Gempa Indonesia: Ratusan Tewas Dalam Gempa dan Tsunami di Palu

Gempa di Palu dan Gelombang Tsunami 7,5 SR – 28 September 2018 jam 18:00 (waktu setempat)

832 (per tanggal 30 September 2018) Orang telah dikonfirmasi tewas setelah tsunami yang dipicu oleh gempa di Palu berkekuatan 7,5 SR menghantam sebuah kota di Indonesia pada Jumat. Gelombang tsunami hingga 3 m (10 kaki) tinggi menyapu Palu di pulau Sulawesi Tengah.

Gelombang tsunami hingga 3 m (10 kaki) tinggi menyapu Palu di pulau Sulawesi.

Video di media sosial menunjukkan orang-orang berteriak dan melarikan diri dengan panik dan sebuah masjid di antara bangunan yang rusak.

 

Donggala gempa di palu

Gempa di Palu dan Gelombang Tsunami 7,5 SR – 28 September 2018 jam 18:00 (waktu setempat). Sumber foto: BMKG

 

Gempa Susulan di Palu 5,1 SR – Sabtu, 29 September 2018 jam 18:30

Gempa susulan yang kuat mengguncang kota pada hari Sabtu. Ribuan rumah ambruk, bersama dengan rumah sakit, hotel, dan pusat perbelanjaan.

Upaya penyelamatan sedang berlangsung, meskipun terhambat oleh pemadaman listrik besar. Jalan utama ke Palu telah diblokir karena tanah longsor, dan jembatan utama tidak berfungsi.

‘Banyak badan di sepanjang garis pantai’

Badan bencana Indonesia mengatakan setidaknya 384 orang telah tewas, tetapi jumlahnya diperkirakan akan meningkat. Setidaknya 540 telah terluka, dan 29 terdaftar sebagai hilang.
“Banyak mayat ditemukan di sepanjang garis pantai karena tsunami, tetapi jumlahnya masih belum diketahui,” kata Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara agensi, kepada Reuters.

“Ketika ancaman itu muncul kemarin, orang-orang masih melakukan aktivitas mereka di pantai dan tidak segera lari dan mereka menjadi korban,” katanya dalam jumpa pers.

“Tsunami tidak datang dengan sendirinya – mErika menyeret mobil, kayu gelondongan, rumah – mereka menghantam semua yang ada di darat.”

 

131 Gempa Susulan Terjadi di Palu dan Donggala Sepanjang Hari Ini

Pascagempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat sore kemarin, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat telah terjadi 131 gempa susulan yang terjadi di Palu dan Donggala sepanjang Sabtu ini.

“Hingga pukul 15.00 WIB gempa susulan masih terjadi sebanyak 131. Lima gempa dirasakan,” kata Sutopo di kantor BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: BMKG

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-12-29T19:03:33+07:00 September 28th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment