalanan berkelanjutan, … Temukan 50 gerakan ekologis yang sangat sederhana yang tidak memerlukan usaha finansial. Kebiasaan baik untuk diterapkan segera!

50 Tindakan ekologis untuk melindungi lingkungan kita

Banyak hal yang mudah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita untuk melakukan tindakan ekologis yang bermanfaat untuk melindungi Bumi, berikut contoh-contohnya:

1) Pilah sampah Anda

Mempraktikkan “penyortiran selektif” tidak rumit. Ikuti saja petunjuk pada kemasan dan gunakan tempat sampah berwarna untuk menghindari kesalahan saat memisahkan sampah rumah tangga Anda.

Untuk membantu Anda, ingat 3 aturan berharga ini:

  • Aturan n°1: semua kemasan yang terbuat dari kertas, karton, baja, aluminium, bata makanan dimasukkan ke dalam tempat penyortiran.
  • Aturan n°2: kemasan plastik, hanya botol dan termos, juga dimasukkan ke dalam tempat penyortiran.
  • Aturan #3: Botol, stoples, dan stoples dimasukkan ke dalam wadah kaca. Barang pecah belah, porselen, dan gerabah tidak dapat didaur ulang.

2) Tempelkan “stop-iklan” di kotak surat Anda

Menempel label “stop-pub” menghindari akumulasi selebaran di kotak surat Anda yang akan segera berakhir di tempat sampah. Cara yang baik untuk mencegah dan mengurangi limbah.

3) Jangan membuang apapun ke tanah

Selama piknik atau berjalan-jalan, jangan membuang apapun ke tanah untuk melindungi lingkungan kita. Permen karet, misalnya, membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun untuk terurai di lingkungan! Dibutuhkan hampir 100 tahun untuk kaleng aluminium dan 450 tahun untuk kantong plastik. Pada perjalanan Anda berikutnya, Anda juga dapat mengambil kantong sampah dan membersihkan alam!

4) Panaskan rumah Anda tanpa berlebihan

Untuk menghemat energi (dan uang), tidak perlu memanaskan ruangan secara berlebihan. Di kamar tidur, suhu ideal adalah sekitar 17°C, misalnya. Ingatlah untuk menutup daun jendela atau gorden di malam hari untuk mencegah kehilangan panas.

5) Batasi penggunaan AC di musim panas

Pada mobil, AC memberikan kontribusi yang signifikan terhadap efek rumah kaca dengan mengkonsumsi banyak bahan bakar. Bila memungkinkan, parkir mobil Anda di tempat teduh atau gunakan pelindung matahari. Di rumah, ia mengkonsumsi energi seperti pemanasan. Di musim panas, Anda harus membuka jendela di pagi hari untuk membiarkan udara segar masuk dan kemudian menutup jendela agar interior tetap sejuk sepanjang hari.

6) Matikan peralatan listrik sepenuhnya

Gunakan tombol daya pada perangkat listrik Anda untuk mematikannya sepenuhnya atau mencabutnya jika tidak memungkinkan. Perangkat hanya dalam keadaan siaga mengkonsumsi listrik 10% lebih banyak!

Lebih sederhana, Anda dapat mencolokkan perangkat Anda ke soket ekstensi yang berfungsi dengan tombol on/off. Dalam satu gerakan, Anda mematikan semua perangkat Anda.

7) Cabut pengisi daya saat tidak digunakan

Charger smartphone atau laptop, misalnya, tetap menggunakan listrik saat dicolokkan, bahkan saat tidak digunakan.

8) Matikan lampu saat meninggalkan ruangan

Mematikan lampu secara sistematis saat meninggalkan ruangan adalah isyarat ekologis yang sangat sederhana. Untuk memotivasi diri sendiri, pikirkan bahwa 3 kamar dengan penerangan setiap malam mengkonsumsi rata-rata listrik sebanyak kulkas. Tidak perlu menerangi ruang kosong!

9) Mendukung bohlam LED

Bohlam LED mengkonsumsi listrik 80% lebih sedikit daripada bohlam konvensional dan memiliki masa pakai yang lebih lama. Oleh karena itu, ada baiknya mengganti lampu pijar lama Anda dari waktu ke waktu.

10) Cuci pakaian Anda pada suhu rendah (jika menggunakan mesin cuci)

Jika memungkinkan, cuci cucian Anda pada suhu 30°C atau setidaknya pada suhu rendah. Memang, 80% listrik yang digunakan untuk membuat mesin digunakan untuk memanaskan air. Cucian Anda akan dicuci dengan baik: deterjen Anda ada untuk itu!

11) Secara teratur mencairkan kulkas dan freezer Anda

Setiap tiga bulan, mencairkan peralatan Anda untuk mengurangi konsumsi listrik Anda. Perangkat yang tidak dirawat dengan baik dengan lapisan es 4 mm menghabiskan energi dua kali lebih banyak!

12) Mencairkan tanpa microwave

Dengan melakukannya terlebih dahulu, hidangan atau bahan beku dapat dicairkan dengan sangat baik dengan menempatkannya di lemari es untuk menghormati rantai dingin.

13) Pasang tutup setiap memasak

Untuk merebus air, menyiapkan atau memanaskan kembali hidangan, sebaiknya tutup panci Anda dengan penutup. Waktu memasak dengan demikian berkurang. Di dapur, pilih peralatan Anda dengan baik untuk menghormati kesehatan Anda dengan memilih kaca, bambu, baja tahan karat dan mengabaikan teflon, plastik atau silikon.

14) Minum air keran yang difilter (di beberapa negara)

Kecuali ditentukan lain oleh kotamadya Anda, sangat mungkin untuk minum air keran di beberapa negara. Ini dapat diminum dan secara alami kaya akan garam mineral.

Jika rasanya mengganggu, Anda bisa menggunakan saringan yang menempel pada keran atau kendi saringan air. Bahkan lebih ekologis, tongkat arang aktif memiliki umur 6 bulan: cukup masukkan ke dalam botol atau carboy selama beberapa jam. Plus, itu kompos!

15) Mandi daripada bathub

Untuk menghemat konsumsi air Anda, selalu mandi sebentar dengan shower. Mandi membutuhkan 150 hingga 200 liter air sedangkan mandi selama 4 hingga 5 menit hanya membutuhkan 30 hingga 80 liter air.

16) Kontrol aliran air saat mandi

Untuk membuatnya lebih baik lagi, Anda dapat mengontrol aliran air dengan kepala pancuran hemat air yang mengatur jumlah air sesuai dengan keinginan Anda.

Lebih sederhananya, ingatlah untuk mematikan air saat Anda menyabuni diri sendiri untuk mencegahnya mengalir secara tidak perlu. Anda juga dapat beralih ke sabun padat daripada gel mandi untuk membatasi kemasan dan mengapa tidak membuat sabun sendiri?

17) Kencing saat mandi

Untuk menghemat flush, disarankan untuk buang air kecil di kamar mandi. Ini mungkin tampak tidak enak pada awalnya, tetapi menghindari konsumsi air dalam jumlah besar yang tidak perlu setiap hari. Juga, urin Anda steril, jadi tidak perlu khawatir kencing di kamar mandi.

18) Jangan membuang apapun ke toilet

Toiletnya bukan tempat sampah. Jangan membuang apa pun, kecuali kertas toilet, untuk menghindari berkembang biaknya sampah dan melindungi planet ini.

19) Jangan biarkan keran terbuka / bocor

Keran yang mengalir secara tidak perlu pasti akan menghabiskan air yang tidak Anda butuhkan. Ingatlah untuk mematikan keran Anda sesegera mungkin (saat menyikat gigi atau mencuci piring, misalnya!).

20) Pulihkan air limbah

Untuk menghemat air dan melindungi planet kita, adalah mungkin untuk memulihkan air yang tidak terpakai (seperti air dingin yang mengalir sebelum menjadi panas) untuk pembilasan, misalnya.

Juga pikirkan tentang memulihkan air yang Anda gunakan untuk memasak. Air yang Anda gunakan untuk membersihkan selada juga dapat dikumpulkan untuk menyiram tanaman, misalnya. Ingatlah untuk meletakkan baskom di wastafel Anda untuk mengambilnya dengan mudah.

Baca juga: Radioaktif | Contoh, Pengertian, Penjelasan, Bahaya, Manfaat, Kontaminasi Pengelolaan Limbah, Jenis Limbah

21) Kumpulkan air hujan untuk menyirami tanaman Anda

Untuk melindungi lingkungan kita, Anda juga dapat memasang sistem pengumpulan hujan di taman atau di balkon Anda. Anda kemudian dapat menggunakannya untuk menyirami tanaman Anda.

22) Gunakan pupuk alami

Di sisi kebun, hindari pupuk kimia yang berpotensi berbahaya bagi planet ini. Lebih suka pupuk alami yang menghormati lingkungan seperti kotoran jelatang, abu kayu atau bahkan ganggang hijau kering.

23) Kompos

Untuk mengurangi limbah Anda secara alami dan memberi makan tanaman Anda tanpa produk berbahaya, pasang kompos di kebun Anda. Sederhana dan bermanfaat, kompos menghilangkan sebagian besar limbah rumah tangga (kupas buah dan sayuran, ampas kopi, kulit telur, bunga layu, dll.). Di apartemen, itu juga dimungkinkan berkat vermi-komposter di dapur atau di balkon. Beberapa tempat tinggal juga mendirikan komposter kolektif untuk digunakan oleh penduduk setempat.

24) Gunakan transportasi umum

Untuk melawan polusi dan melindungi planet ini, selalu pilih transportasi umum atau carpooling atau car-sharing daripada mobil. Hal ini untuk menghindari kemacetan di jalan dan polusi.

25) Jalan kaki atau bersepeda

Untuk perjalanan singkat Anda, pilih alat transportasi yang paling ramah lingkungan: kaki Anda! Kesempatan untuk berolahraga dengan berjalan kaki atau bersepeda. Sistem swalayan telah menjamur di kota-kota besar, memberi Anda alternatif tanpa terlalu banyak investasi.

Baca juga: Penyebab Kemacetan di Jalan

Coba memakai sepeda atau sepeda ber-listrik.

26) Periksa kondisi ban mobil / motor Anda

Ban yang dipompa dengan tidak benar lebih cepat aus dan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang berlebihan. Untuk melindungi planet ini, penting untuk memeriksa kondisi mereka secara teratur.

27) Berkendara dengan Lancar dengan Kecepatan Reguler

Kecepatan yang berlebihan dan/atau mengemudi yang buruk menyebabkan kelebihan bahan bakar dan karenanya menghasilkan lebih banyak polusi.

Untuk mengadopsi sikap bertanggung jawab di jalan, Anda dapat mengikuti kursus mengemudi ramah lingkungan yang bertujuan untuk menerapkan mengemudi yang ekonomis dan ekologis setiap hari.

28) Untuk perjalanan jauh, lebih baik naik kereta daripada pesawat

Kereta api sejauh ini merupakan moda transportasi yang paling tidak menimbulkan polusi. Untuk melindungi lingkungan kita, disarankan untuk lebih memilih moda transportasi lain untuk perjalanan jauh.

29) Daur Ulang Cairan

Jangan membuang limbah cair Anda ke wastafel Anda. Itu bukan tempat sampah! Produk rumah tangga, pelarut dan limbah minyak merupakan limbah beracun yang mencemari air. Bawa mereka ke tempat pembuangan sampah Anda.
Anda juga bisa membersihkan rumah dengan produk alami, seperti cuka putih, soda kue atau sabun yang terbuat dari minyak nabati (sayuran).

30) Mengembalikan obat kadaluarsa ke apoteker

Di sisi lemari obat Anda, Anda juga dapat melakukan sesuatu untuk lingkungan. Obat-obatan yang kadaluwarsa atau tidak terpakai harus dikembalikan ke apotek untuk pemulihan energi (beberapa Apoteker dapat mengambilnya). Karena beberapa obat berbahaya jika dibuang di tempat sampah.

31) Bawa tas belanja sendiri

Kantong plastik yang tidak dapat digunakan kembali sekarang dilarang di banyak negara. Untuk berbelanja, bawalah tas belanja atau tote bag untuk menghindari membeli kantong plastik biasa yang dibagikan di kasir.

32) Berburu pembungkus kemasan

Saat berbelanja, perhatikan juga kemasan pembelian Anda. Semakin sedikit, semakin baik! Beli produk dalam jumlah besar, dalam jumlah besar, bebas dari kemasan yang berlebihan atau dikemas menggunakan bahan yang dapat terurai secara hayati (kertas, karton) atau bahan yang dapat didaur ulang (kaca, logam, dll.).

33) Pilih produk lokal dan organik untuk mengurangi polusi foot print

Produk lokal mengurangi dampak ekologis dari pengangkutan barang. Selain itu, jika Anda lebih suka organik, mereka menjamin metode produksi yang lebih ramah lingkungan, tanpa pestisida, herbisida, insektisida, fungisida, atau pupuk kimia.

34) Makan lebih sedikit daging atau secukupnya

Perkembangbiakan sapi, domba dan hewan lainnya melepaskan metana ke udara, yang memiliki konsekuensi langsung pada efek rumah kaca. Selain itu, peternakan mengkonsumsi air dan energi dan melepaskan nitrogen ke sungai. Oleh karena itu, makan lebih sedikit daging merupakan sikap ekologis yang sangat baik untuk diterapkan setiap hari untuk melindungi planet ini.

35) Hindari produk sekali pakai

Tisu penghapus riasan, kapas, piring plastik, dll. Produk sekali pakai adalah sumber dari sejumlah besar limbah. Untuk melindungi lingkungan kita, disarankan untuk beralih ke versi berkelanjutan dari produk ini (tisu yang dapat digunakan kembali, pembersih telinga, porselen atau piring kaca, dll.).

36) Bawa mug pribadi Anda ke tempat kerja

Untuk menghindari konsumsi gelas plastik di tempat kerja, pertimbangkan untuk membawa gelas Anda sendiri yang dapat digunakan kembali. Rehat kopi dalam cangkir cantik, lebih menyenangkan bukan?

Ini juga berlaku untuk botol air yang menemani Anda ke kantor. Sebaliknya, lebih suka termos yang Anda isi dengan air keran sebelum pergi.

37) Berpartisipasi dalam tantangan keluarga “tanpa sampah”

Hal ini dapat diselenggarakan oleh komunitas, asosiasi atau individu, “tantangan zero waste family” semakin sering terjadi. Mereka memberikan pelatihan aksi ekologis untuk mengurangi sampah dalam suasana yang menyenangkan dan bersahabat.

38) Batasi sisa makanan

Setiap tahun, kita membuang puluhan juta ton produk makanan. Untuk mengurangi masalah ini, penting bahwa setiap orang setuju untuk menghormati gerakan kecil yang dimaksudkan untuk mengurangi pemborosan:

  • Simpan lemari es Anda dengan benar untuk mengawetkan makanan Anda dengan benar;
  • Belilah dalam jumlah sedikit agar tidak perlu dibuang.
  • Rencanakan makanan Anda sebelumnya dan buat daftar belanja untuk menghindari pembelian impulsif yang mungkin berakhir di tempat sampah.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli makanan.

Baca juga: Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi

39) Gunakan penyaring kopi yang bisa dicuci

Untuk meminum kopi Anda sambil melakukan sesuatu untuk planet ini, disarankan untuk menyiapkannya menggunakan filter yang dapat dicuci yang Anda masukkan ke dalam wadah filter seperti yang Anda lakukan dengan filter kertas. Trik ekologis dan ekonomis!

Jika tidak, Anda juga dapat memasukkan filter kertas Anda ke dalam kompos (asalkan Anda telah mengikuti gerakan ekologi n°23!).

40) Hindari Produk Bertenaga Baterai sekali pakai

Baterai sekali pakai adalah hama nyata bagi lingkungan. Pembuatannya sangat boros energi dan masih terlalu sering dibuang sembarangan di tempat sampah atau, lebih buruk lagi, di alam. Untuk mengganti baterai tradisional, gunakan baterai isi ulang atau perangkat yang dioperasikan dengan baterai.

41) Gunakan mesin pencari ramah lingkungan

Industri web menyumbang hampir 10% dari emisi gas rumah kaca di seluruh dunia. Untuk mengurangi dampak ekologis dari penggunaan Internet Anda dan melindungi lingkungan kita, gunakan mesin pencari ekologis seperti Ecosia, Ecogine atau Lilo.

42) Pindai (scan) daripada fotokopi atau cetak

Pencetakan dokumen yang tidak perlu berkontribusi pada deforestasi besar-besaran di hutan. Jika pencetakan tidak diperlukan, lebih baik hanya memindai dokumen Anda.

43) Gunakan lembaran cetak sebagai konsep

Jika perlu, bagian belakang lembaran yang dicetak dapat digunakan sebagai draft untuk mengoptimalkan penggunaannya dan melindungi planet ini. Kemudian ingatlah untuk membuang lembaran itu ke tempat penyortiran agar dapat didaur ulang.

44) Perbaiki Daripada Mengganti

Secara umum, disarankan untuk memberikan “kehidupan kedua” pada benda yang rusak daripada membuangnya untuk membeli yang lain. Pilihan yang lebih ekologis dan yang terpenting lebih murah.

Jika Anda tidak terlalu berguna, mungkin ada “Repair Café” di dekat Anda. Periksa dengan kotamadya Anda.

45) Sewa atau Pinjam

Tidak perlu membeli barang yang hanya akan digunakan sekali dan pada akhirnya akan mengumpulkan debu di garasi Anda. Pertimbangkan untuk menyewanya dari toko khusus atau dari individu pribadi. Lebih hemat lagi, Anda bahkan bisa meminjamnya dari tetangga atau teman. Buat orang-orang di sekitar Anda bekerja!

46) Beli barang bekas

Jika pembelian menurut Anda merupakan investasi yang lebih baik, Anda dapat beralih ke produk bekas daripada yang baru. Anda akan membayar lebih sedikit untuk barang tersebut dan Anda akan membantu memberi mereka “kehidupan kedua”.

47) Lari dari furnitur kayu eksotis

Furnitur yang terbuat dari kayu tropis (jati, ipé, jatoba, dll.) yang dijual secara komersial seringkali berasal dari deforestasi ilegal. Untuk melindungi lingkungan kita, lebih baik hindari furnitur semacam ini.

48) Daur Ulang (Recycle) Sebanyak Mungkin

Hampir semuanya dapat didaur ulang atau dialihkan. Sebelum Anda membuang sesuatu, cobalah untuk menemukan fungsi baru untuk itu. Anda dapat, misalnya, menggunakan kembali toples yoghurt kaca sebagai tempat lilin, mengecat ulang furnitur lama agar lebih modern, atau bahkan menggunakan barang kaleng Anda sebagai tempat pensil. Dengan sedikit imajinasi, Anda akan melakukan keajaiban.

49) Berhenti merokok

Industri tembakau berkontribusi dalam menebang dan membakar puluhan juta pohon. Belum lagi koktail produk beracun yang disebarkan sebatang rokok di udara dan jumlah puntung rokok yang ditemukan setiap tahun di alam.

Baca juga: TOP 10 Cara Menghemat Air Yang Dapat Anda Lakukan Sekarang – Hari Air Sedunia 22 Maret

50) Beri tahu orang-orang di sekitar Anda dan anak-anak Anda
Untuk memberi makna nyata pada 49 gerakan ekologis ini, tentu saja tetap penting untuk membagikannya kepada orang-orang di sekitar Anda, dan terutama anak-anak Anda. Masa depan planet kita adalah tentang kita semua, terutama generasi baru.

Bagikan daftar ini dengan cepat dengan orang yang kamu cintai: lingkungan akan berterima kasih!


Apa Yang Dimaksud Dengan Ekonomi Ekologis?


Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Biofriendly Planet, You Matter

Sumber foto: Pxhere (CC0 Public Domain)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah| Info Unik| Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.