PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Yang Harus Diketahui Semua Orang Tentang Zeus Dewa Olympus – Mitologi dan mitos Yunani

2 min read

Zeus dewa olympus

Yang Harus Diketahui Semua Orang Tentang Zeus Dewa Olympus – Mitologi dan mitos Yunani

Zeus Dewa Olympus (Ζεύς) adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani dan dinamai Jupiter di antara orang Romawi. Dia adalah putra dari Titans Cronos dan Rhea dan saudara dari beberapa dewa: Hestia, Demeter, Hades, Poseidon dan Hera, yang menikah dengannya. Fungsi utamanya adalah fungsi dewa langit dan guntur.

Raja para dewa dan penguasa Olympus, Zeus bukanlah penguasa nafsu yang membawanya ke segala jenis petualangan. Temukan potret dan rahasia Zeus.

Bagaimana Zeus lahir?

Kelahiran Zeus dimulai dengan kekerasan. Ayahnya, Cronos, melahap semua anaknya karena takut digulingkan oleh salah satu dari mereka. Putus asa, Rhea menciptakan tipu muslihat untuk melindungi anak bungsunya, Zeus. Alih-alih memberikan anak itu kepada suaminya untuk dimakan, dia memberinya batu yang dibungkus popok. Diendapkan di pulau Kreta, Zeus tumbuh di pohon, diberi makan susu kambing.

Nubuat Ouranos – ayah dari Cronos – menjadi kenyataan di masa remaja Zeus. Dengan bantuan Metis, Cyclopes, dan Hecatonchires, dia berhasil mengalahkan ayahnya dan menjadi penguasa dewa generasi ketiga dan ini adalah generasi para Olympian.

Apa ciri-ciri Zeus Dewa Olympus?

Zeus melepaskan badai dan melepaskan petir. Itu adalah senjatanya yang paling tangguh, ditawarkan oleh Cyclops untuk membantunya melengserkan Cronus. Selain dalam bahasa Yunani, kami tidak mengatakan ‘hujan’ tetapi ‘Zeus sedang hujan’, ini luar biasa!

Siapa musuh Zeus?

Para Titan adalah dewa yang mendahului para dewa Olympus. Zeus harus bertarung melawan makhluk mitologis ini untuk menertibkan. Para Titan adalah kekuatan yang tegang dan Zeus melambangkan cahaya yang menyebar, ukuran dan keadilan, bahkan jika dia sendiri tidak terlalu terukur.

Apa petualangan Zeus?

Dewa Olympus juga terkenal dengan banyak petualangannya dengan dewi, bidadari, dan manusia, yang darinya akan lahir dewa yang luar biasa. Seorang ahli metamorfosis, dia dengan senang hati mengubah penampilannya untuk merayu.

Dia menjadi hujan emas untuk merayu Danae dan mengambil wujud angsa untuk Leda ratu Sparta. Tapi petualangannya yang paling terkenal dengan manusia adalah yang dia lakukan dengan Alcmene. Untuk memikatnya, Zeus bermetamorfosis menjadi suaminya, Amphitryon dan bermalam bersamanya,” kata spesialis. Dari hubungan ini akan lahir seorang anak laki-laki, Heracles.

Zeus melahirkan dua kali

Diperingatkan oleh Ouranos bahwa anak yang belum lahir dari persatuannya dengan Metis akan memiliki kekuatan ayahnya dan kebijaksanaan ibunya, Zeus menelan Metis, hamil, karena takut digulingkan. Pada hari pengiriman, dia diserang sakit kepala yang parah, memaksanya untuk meminta Hephaestus membelah tengkoraknya dengan kapak. Athena lahir dari kepalanya, mengeluarkan teriakan perang.

Zeus juga melahirkan Dionysos, dari persatuannya dengan Semele, putri raja Thebes. “Di bawah nasihat Hera yang cemburu, Semele meminta Zeus untuk menampakkan diri kepadanya sehingga dia dapat merenungkannya dalam bentuk ketuhanannya. Dia menurut, tetapi Semele, yang hamil, dipukul”, kata ahli filologi. Raja Olympus menarik anak itu dari rahim majikannya dan menempatkannya di pahanya sampai melahirkan untuk melindunginya dari Hera.

Cukup lucu untuk berpikir bahwa Zeus, raja para dewa, manusia par excellence, melahirkan dua kali, sekali melalui kepala dan sekali melalui paha.
Zeus juga harus menggunakan triknya untuk melindungi putranya, sang dewa Hercules.

Verso bronze statue of Zeus
Patung perunggu Zeus (verso). Pinterpandai.com, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Fungsi dan atributnya

Dia memimpin semua fenomena atmosfer:

Penguasa hujan (hyetios), angin (aietos) dan cuaca bagus (eudios). Jadi, dia adalah dewa pelindung panen dan buah-buahan (epicarpios) serta master petir yang ditakuti (astrapaios) yang melepaskan petir (βρονταῖος, brontaïos) dengan mengguncang perlindungan dengan suara gemilang (erigpos). Dalam hal ini, dia membawa aegis, perisai yang digunakan untuk memicu badai, dan “petir“, tongkat yang dibuat oleh para Cyclops yang digunakan untuk memperingatkan, menghukum, atau membunuh.

Dia adalah dewa keluarga dalam arti luas:

Dewa perapian (ephestios), pagar dan tembok (hercios) untuk rumah, kota (πολιεύς, polieus) atau majelis rakyat (agoraios), penjamin sumpah dan perjanjian (ιοκ, dewa horciosοο), pernikahan (gamelios), persahabatan (philios) dan keramahan (xénios).

Dia adalah penjamin pemeliharaan hukum dan masyarakat manusia:

Pelindung saudara kandung (phratios), suku (phylios), negara bagian atau amfiktoni, yaitu asosiasi kota (ἑλένιος, helenios). Dengan demikian dia memiliki kata sifat berikut sebagai julukan: Alexicacos dia yang menangkal kejahatan dan melindungi yang lemah; σωτήρ, sôtèr, penyelamat semua pemohon. Dia adalah model legislator untuk raja (anax, tuan /basileus, raja, aristarchos, tuan yang berdaulat). Dia kemudian membawa tongkat kerajaan di kayu cemara, simbol kerajaannya dipegang di tangan kirinya. Pohon ek adalah simbol kekuatan dan kekuatannya. Sering duduk di singgasana. Ia ditemani elang, raja burung, juga lambang kekuasaan.

Dewa prajurit:

Dia adalah dewa prajurit dengan pasukan yang indah (stratios) penuh keberanian (stator) atau licik (dolios atau apatenor), yang memenangkan kemenangan, atau menanggung kekalahannya.


Dewa dan Dewi Yunani Kuno (Tokoh Mitologi)


Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, GreekMythology, Theoi

Sumber foto: Pinterpandai.com (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia Commons

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *