PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ekspansi Bisnis Ke Arah Internasional | Strategi dan Cara Pengembangan Yang Sukses

7 min read

Ekspansi bisnis ke arah internasional

Cara Ekspansi Bisnis Ke Arah Internasional

Berekspansi ke luar negeri merupakan prospek yang menarik bagi banyak perusahaan, dan kenyataan yang mendesak, terkadang membuat stres, bagi orang lain. Ekspansi bisnis ke arah internasional dapat membawa peluang: pasar baru, sumber pendapatan baru, pengembalian investasi ulang yang tinggi, pengembangan produk yang mungkin dapat dihidupkan kembali. “Globalisasi” adalah manuver strategis yang memungkinkan banyak perusahaan mengambil langkah baru dan memperluas jangkauan geografis mereka.

1 – Tentukan strategi yang jelas

Untuk merencanakan strategi yang baik, Anda perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang:

Ekosistem:

– Target pasar dan jalur aksesnya
– Pesaing potensial
– Para pemain kunci
– Acara yang menarik

Bisnis Anda:

– Pasar apa yang akan saya masuki?
– Apa yang dibawa oleh produk/layanan saya ke pasar?
– Positioning harga apa yang harus diadopsi?
– Apa sumber daya logistik, keuangan dan manusia… yang harus disatukan?
Anda perlu mendiagnosis kekuatan dan kelemahan Anda, ini akan membantu Anda mendeteksi peluang dan risiko.

Memiliki tujuan yang jelas dan spesifik

Pengusaha harus yakin akan kekayaan yang akan dibawa oleh tantangan baru ini ke perusahaannya. Ini adalah langkah pertama sebelum memulai. Melakukan penjualan satu kali di luar negeri atau memanfaatkan peluang melalui pameran dagang tidak selalu mengarahkan perusahaan untuk mengembangkan aliran bisnis. Namun, ini bisa menjadi titik awal yang tepat untuk menilai potensinya dan memperjelas tujuannya.

Apakah perusahaan ingin memperluas atau mendiversifikasi basis pelanggannya, mendapatkan pangsa pasar, memastikan kelangsungan bisnisnya, mengikuti pelanggan atau mitra, lebih dekat dengan sumber pasokan bahan baku… Go international mengharuskan Anda memikirkan bisnis Anda secara berbeda, dan proyek secara keseluruhan.

Buat rencana tindakan (action plan)

Setelah mempelajari semua aspek administrasi dan keuangan, Anda akan mulai membuat rencana tindakan Anda. Untuk ini, Anda harus merinci:

  • Tujuan yang ingin dicapai
  • KPI terkait
  • Berbagai sumber daya manusia dan keuangan akan dilaksanakan
  • Tindakan operasional
  • Batas waktu, dll.

Pada tahap inilah peran masing-masing kolaborator harus ditetapkan dan di mana proyek benar-benar mulai terwujud.

Di sinilah Anda akan menyadari pentingnya didampingi oleh penyedia layanan tertentu seperti investor, subkontraktor, pemasok, dll.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan | Cara Membuat Rencana Bisnis

2 – Sesuaikan penawaran Anda dengan pangsa pasar lokal

Menyalin dan menempel adalah jalan keluar yang mudah, tetapi itu belum tentu merupakan hal terbaik untuk dilakukan saat Anda ingin berkembang di luar negeri.
Sebuah produk/layanan yang berhasil dengan baik di wilayah Prancis tidak akan memiliki kesuksesan yang sama di negara tetangga, apalagi di benua lain.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Nilai tambah apa yang dibawa produk saya ke pasar?
  • Apa manfaat dan keuntungan kinerja untuk klien saya?
  • Adaptasi apa yang harus saya buat untuk produk saya (warna, rasa, kemasan, dll.), dan keputusan pemasaran apa yang harus diambil (situs web yang diterjemahkan, lebih cepat dan lebih ergonomis)?

Merek-merek besar telah memahami hal ini dan sedang melakukan penyesuaian ulang. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian khusus pada budaya lokal, penggunaan dan kebiasaan konsumen, karena orang asing… adalah Anda!

Pastikan bisnis Anda bisa melakukannya

Setelah tujuan ditetapkan, langkah kedua adalah memastikan kapasitas manusia, keuangan, dan organisasinya untuk berkembang di pasar luar negeri. Untuk menanggapi hal ini, perusahaan mungkin perlu meningkatkan produksinya, memerlukan rantai pasokan baru, mengadaptasi aspek komersial dan hukumnya, mengintegrasikan keterampilan baru, memperkuat alat digitalnya atau mempertimbangkan aliansi, dll. Tetapi pasar juga harus memadai dan menawarkan beradaptasi.

Banyak perusahaan, misalnya, mempertahankan gagasan bahwa pasar China tidak terlalu inovatif dan “murah” sementara semakin mendekati standar Eropa, dengan model bisnis baru. Ketidaksesuaian yang mengharuskan mengidentifikasi outlet dengan jelas dan juga memastikan peraturan yang berlaku untuk menghindari potensi kendala tersembunyi, seperti biaya bea cukai yang terlalu tinggi, agar penawaran tetap kompetitif.

Periksa hambatan dan regulasi setempat

Langkah ini menarik fondasinya dari studi penting tentang pasar. Perusahaan lokal besar yang mengambil tantangan untuk membangun diri mereka sendiri di luar negeri semuanya ada di sana. Lebih rumit secara internasional daripada di dalam negeri, studi harus mengumpulkan sejumlah dokumen untuk lebih memahami persyaratan pasar di negara lain dan benua lain. Ini akan memungkinkan Anda untuk memahami potensi ekspansi Anda dan blok bangunan dari target pasar. Di akhir analisis ini, Anda akan menemukan apa yang disebut “hambatan regulasi” yang meliputi kendala komersial, fisik, tetapi juga ekologi pada tingkat transaksi.

Agar sukses, Anda harus selaras dengan praktik lokal dan menciptakan celah kompetitif yang nyata yang menentukan merek Anda. Pendekatan ini pasti akan mengarah pada kesadaran akan kerumitan prosedur, panjangnya, deklarasi pajak, dan kerumitan operasi yang diperlukan untuk manajemen administrasi. Anda dapat mempertimbangkan bahwa Anda berada di jalur yang benar jika Anda berhasil menyesuaikan penawaran Anda dengan persyaratan negara atau benua melalui komunikasi efektif yang menekankan layanan yang terkait dengan produk yang ditawarkan.

5 – Pilih staf Anda untuk proyek ini

Sudahkah Anda mengidentifikasi orang-orang yang termotivasi dan mampu bekerja di lingkungan internasional?

Pertama, Anda harus membuat inventarisasi bahasa yang digunakan di perusahaan serta karyawan dengan kepekaan internasional dan siapa yang akan menjadi perwakilan masa depan untuk proyek Anda.

Kemudian, Anda perlu mengidentifikasi orang-orang yang memiliki pelatihan yang solid dalam teknik ekspor (incoterms, penagihan, transportasi, subjek bea cukai, perjanjian perdagangan bebas, dll.). Jika tidak, pertimbangkan untuk membentuk tim Anda.

Secara bertahap, seluruh perusahaan Anda harus melakukan sinkronisasi dengan proyek ekspor Anda.

Anda harus menyesuaikannya dengan perbedaan budaya negara yang bersangkutan:

Penawaran Anda yang harus memenuhi harapan konsumen lokal. Untuk ini, perlu memperoleh pengetahuan terperinci tentang negara dan pelanggannya. Anda dapat membuat persona baru untuk menggambarkan profil tipikal konsumen Anda.

Strategi komunikasi Anda disebarluaskan pada saluran komunikasi yang paling relevan. Strategi Anda harus mematuhi kekhasan tertentu dan menghormati kode budaya negara. Misalnya, lebih baik berkomunikasi melalui “Vkontakte” di Rusia, yang merupakan situs yang mirip dengan Facebook, jauh lebih populer di kalangan usia 18-34 tahun.

Berbagai konten Anda, diterjemahkan ke dalam bahasa resmi. Oleh karena itu, semua media Anda harus disesuaikan dengan negara tersebut, seperti situs web Anda, pengemasan Anda, publikasi di jejaring sosial Anda, dan bahkan dokumen hukum Anda!

Buat tim yang handal dan tepercaya

Untuk ekspansi bisnis ke arah internasional penting untuk menciptakan hubungan dan menjalin hubungan profesional jangka panjang dengan talenta dan kolaborator potensial dari negara tempat manajer memutuskan untuk memulai. Tanpa ini, permulaan dan pengembangan layanan atau produk perusahaan di luar negeri kemungkinan besar akan gagal. Membenamkan diri selama beberapa hari di negara yang bersangkutan adalah kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih gesit dengan calon mitra, kolaborator, atau investor.

Menghadiri pameran dagang internasional dapat bermanfaat untuk mempercepat ekspansi internasional bisnis Anda, untuk menemukan bakat baru dan meyakinkan mereka untuk terlibat di dalamnya.

Penting untuk menyusun daftar kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh calon anggota perusahaan ini. Orang-orang yang dipilih harus cukup solid dan ahli khususnya di bidangnya serta mengetahui target pasar luar dalam. Setelah tim terbentuk, penting untuk mengelolanya secara efektif. Pemimpin harus menunjukkan kepercayaan, pengertian, dan dukungan sambil menjelaskan apa yang sebenarnya ingin dia lakukan. Dia tidak bisa berada di dua tempat pada waktu yang sama, jadi dia perlu mendelegasikan kepada orang-orang yang dapat dipercaya, yang akan memastikan perkembangan perusahaannya secara internasional. Penting juga bagi pengusaha untuk bertemu dengan mereka beberapa kali dalam setahun. Keberhasilan atau kegagalan proyek ekspor ini tergantung pada pilihan dan kepercayaan mitra asing.

Baca juga: Dasar-Dasar Manajemen | Perencanaan, Pengorganisasian, Memimpin dan Mengendalikan

6 – Aktifkan jaringan Anda

Sudahkah Anda memilih negara pilihan?

Jangan lupa untuk mencari di jaringan Anda jika Anda memiliki kontak menarik yang dapat membantu Anda dalam proses pengembangan Anda? Dan jika demikian, dapatkah mereka merekomendasikan kontak yang berguna?

Ada banyak sekali klub untuk berjejaring, baik di negara tujuan (kedutaan besar, kamar dagang, pameran dagang, klub dan jaringan, dll.) atau bahkan di Prancis. Cari tahu, pergi ke tempat-tempat di mana orang bertemu.
Pengembangan solo sangat rumit, tetapi persatuan adalah kekuatan!

7 – Memahami perbedaan budaya

Bisnis di atas segalanya adalah perjumpaan manusia antara orang-orang dari berbagai bahasa dan budaya. Sangat sering, kurangnya pemahaman tentang aspek budaya yang menyebabkan proyek Anda terbalik.

Pengetahuan tentang kode-kode lokal, kebiasaan dan kebiasaan serta perilaku tidak dapat dipelajari di buku pelajaran sekolah. Memang, warna “merah” misalnya tidak memiliki arti yang sama dari satu negara ke negara lain, dan mungkin nama dagang Anda menunjukkan sesuatu yang khusus, setelah diterjemahkan.

Anda memiliki beberapa opsi untuk bisnis Anda:

  • mengandalkan orang yang mengetahui kode lokal dengan sempurna,
  • memiliki orang bikultural internal yang terlatih dalam budaya perusahaan, produk Anda, dan mengetahui pasar lokal dengan sempurna,
  • kirim seseorang ke lokasi (atau pergi ke sana sendiri) untuk menyerap dan memahami ekspektasi pasar.
  • Pilih negara yang tepat dan targetkan pelanggan yang tepat
  • Pemilihan akan bergantung pada pentingnya permintaan dan peluang di luar negeri, persaingan, hambatan (peraturan, adaptasi, bea masuk, dll.) dan daya beli pelanggan.
  • Informasi tersebut terutama berasal dari prospek itu sendiri, pertemuan di pameran dagang, database profesional (misalnya Kompas), perusahaan lain yang menawarkan produk pelengkap dan menargetkan pelanggan yang sama, Internet, bantuan ekspor organisasi atau lembaga lain.

8 – Pendampingan profesional

Ingatlah untuk didampingi dalam proyek ekspor Anda, baik pada tingkat permintaan pembiayaan atau pada pendampingan dalam pengembangan perusahaan Anda (prospek, organisasi, komunikasi, dll.).

Ada berbagai sistem pendukung bagi eksportir. Dekat dengan tim ekspor di negara yang dipilih, misalnya: Kamar Dagang dan tim di luar negeri (organisasi swasta di luar negeri, dll.).

Anda tidak akan dapat melakukan semuanya pada saat yang sama, jadi jangan terlalu melebarkan diri dan menargetkan prioritas Anda. Ubah strategi Anda menjadi rencana bisnis nyata!

Contoh organisasi pendampingan untuk Ekspansi bisnis ke arah internasional:

Enterprise Europe Network

Enterprise Europe Network membantu bisnis berinovasi dan tumbuh dalam skala internasional. Ini adalah jaringan dukungan terbesar di dunia untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dengan ambisi internasional. Layanan meliputi: kamar dagang dan industri, organisasi pembangunan daerah, universitas dan lembaga penelitian, lembaga inovasi.

Helpdesk UKM IPR China

China IPR SME Helpdesk adalah proyek yang didanai oleh Direktorat Jenderal untuk Perusahaan dan Industri Komisi Eropa (DG ENTR). Ini memberi perusahaan kecil dan menengah Eropa dukungan praktis dan gratis tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Tiongkok. Menurut situs webnya, misi Helpdesk UKM HKI China adalah untuk “mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) Uni Eropa (UE) untuk melindungi dan menegakkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) mereka di atau terkait dengan China, melalui ketentuan informasi dan layanan gratis”.

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD)

OECD adalah organisasi antar-pemerintah multi-disiplin dari 36 negara anggota yang melibatkan semakin banyak non-anggota dari semua wilayah di dunia. Misi inti Organisasi saat ini adalah membantu pemerintah bekerja sama menuju ekonomi global yang lebih kuat, lebih bersih, dan lebih adil. Melalui jaringan 250 komite khusus dan kelompok kerjanya, OECD menyediakan pengaturan di mana pemerintah membandingkan pengalaman kebijakan, mencari jawaban atas masalah umum, mengidentifikasi praktik yang baik, dan mengoordinasikan kebijakan domestik dan internasional. Informasi lebih lanjut tersedia: www.oecd.org.

Dewan Internasional untuk Bisnis Kecil (ICSB): di Washington DC, AS. Untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil di seluruh dunia. Organisasi ini menyatukan para pendidik, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan dan keahlian di bidangnya masing-masing melalui publikasi, program, lokakarya, sesi pelatihan, dan sertifikasi.

FoundersCard

FoundersCard, lebih dari 20.000 pengusaha, inovator, dan profesional bisnis adalah bagian dari FoundersCard, sebuah organisasi yang menawarkan diskon eksklusif untuk produk dan layanan hotel, perjalanan, bisnis dan gaya hidup, serta akses ke acara networking khusus undangan. Ini sempurna untuk mendapatkan mesin kopi kantor baru atau mil frequent flyer ekstra!

Entrepreneur’s Organization

Entrepreneur’s Organization atau Anggota Organisasi Pengusaha juga menerima tunjangan seperti bimbingan pribadi, berpartisipasi dalam forum tempat Anda dapat belajar dari pengalaman pemilik bisnis yang sukses. Anggota EO juga dapat menjadi bagian dari Healthnetwork Foundation untuk mendapatkan akses VIP ke 30 rumah sakit dengan peringkat tertinggi di A.S.

Kamar Dagang Internasional (ICC: International Chamber of Commerce)

International Chamber of Commerce (ICC) adalah perwakilan institusional dari lebih dari 45 juta perusahaan di lebih dari 100 negara (Afrika, Amerika, Asia & Pasifik, Eropa dan Timur Tengah). ICC adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada perusahaan dari berbagai negara di dunia dalam hal operasi komersial, karena saat ini terdapat saling ketergantungan yang lebih besar antar negara, artinya, apa yang terjadi dalam satu ekonomi, mempengaruhi yang lain. Misi CCI adalah untuk mempromosikan perdagangan dan investasi antara perusahaan dunia di berbagai sektor, serta membantu mereka menghadapi setiap tantangan dan peluang yang ditawarkan globalisasi. Untuk mencapai misi ini, CCI memiliki kelompok anggota yang luas, yaitu perusahaan dari lebih dari 130 negara yang menjalankan operasi internasional, serta organisasi bisnis, termasuk Kamar Dagang dari berbagai negara.

Memperkuat keahliannya

Ketika perusahaan berkembang secara internasional, itu juga mengintegrasikan keterampilan dan keahlian, dengan memanggil konsultan khusus atau mempekerjakan manajer ekspor. Dengan demikian mengubah proses pengambilan keputusan pada target pasar dan metode masuk.


IFRS dan GAAP | Perbedaan Antara Akuntansi IFRS dan GAAP


Sumber bacaan: Consultant4Companies, CleverlySmart

Sumber foto: Tumisu via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Pembalas Email Otomatis Saat Libur, Absen atau Cuti dan…

Sebentar lagi liburan dan tahun ini, Anda ingin membuat pesan pembalas email otomatis saat libur atau cuti. Selain email klasik, aturan yang kami ingatkan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *