Depresiasi Ekonomi Sebagai Konsep

Depresiasi Ekonomi

Depresiasi ekonomi adalah ukuran penurunan nilai pasar suatu aset dari waktu ke waktu karena mempengaruhi faktor ekonomi. Bentuk depresiasi ini biasanya memengaruhi real estat, yang dapat kehilangan nilainya karena beberapa alasan, seperti menambah konstruksi yang tidak menguntungkan di dekat properti, menutup jalan, menurunkan kualitas lingkungan, atau pengaruh negatif lainnya.

Depresiasi ekonomi berbeda dengan depresiasi akuntansi. Dalam penyusutan akuntansi, aset diakui sebagai beban selama periode tertentu, menurut jadwal yang telah ditetapkan.

Depresiasi ekonomi dapat dilihat sebagai penurunan nilai yang dialami suatu aset karena pengaruh faktor ekonomi eksternal. Dalam arti luas, keusangan dipercepat oleh fenomena depresiasi psikologis (mode, periklanan); itu kemudian sering direncanakan.

Sederhananya: dalam ilmu ekonomi, depresiasi adalah hilangnya nilai barang, atau lebih umum mata uang.

Keusangan adalah fenomena ekonomi yang ditandai dengan depresiasi kualitatif atau fungsional material, barang produksi, komoditas, penyebabnya bukan keausan fisik tetapi inovasi atau ketidakcukupan menjadi kebutuhan baru.

Model

Dalam ilmu ekonomi, nilai aset modal dapat dimodelkan sebagai nilai sekarang dari aliran jasa yang akan dihasilkan aset tersebut di masa depan, disesuaikan dengan tepat untuk ketidakpastian. Depresiasi ekonomi selama periode tertentu adalah pengurangan nilai sisa barang dan jasa di masa depan.

Dalam keadaan tertentu, seperti kenaikan harga jasa yang tidak terduga yang dihasilkan oleh suatu aset atau penurunan tingkat diskonto, nilainya dapat meningkat daripada menurun. Depresiasi kemudian menjadi negatif.

Depresiasi dapat diukur sebagai perubahan dalam nilai pasar modal selama periode tertentu: harga pasar modal pada awal periode dikurangi harga pasarnya pada akhir periode.

Metode penghitungan penyusutan semacam itu berbeda dari metode lain, seperti penyusutan garis lurus karena dimasukkan ke dalam penghitungan biaya implisit, dan dengan demikian, keuntungan ekonomi.

Baca juga 👉 Makro dan Mikro Ekonomi | Penjelasan, Perbedaan, Persamaan dan Contohnya

Pemodelan penyusutan barang tahan lama seperti memberikan layanan yang sama dari pembelian sampai kegagalan, dengan nilai sisa nol (daripada memperlambat penurunan dan mempertahankan nilai sisa), disebut sebagai model penyusutan bola lampu, atau lebih berwarna sebagai one-hoss shay model, setelah puisi oleh Oliver Wendell Holmes, Sr., tentang sebuah kereta yang bekerja dengan sempurna selama tepat seratus tahun, kemudian hancur berantakan dalam sekejap.

Akun Nasional

Dalam ekonomi makro, depresiasi barang atau faktor produksi merupakan anggota dari depresiasi persediaan modal. Ini kemudian dikurangkan dari investasi bruto untuk membentuk investasi bersih yang memungkinkan akumulasi modal.

Dalam neraca nasional, penurunan stok modal agregat akibat penggunaan aset tetap dalam produksi disebut konsumsi modal tetap (CFC).

Dengan demikian, CFC sama dengan selisih antara pembentukan modal tetap bruto agregat (investasi bruto) dan pembentukan modal tetap neto (investasi neto) atau antara produk nasional bruto dan produk nasional neto.

Tidak seperti depresiasi dalam akun bisnis, CFC dalam akun nasional, pada prinsipnya, bukanlah metode untuk mengalokasikan biaya pengeluaran modal masa lalu selama periode akuntansi berikutnya. Sebaliknya, aset tetap pada suatu waktu tertentu dinilai berdasarkan sisa manfaat yang akan diperoleh dari penggunaannya.

Mengenai nilai tukar suatu mata uang

Depresiasi suatu mata uang berhubungan dengan penurunan nilai tukarnya terhadap satu atau lebih mata uang lain (umumnya sekeranjang mata uang lain yang dibangun dengan menimbang bobot perdagangan masing-masing dengan negara lain).

Depresiasi Euro terhadap Yen dengan demikian berhubungan dengan penurunan nilai Euro dalam mata uang yen. Misalnya, 1 Euro yang sebelumnya bernilai 115 Yen kini hanya bernilai 108 Yen .

Contoh lain, jika =GBP / USD terdaftar di 1,2700, itu berarti Anda akan membayar $ 1,27 untuk £ 1.

Jika harga GBP / USD naik dari 1,2700 menjadi 1,5000, maka sepertinya dolar akan terdepresiasi dan pound akan terapresiasi. Ini karena Anda akan membutuhkan lebih banyak Dolar untuk membeli jumlah buku yang sama. Dapat juga dikatakan bahwa Pound menguat dan Yen melemah.

Depresiasi mata uang membuat ekspor negara-negara yang menggunakan mata uang ini lebih kompetitif, artinya lebih murah di pasar internasional. Di sisi lain, harga impor semakin meningkat.

Fakta bahwa suatu mata uang terdepresiasi secara khusus (artinya nilai tukarnya lebih rendah dibandingkan dengan fundamental ekonominya) seringkali bukan merupakan tanda kesehatan ekonomi yang baik.

Untuk sektor real estate

Depresiasi adalah hilangnya nilai yang disebabkan oleh kerusakan, keusangan (keusangan fungsional) atau penyebab di luar bangunan (keusangan ekonomi).

Depresiasi hanya mempengaruhi perbaikan (bangunan dan perbaikan lainnya) dan bukan pada tanah. Yang terakhir ini sebenarnya selalu dievaluasi sesuai dengan penggunaan optimal dan setiap kerugian nilai karena ketidaksesuaian sambungan tanah-bangunan diatribusikan ke bangunan. Yang terakhir sebenarnya dapat dihancurkan, meninggalkan tanah dengan nilai optimal yang dapat dimilikinya tergantung pada daya tariknya di pasar sambil tetap tunduk pada peraturan tata kota.

Untuk memperhitungkan depresiasi dalam dokumen akuntansi, depresiasi digunakan.

Depresiasi sebagai konsep ekonomi

Ini membedakan antara “nilai persediaan aset modal dan nilai tahunan layanan aset itu, membedakan antara depresiasi dan inflasi sebagai sumber perubahan nilai aset, dan membedakan antara depresiasi nilai aset dan penurunan nilai aset. produktivitas fisik. ”

Penyusutan adalah biaya persediaan aset modal yang dialokasikan selama masa kerja mereka sebanding dengan perkiraan masa pakai mereka, setelah dikurangi biaya pemeliharaan dan perbaikan.

“Secara teori, umur layanan yang digunakan dalam menentukan alokasi adalah umur fisik — lamanya waktu secara fisik memungkinkan untuk menggunakan aset. Dalam beberapa kasus, ini lebih lama dari umur ekonomis – lamanya waktu layak secara ekonomi untuk menggunakan aset. (Perkiraan masa pakai tidak)… mencerminkan efek keusangan. … (Dan)… dibebankan saat aset tersebut pensiun. Alasan perlakuan ini adalah bahwa keusangan memiliki pengaruh yang kecil jika ada pada pola waktu jasa yang diberikan oleh aset sebelum pensiun, meskipun hal tersebut merupakan penentu waktu pensiun. Biaya untuk keusangan pada saat pensiun menghapuskan sisa aset sebagai komponen konsumsi modal dan menggantikan kehidupan fisik dengan umur ekonomis ”.

Depresiasi ekonomi, oleh karena itu, adalah “penurunan harga aset (atau harga bayangan) karena penuaan dan bervariasi sesuai usia” Depresiasi ekonomi juga ditandai dengan hubungan “usia-harga di mana tingkat penurunan harga terbesar terjadi di awal tahun kehidupan aset ”.

Penghapusan depresiasi yang diizinkan untuk tujuan perpajakan juga dapat menyimpang dari depresiasi ekonomi atau tarif depresiasi “nyata”. Faktor kuncinya adalah perkiraan “umur ekonomis”. Depresiasi ekonomi, bagaimanapun, dapat diperkirakan dengan “ketelitian yang cukup untuk berguna dalam analisis kebijakan”.

Analisis ekonomi pertumbuhan dan produksi, serta distribusi pendapatan, membutuhkan perkiraan akurat dari persediaan modal dan pendapatan modal. Perkiraan persediaan modal pada gilirannya membutuhkan perkiraan jumlah modal yang digunakan dalam produksi, dan perkiraan pendapatan modal membutuhkan perkiraan kerugian yang sesuai dalam nilai modal. Jadi, bahkan jika kebijakan depresiasi mengabaikan depresiasi ekonomi, kita tetap harus mencoba mengukur depresiasi ekonomi untuk digunakan dalam penghitungan pendapatan dan kekayaan nasional.

Bagaimana cara kerja depresiasi ekonomi?

Dalam ilmu ekonomi, depresiasi adalah ukuran jumlah nilai yang hilang dari suatu aset karena faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi nilai pasarnya. Pemilik aset mungkin lebih akurat melihat depresiasi ekonomi daripada depresiasi buku jika mereka ingin menjual aset pada nilai pasar.

Depresiasi ekonomi mempengaruhi nilai jual suatu aset di pasar. Itu dapat dipantau dan dikendalikan oleh pemilik aset. Dalam akuntansi bisnis, depresiasi ekonomi umumnya tidak ditampilkan dalam laporan keuangan untuk aset modal yang signifikan, karena akuntan umumnya menggunakan nilai buku sebagai metode utama pelaporan.

Beberapa situasi untuk dipertimbangkan

Mungkin ada beberapa skenario di mana depresiasi ekonomi diperhitungkan dalam analisis keuangan. Real estat adalah salah satu contoh paling umum, tetapi analis juga dapat mempertimbangkannya dalam situasi lain. Depresiasi ekonomi juga dapat menjadi faktor dalam memperkirakan pendapatan masa depan dan perkembangan bisnis barang dan jasa.

Sumber bacaan: Cleverly Smart

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-06-28T10:22:38+07:00 Juli 2nd, 2021|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment