Angiografi (arteriografi) | Penjelasan, penggunaan dan prosedur pemeriksaan

Angiografi

Arteriografi atau angiografi adalah pemeriksaan x-ray arteri. Pemeriksaan ini memungkinkan analisis yang optimal dari semua arteri di seluruh tubuh. Arteri adalah pembuluh yang membawa darah beroksigen ke organ-organ tubuh.

Teknik pemeriksaan ini secara akurat menunjukkan diameter bagian dalam pembuluh darah dan terutama adanya penyempitan atau ruptur arteri. Striktur ini biasanya disebabkan oleh adanya plak aterosklerotik. Organ atau organ yang bergantung pada arteri yang sakit dipengaruhi oleh kurangnya suplai oksigen dari darah. Misalnya, arteri koroner yang terkena akan menyebabkan angina pektoris atau cedera pada arteri femoralis akan menyebabkan rasa sakit di betis. Oleh karena itu, arteriografi akan memungkinkan untuk menunjukkan dan mengukur tingkat keparahan kerusakan arteri, yang dalam kasus tertentu dapat langsung diobati dengan angioplasti (pelebaran arteri dengan balon).

Venografi adalah pemeriksaan langsung vena yang mengembalikan darah dari organ ke jantung. Semua pembuluh darah di tubuh juga bisa diperiksa dengan angiografi. Vena juga bisa menyempit atau tertekan, atau bahkan tersumbat (trombosis). Adapun arteriografi, dalam beberapa kasus, intervensi (pelebaran atau rekanalisasi) dapat ditawarkan dan dicoba secara langsung.

Tujuan melakukan angiografi

Tujuannya adalah untuk mendeteksi gangguan vaskularisasi. Ini juga dapat diresepkan sebelum operasi untuk menentukan jalur pembuluh darah.

Untuk apa angiografi digunakan?

Angiografi mempelajari pembuluh darah yang tidak terlihat pada sinar-x standar. Kami berbicara tentang arteriografi untuk eksplorasi arteri dan phlebography untuk vena.
Pemeriksaan ini sangat berguna untuk diagnosis gangguan vaskularisasi atau sebelum intervensi bedah untuk menentukan lokasi pembuluh darah secara tepat.
Pada tingkat arteri, ia mencari kelainan seperti striktur (penyempitan) atau hambatan lain pada aliran darah. Kita dapat menjelajahi ginjal, paru, arteri serebral, retina, anggota badan…
Pelebaran pembuluh darah dapat dilakukan di bagian yang menyempit: ini disebut angioplasti.
Pada tingkat vena, ini adalah bagian dari penilaian flebitis (bekuan dalam vena) dan menentukan konsekuensinya.

Apakah itu angiogram?

Pemeriksaan ini menggunakan sinar-x dan media kontras berbasis yodium.
Prinsipnya terdiri dari membuat pembuluh arteri atau vena terlihat (atau buram). Sebuah kateter dimasukkan ke dalam pembuluh untuk menyuntikkan produk kontras yang bercampur dengan darah: sistem vaskular menjadi terlihat pada sinar-X berkat sifat radiopak yodium.

Ruang angiografi terdiri dari:

Perangkat yang terdiri dari meja miring di mana lengan yang diartikulasikan dengan tabung sinar-X bergerak.
Konsol kontrol di belakang tempat staf medis berada dan yang dipisahkan dari ruangan lainnya oleh kaca bertimbal.
—-
Seperti apa ruang pemeriksaannya?

Ruang angiografi memiliki meja bergerak di mana Anda akan berbaring. Meja bergerak ini akan dipindahkan di bawah lengan artikulasi berbentuk C besar yang berisi tabung sinar-x di satu sisi (di bawah meja) dan kamera di sisi lain (di atas Anda).

Bagaimana cara kerjanya?

Arteri ditunjukkan dengan menyuntikkan secara langsung, melalui kateter kecil, produk kontras beryodium ke dalam lumennya. Selama injeksi produk yodium, sinar-X akan diproduksi di bawah meja pemeriksaan dan melewati tubuh Anda. Produk kontras tidak tembus cahaya terhadap sinar-X dan kamera yang ditempatkan di atas Anda secara bersamaan akan menunjukkan kepada kita arteri yang disuntikkan di layar. Gambar yang diperoleh dikomputerisasi dan disimpan. Lengan yang dapat digerakkan di sekitar Anda dapat digerakkan untuk mendapatkan pandangan yang berbeda dari arteri yang sama.

Angiogram koroner

Angiogram koroner (juga disebut angiogram jantung) adalah tes yang mengambil sinar-x dari arteri koroner dan pembuluh yang mensuplai jantung. Selama prosedur ini, cairan khusus, atau produk yodium, disuntikkan ke dalam arteri koroner dari kateter (tabung panjang dan sempit) yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah; masing-masing arteri / pembulu darah kemudian menjadi terlihat pada x-ray. Angiografi memungkinkan dokter untuk melihat aliran darah melalui jantung secara terpisah, dan kadang-kadang bahkan mengidentifikasi kemungkinan masalah dengan arteri koroner.

Angiografi koroner mungkin direkomendasikan untuk orang dengan angina (nyeri dada) atau mereka yang memiliki gejala penyakit arteri koroner. Ini memberi dokter informasi penting tentang kondisi arteri koroner, yang dapat dipengaruhi oleh aterosklerosis, regurgitasi (darah dipompa kembali melalui katup yang rusak), atau pengumpulan darah di rongga. , yang disebabkan oleh kerusakan katup jantung.

Bagaimana pemeriksaan angiografi dilakukan?

Dari tempat tidur Anda, Anda akan ditempatkan di meja pemeriksaan. Elektroda akan ditempatkan di dada Anda untuk merekam aktivitas jantung Anda selama bagian ujian. Situs tusukan arteri (biasanya arteri femoralis) akan didesinfeksi dan tirai steril akan menutupi Anda. Anestesi lokal dilakukan pada kulit dan jaringan di sekitarnya. Arteri ditusuk langsung setelah anestesi dan pengantar ditempatkan di arteri. Kateter kemudian akan ditempatkan pada area yang diinginkan atau dimasukkan langsung ke dalam arteri yang sakit. Produk kontras beryodium akan disuntikkan oleh pompa melalui kateter, langsung ke arteri yang dipilih oleh dokter. Produk ini akan menimbulkan sensasi panas dalam waktu singkat.

Anda akan secara teratur diminta untuk berhenti bernapas selama beberapa detik untuk mendapatkan gambar yang tenang dan jelas. Setelah gambar diperoleh, dokter akan mengomunikasikan hasilnya langsung kepada Anda. Jika perawatan memungkinkan, dokter akan segera memberi tahu Anda dan setelah persetujuan Anda, perawatan yang sesuai.

Efek samping

Efek samping angiografi terkait dengan injeksi pewarna dan tergantung pada jenis angiogram yang dilakukan. Efek samping ini mungkin termasuk yang berikut:

perdarahan, infeksi, dan nyeri di tempat penyisipan tabung
reaksi pewarna
kerusakan ginjal (risiko sangat rendah)
kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh tabung (risiko sangat rendah)
gumpalan darah pada tabung, yang kemudian dapat menyumbat pembuluh darah di tempat lain di tubuh.

Apa artinya hasil dari pemeriksaan angiografi?

Dokter Anda akan menjelaskan hasil angiogram kepada Anda dan dapat merekomendasikan tes, prosedur, tindak lanjut, atau perawatan tambahan.

Pertimbangan khusus untuk anak-anak

Mempersiapkan anak untuk tes atau prosedur dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kolaborasi, dan membantu mengembangkan keterampilan mengatasi. Persiapan termasuk menjelaskan apa yang akan terjadi selama prosedur, termasuk apa yang akan mereka lihat, rasakan dan dengar.

Mempersiapkan anak untuk angiogram tergantung pada usia dan pengalaman mereka.

Tempat test angiografi di Indonesia

Jakarta:

RS Jantung Binawiluya

Jl. TB Simatupang No. 71, Ciracas
Jakarta Timur 13750 – Indonesia
Telp: +62 21 8778 1605
Website: www.binawaluya.com

Jakarta Heart Center (Rumah Sakit Jantung Jakarta)

Jl. Matraman Raya No.23, Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia
Telp: +62 21 2936 0701
Email: customerservice.jhc@gmail.com
WhatsApp Marketing: +6281211226996
Website: www.jakartaheartcenter.com

Surabaya:

Rumah Sakit Premier (Ramsay Group)

Jl. Nginden Barat Blok B,
Surabaya 60118,
Jawa Timur – Indonesia
Telp. +62 31 599 3211
Daftar via WhatsApp: +6285931353197
Website: www.ramsaysimedarby.co.id

Bali:

RSU BaliMéd Negara

Jl Hayam Wuruk No. 23
Dangin Tukadaya
Jembrana
Bali 82218

Telp: +62 365 4501452
Website: https://balimedhospital.co.id/id/balimed-negara
Email: marketing@balimedhospital.co.id
Whatsapp: +628553906508

Balimed Denpasar

Jalan Mahendradatta No. 57X
Padangsambian
Kecamatan Denpasar Barat
Kota Denpasar
Bali 80119

Telp: +62 361 3117311
Website: https://balimedhospital.co.id/balimed-denpasar
Whatsapp: +628553906508

Sumber bacaan: Clevery Smart, Society for Vascular Surgery, British Heart Foundation

By | 2021-10-12T05:19:19+07:00 Oktober 12th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment