Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang melemah dan menjadi keropos | Gejala, Penyebab, Pencegahan, Pengobatan

Osteoporosis (Tulang Keropos)

Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh – sangat rapuh sehingga terjatuh atau bahkan tekanan ringan seperti membungkuk atau batuk dapat menyebabkan patah tulang. Fraktur terkait osteoporosis paling sering terjadi di pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang. Tulang adalah jaringan hidup yang terus menerus diganti secara alami.

Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak sejalan dengan hilangnya tulang lama.

Kabar baiknya adalah, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati osteoporosis, mulai dari makan dengan benar dan berolahraga hingga minum obat yang sesuai.

Baca juga ūüĎȬ†Susu Lansia Anlene | Manfaat Utama Minum Susu di Usia Tua

Gejala osteoporosis

Biasanya tidak ada gejala pada tahap awal keropos tulang. Tapi begitu tulang Anda melemah karena osteoporosis, Anda mungkin memiliki tanda dan gejala yang meliputi:

  • Nyeri punggung, yang disebabkan oleh tulang belakang yang retak.
  • Kehilangan tinggi badan seiring waktu.
  • Postur membungkuk.
  • Tulang yang patah jauh lebih mudah dari yang diperkirakan.

Penyebab osteoporosis

Tulang Anda selalu diperbarui secara alami – tulang baru dibuat dan tulang lama dipatahkan. Ketika Anda masih muda, tubuh Anda membuat tulang baru lebih cepat daripada menghancurkan tulang tua dan massa tulang Anda meningkat. Setelah awal 20-an, proses ini melambat, dan kebanyakan orang mencapai massa tulang puncaknya pada usia 30. Seiring bertambahnya usia, massa tulang hilang lebih cepat dari yang diciptakannya.

Seberapa besar kemungkinan Anda terkena osteoporosis sebagian bergantung pada seberapa banyak massa tulang yang Anda capai di masa muda. Seiring bertambahnya usia, semakin besar kemungkinan Anda terkena osteoporosis.

Wanita dan pria bertubuh ramping dan kurus memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan osteoporosis. Karena mereka memiliki lebih tulang mereka lebih kecil; dibandingkan dengan wanita dan pria berperawakan lebih besar.

Beberapa kondisi medis yang mungkin dapat Anda tangani atau atasi dapat meningkatkan risiko osteoporosis, seperti penyakit endokrin dan hormonal lainnya, penyakit saluran pencernaan, artritis reumatoid, jenis kanker tertentu (payudara dan prostat), HIV / AIDS dan anoreksia.

Perubahan hormon juga menjadi salah satu penyebabnya osteoporosis. Kadar hormon tertentu yang rendah dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena osteoporosis.

Sebagai contoh: Kadar hormon estrogen rendah pada wanita setelah menopause. Rendahnya tingkat estrogen dari tidak adanya periode menstruasi yang tidak normal pada wanita pramenopause karena gangguan hormon atau aktivitas fisik yang ekstrim. Rendahnya kadar testosteron pada pria. Pria dengan kondisi yang menyebabkan hormon testosteron rendah berisiko terkena osteoporosis. Namun, penurunan testosteron secara bertahap dengan penuaan mungkin bukan alasan utama menyebabkan tulang keropos.

Baca juga ūüĎČ Vitamin K | Manfaat, Kekurangan, Sumber dan Dosis

Pencegahan osteoporosis

Nutrisi yang baik dan olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang sepanjang hidup Anda.

Protein

Protein adalah salah satu bahan penyusun tulang. Namun, ada bukti yang bertentangan tentang dampak asupan protein pada kepadatan tulang.

Kebanyakan orang mendapatkan banyak protein dalam makanan mereka, tetapi beberapa tidak. Vegetarian dan vegan bisa mendapatkan cukup protein dalam makanan jika mereka sengaja mencari sumber yang sesuai, seperti kedelai, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian untuk vegan dan vegetarian, serta produk susu dan telur untuk vegetarian.

Orang dewasa yang lebih tua mungkin makan lebih sedikit protein karena berbagai alasan. Jika Anda merasa tidak mendapatkan cukup protein, tanyakan kepada dokter Anda apakah suplemen adalah pilihan.

Jaga berat badan

Menjadi kurus meningkatkan kemungkinan keropos tulang dan patah tulang. Berat badan berlebih sekarang diketahui meningkatkan risiko patah tulang di lengan dan pergelangan tangan Anda. Karena itu, menjaga berat badan yang sesuai baik untuk tulang, seperti halnya kesehatan pada umumnya.

Hindari dengan konsumsi dosis kalsium yang tepat

Pria dan wanita berusia antara 18 dan 50 tahun membutuhkan 1.000 miligram kalsium sehari. Jumlah harian ini meningkat menjadi 1.200 miligram ketika wanita berusia 50 tahun dan pria 70 tahun.

Sumber kalsium yang baik meliputi:

Produk susu rendah lemak
Sayuran berdaun hijau tua
Salmon kalengan atau sarden dengan tulang
Produk kedelai, seperti tahu
Sereal yang diperkaya kalsium dan jus jeruk
Jika Anda merasa sulit mendapatkan cukup kalsium dari makanan Anda, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, terlalu banyak kalsium dikaitkan dengan batu ginjal. Meski belum jelas, beberapa ahli menyatakan bahwa terlalu banyak kalsium terutama dalam suplemen dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Divisi Kesehatan dan Kedokteran dari Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Kedokteran Nasional (sebelumnya Institut Kedokteran) merekomendasikan bahwa asupan kalsium total, dari gabungan suplemen dan makanan, tidak boleh lebih dari 2.000 miligram setiap hari untuk orang yang berusia di atas 50 tahun.

Memiliki Vitamin D yang cukup

Vitamin D meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang dengan cara lain. Orang bisa mendapatkan beberapa vitamin D dari sinar matahari, tetapi ini mungkin bukan sumber yang baik jika Anda tinggal di dataran tinggi, jika Anda tinggal di rumah, atau jika Anda secara teratur menggunakan tabir surya atau menghindari sinar matahari karena risiko kanker kulit. .

Untuk mendapatkan cukup vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang, orang dewasa yang berusia 51 hingga 70 tahun disarankan untuk mendapatkan 600 unit internasional (IU) dan 800 IU sehari setelah usia 70 tahun melalui makanan atau suplemen.

Orang tanpa sumber vitamin D lain dan terutama dengan paparan sinar matahari terbatas mungkin memerlukan suplemen. Sebagian besar produk multivitamin mengandung antara 600 dan 800 IU vitamin D. Hingga 4.000 IU vitamin D per hari aman bagi kebanyakan orang.

Rutin berolahraga

Olahraga dapat membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang. Olahraga akan bermanfaat bagi tulang Anda tidak peduli kapan Anda mulai, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat paling banyak jika Anda mulai berolahraga secara teratur saat Anda masih muda dan terus berolahraga sepanjang hidup Anda.

Gabungkan latihan kekuatan dengan latihan menahan beban dan keseimbangan. Latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan tulang di lengan dan tulang belakang bagian atas. Latihan menahan beban – seperti berjalan, jogging, berlari, memanjat tangga, lompat tali, ski, dan olahraga yang menghasilkan benturan – memengaruhi terutama tulang di kaki, pinggul, dan tulang belakang bagian bawah. Latihan keseimbangan seperti tai chi dapat mengurangi risiko jatuh, terutama seiring bertambahnya usia.

Berenang, bersepeda, dan berolahraga menggunakan mesin seperti pelatih elips dapat memberikan latihan kardiovaskular yang baik, tetapi tidak meningkatkan kesehatan tulang.

Obat osteoporosis

Obat yang paling umum digunakan untuk mengobati osteoporosis disebut bifosfonat. Bifosfonat digunakan untuk mencegah hilangnya massa tulang. Mereka dapat diambil secara oral atau melalui suntikan. Mereka termasuk:

alendronate (Fosamax)
ibandronate (Boniva)
risedronate (Actonel)
asam zoledronat (Reclast)
Obat lain dapat digunakan untuk mencegah keropos tulang atau merangsang pertumbuhan tulang. Mereka termasuk:

Testosteron

Pada pria, terapi testosteron dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Terapi hormon

Bagi wanita, estrogen yang digunakan selama dan setelah menopause dapat membantu menghentikan kehilangan kepadatan tulang. Sayangnya, terapi estrogen juga dikaitkan dengan peningkatan risiko pembekuan darah, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

Raloxifene (Evista)

Obat ini telah terbukti memberikan manfaat estrogen tanpa banyak risikonya, meski masih ada peningkatan risiko penggumpalan darah.

Denosumab (Prolia)

Obat ini diminum dengan suntikan dan mungkin terbukti lebih menjanjikan daripada bifosfonat dalam mengurangi keropos tulang.

Teriparatide (Forteo)

Obat ini juga diminum melalui suntikan dan merangsang pertumbuhan tulang.

Salmon kalsitonin (Fortical dan Miacalcin)

Obat ini diambil sebagai semprotan hidung dan mengurangi reabsorpsi tulang. Bicaralah dengan dokter Anda tentang peningkatan risiko kanker dengan obat ini.

Romosozumab (Perataan)

Obat ini telah disetujui oleh FDA pada April 2019 untuk merawat wanita yang telah mengalami menopause dan berisiko tinggi mengalami patah tulang.

Obat diberikan dalam dua suntikan di bawah kulit (dalam waktu yang sama) sebulan sekali selama 12 bulan atau kurang. Ada peringatan ‚Äúkotak hitam‚ÄĚ karena Kemerataan dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke, jadi tidak disarankan untuk orang dengan riwayat keduanya.

Pengobatan alami osteoporosis
Karena obat osteoporosis dapat memiliki efek samping, Anda mungkin lebih memilih untuk mencoba pengobatan lain daripada pengobatan.

Beberapa suplemen, seperti semanggi merah, kedelai, dan black cohosh, dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang. Namun, sebelum menggunakan suplemen ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda. Ini karena dua alasan utama:

Hanya sedikit, jika ada, penelitian yang mendukung penggunaan suplemen ini untuk mengobati osteoporosis. Akibatnya, kami tidak memiliki bukti bahwa mereka berfungsi.

Suplemen ini dapat menyebabkan efek samping, serta berinteraksi dengan obat yang Anda minum. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mengetahui efek samping yang dapat terjadi, dan jika Anda sedang mengonsumsi obat yang dapat berinteraksi dengan suplemen.
Semua itu mengatakan, beberapa orang melaporkan hasil yang baik dengan perawatan alami.

Diet osteoporosis

Selain rencana perawatan Anda, diet yang tepat dapat membantu memperkuat tulang Anda.

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda perlu memasukkan nutrisi tertentu ke dalam makanan harian Anda. Yang terpenting adalah kalsium dan vitamin D. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang, dan membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium.

Nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan tulang termasuk protein, magnesium, vitamin K, dan seng.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang rencana makan yang tepat untuk Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka dapat memberi saran tentang diet Anda, atau merujuk Anda ke ahli diet terdaftar yang dapat membuatkan diet atau rencana makan untuk Anda.

Latihan untuk osteoporosis

Makan dengan benar bukanlah satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan tulang Anda. Olahraga juga sangat penting, terutama latihan menahan beban.

Latihan menahan beban dilakukan dengan kaki atau lengan Anda menempel ke tanah atau permukaan lain. Contohnya termasuk:

menaiki tangga
pelatihan ketahanan, seperti:
kaki menekan
squat
push up
latihan beban, seperti bekerja dengan:
band resistensi
dumbel
mesin latihan ketahanan

Latihan-latihan ini membantu karena menyebabkan otot Anda mendorong dan menarik tulang Anda. Tindakan ini memberi tahu tubuh Anda untuk membentuk jaringan tulang baru, yang memperkuat tulang Anda.

Namun, ini bukan satu-satunya keuntungan Anda dari olahraga. Selain banyak efek positifnya pada berat badan dan kesehatan jantung, olahraga juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda, yang dapat membantu Anda menghindari jatuh.

Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga baru.

Osteopenia vs osteoporosis

Jika dokter Anda memberi tahu Anda bahwa Anda menderita osteopenia, Anda mungkin mengira Anda salah dengar kata “osteoporosis”. Namun, osteopenia merupakan kondisi yang terpisah dari osteoporosis.

Berbeda dengan osteoporosis, osteopenia bukanlah penyakit. Sebaliknya, ini adalah keadaan memiliki kepadatan tulang yang rendah.

Dengan osteopenia, tulang Anda tidak sekeras biasanya, tetapi tidak sekuat jika Anda menderita osteoporosis.

Faktor risiko utama terjadinya osteopenia adalah usia yang lebih tua. Kepadatan tulang Anda memuncak pada usia 35, dan setelah itu, itu bisa berkurang seiring bertambahnya usia.

Dalam banyak kasus, osteopenia dapat menyebabkan osteoporosis, jadi jika Anda menderita osteopenia, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk memperkuat tulang Anda.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini¬†ūüĎȬ†untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? ‚Äď Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia¬†diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini¬†ūüĎȬ†untuk mengetahui ‚ÄúDaftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization‚ÄĚ.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Info: informasi ini disediakan oleh Pinter Pandai dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran medis dari dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda lainnya. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan nasihat tentang kondisi medis tertentu.

Sumber bacaan: NHS UK, Mayo Clinic

Sumber foto: Wikimedia Commons (Ilustrasi yang menggambarkan osteoporosis).

Pinter Pandai ‚ÄúBersama-Sama Berbagi Ilmu‚ÄĚ
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-23T23:56:46+07:00 Januari 16th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment