fbpx

Apakah Hubungan Jarak Jauh Bisa Memperkuat Pasangan? Apakah Terbukti Secara Ilmiah? Tips Agar Awet

Apakah Hubungan Jarak Jauh Bisa Memperkuat Pasangan?

Studi menyatakan bahwa hubungan jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) bisa menjadi lebih kuat dan membentuk rasa kasih sayang yang lebih kuat dari yang lainnya.

Studi-studi ini yang telah mengatakan tentang bagaimana relasi jarak jauh yang cara orang mengatasinya dan akhirnya yang memungkinkan mereka untuk menjadi bahagia. Perlu diingat teknologi yang mengubah cara kita melihat tentang jarak. Hubungan jarak jauh di awal 1990-an itu sangat berbeda dari satu pada 2015. (Untuk referensi: Skype chatting berawal pada tahun 2003).

Inti dari hubungan adalah komunikasi yang baik, dengan ataupun tanpa dipisahkan oleh jarak.

 

Hubungan Jarak Jauh Sama Saja Bahagianya Dengan Hubungan “Secara Geografis Berdekatan”

Sebuah studi pada tahun 2014 terhadap lebih dari 700 pasangan jarak jauh dan 400 pasangan “geografis dekat” menemukan tidak banyak perbedaan yang signifikan antara kedua jenis hubungan. Orang-orang yang tinggal jauh dari pasangan romantis mereka tidak lebih cenderung menjadi tidak bahagia dalam hubungan mereka, daripada orang yang tinggal dekat dengan mereka. Para peneliti menulis bahwa “individu dalam hubungan pacaran jarak jauh tidak dirugikan.”

 

Jarak Dapat Meningkatkan Beberapa Jenis Komunikasi

Sebuah studi pada tahun 2013 oleh para peneliti dari Cornell University dan City University of Hong Kong menemukan bahwa jarak dapat memelihara kemesraan. Dalam menganalisa buku atau catatan harian orang dari SMS mereka, panggilan telepon, video chatting dan komunikasi lainnya dengan pasangan jarak jauh mereka, para peneliti menemukan bahwa pasangan jarak jauh merasa lebih dekat satu sama lain dibandingkan dengan pasangan secara geografis dekat, sebagian karena pasangan jarak jauh yang diungkapkan lebih lanjut tentang diri mereka sendiri dalam interaksi mereka.

 

Tips Hubungan Jarak Jauh – Long Distance Relationship

 

1. Saling Menghargai

Menghargai bahwa reaksi individu berbeda, komitmen adalah hal yang paling penting. Apabila Anda tidak bisa menjaga komitmen, lebih baik akhiri sekarang daripada menangisi semua investasi jarak jauh Anda nanti.

2. Komunikasi, Komunikasi dan Komunikasi

Kesibukan dan perbedaan waktu dapat menjadi penghalang Anda, luangkanlah satu hari untuk menelpon dan berbagi cerita. Jangan lupa untuk selalu menigirim pesan singkat pemberi semangat saat si dia sedang sibuk. Itu akan membuat dia mengingat Anda!

3. Kepercayaan Adalah Segalanya

Masing-masing dari Anda harus menyadari bahwa melanggar perjanjian memiliki konsekuensi bagi langgengnya suatu hubungan dan bahwa setiap pelanggaran memerlukan “perbaikan”.

4. Jangan Terlalu Cepat Untuk Menarik Kesimpulan

Secara psikologis ketika kita sedang berada jauh satu sama lain, kita tidak dapat melihat apa yang terjadi sebenarnya. Hal ini dapat menyebabkan Anda untuk dapat memulai segala macam asumsi atau penilaian yang biasanya berlebihan atau tidak benar. Hal ini dapat memicu rasa tidak aman dan hilangnya kepercayaan.

5. Surprise ! Buatlah Kejutan-Kejutan

Sekecil apapun, seperti mengirim coklat, bunga, surat, puisi atau apapun, tunjukkan bahwa Anda perduli. Kejutan yang diberikan pada pasangan, tidak harus dengan benda-benda yang mahal.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Mental Floss, Taylor & Francis GroupJournal of Communication, John Wiley & Sons Inc

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-02T09:47:46+00:00 April 1st, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment