Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan Mencegah Baunya Datang Kembali

1 min read

Cara menghilangkan bau ketiak

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Mengapa bau ketiak saya sangat menyengat? Bau ketiak bisa disebabkan oleh bakteri dan kebersihan yang buruk atau tidak menggunakan produk yang tepat. Atau mungkin ada kondisi medis mendasar yang perlu dirawat. Menggunakan antiperspiran atau deodoran (atau kombinasi deodoran-antiperspiran) setiap hari, setelah mandi, dapat membantu mengatasi bau ketiak. Berikut cara menghilangkan bau ketiak:

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan bahan-bahan alami:

1. Cuka sari apel

Langsung oleskan cuka sari apel ke ketiak Anda, tunggu 10 menit, bilas dan keringkan. Sifat antimikroba dan sifat asam menghancurkan bakteri penyebab bau badan.

2. Lemon dan soda kue

Campur jus dari lemon dan soda kue lalu oleskan ke ketiak Anda untuk membunuh bakteri penyebab bau dan membuat kulit ketiak yang lembut. Tempelkan ke ketiak Anda, tunggu 10 menit, bilas dan keringkan.

3. Lidah buaya

Kaya akan antioksidan dan anti bakteri, gel lidah buaya dapat mengurangi bau busuk dan membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Oleskan lidah buaya pada ketiak selama 10 menit, bilas dan keringkan.

4. Kentang

Mengoleskan sepotong kentang pada ketiak Anda, dapat membantu mengendalikan keringat dan menurunkan tingkat pH kulit Anda yang pada gilirannya menghilangkan bakteri penyebab bau. Potong kentang dan tempelkan pada ketiak selama 10 menit, bilas dan keringkan.

Cara Mencegah Bau Ketiak

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya bau ketiak. Mandi setiap hari dengan sabun, serta mandi setelah aktivitas berat seperti berolahraga atau berolahraga, dapat menghilangkan bakteri dan keringat yang menyebabkan bau.

Kenakan kain yang longgar dan bernapas seperti katun, linen, dan campuran yang menyerap kelembapan – terutama jika Anda banyak berkeringat. Ini akan membuat tubuh Anda tetap dingin lebih baik daripada pakaian ketat yang terbuat dari kain yang tidak bisa bernapas.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa mencukur atau waxing ketiak secara signifikan mengurangi bau ketiak. Ini karena pembersihan lebih efektif pada kulit yang dicukur atau di-wax.

Karena reaksi stres dapat menyebabkan kelenjar keringat mengeluarkan keringat, manajemen stres dan teknik pengurangan kecemasan dapat membantu Anda mengatur reaksi stres dan meminimalkan respons fisiologis berkeringat.

Artikel ini dipersembahkan oleh Rexona

Apa Penyebab Bau Ketiak?

Lalu apa penyebab ketiak bau? Saat Anda berkeringat, kelenjar apokrin (kelenjar keringat) di ketiak Anda menghasilkan keringat yang tinggi protein.

Ketika bakteri yang ada di kulit Anda memecah keringat ini menjadi asam, hal itu menghasilkan bau yang tidak sedap yaitu bau badan. Susunan genetik, pola makan, dan kebersihan Anda juga menentukan jenis bau tubuh Anda.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Meskipun telah menggunakan berbagai perawatan, pengobatan, dan tips, jika bau ketiak terus berlanjut, dapatkan bantuan medis. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab kondisi tersebut.

Baca juga: Pemutih Kulit | Apakah krim kecantikan pemutih berbahaya?

Solusi dan tips ini bisa sangat membantu Anda menyingkirkan ketiak yang berbau busuk untuk selamanya. Jika masalah Anda terus berlanjut, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mendiagnosis kondisi yang menyebabkan masalah.


Sumber bacaan: NCBI, Scoop Whoop

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.