Gyrus Otak (Korteks serebral) dan Sulkus (Neuroanatomi) | Fitur penting dari sistem saraf pusat

Gyrus Otak dan Sulkus Otak

Gyri dan sulci adalah lipatan dan lekukan otak yang membuatnya tampak keriput.
Gyri (tunggal: brain gyrus) adalah lipatan atau tonjolan di otak dan sulci (tunggal: sulcus) adalah lekukan atau lekukan atau lipit.
Lipatan korteks serebral menciptakan gyri dan alur yang memisahkan wilayah otak dan meningkatkan luas permukaan dan kapasitas kognitif otak.

Contoh gyrus adalah gyrus Broca, area otak yang mengatur produksi ucapan.

Gyri dan sulci membentuk batas di dalam dan di antara lobus otak dan membaginya menjadi dua belahan.

Baca juga: Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

Fisura longitudinal medial adalah sulkus yang memisahkan hemisfer serebri kiri dan kanan. Corpus callosum terletak di celah ini. 2 sistem saraf pusat (SSP) yang paling penting mengontrol sebagian besar fungsi tubuh dan pikiran. Ini terdiri dari dua bagian: otak dan sumsum tulang belakang.


Apakah gyrus otak itu?

Otak memiliki penampilan keriput secara keseluruhan, terdiri dari banyak tonjolan dan lekukan. Sebuah gyrus (jamak: gyri) adalah nama yang diberikan untuk tonjolan punggung di korteks serebral (lapisan terluar otak).

Gyri ditemukan di permukaan korteks serebral dan terdiri dari materi abu-abu, terdiri dari badan sel saraf dan dendrit.

Mereka adalah struktur unik yang penting karena mereka meningkatkan luas permukaan otak. Area permukaan yang lebih besar berarti lebih banyak neuron dapat dikemas ke dalam korteks sehingga dapat memproses lebih banyak informasi. Pada akhirnya, fungsi kognitif akan lebih baik dengan gyri tanpa harus meningkatkan ukuran otak yang sebenarnya, yang tidak sesuai dengan tengkorak.

Baca juga: 10 Misteri Otak Manusia | Banyak Hal Yang Tidak Kita Ketahui Tentang cara Kerjanya

Tata letak dan ukuran gyri bervariasi dari orang ke orang, meskipun ada beberapa jenis gyri yang ditemukan di setiap orang. Meskipun, jenis gyri ini dapat bervariasi dalam ukuran dan lokasi antar individu.

Ada jenis gyri tertentu yang diperlukan untuk fungsi otak. Misalnya, gyrus precentral penting sebagai pusat motorik utama otak.

Area penting lainnya adalah gyrus temporal superior yang memegang area Wernicke area penting untuk perkembangan bahasa dan pemahaman bicara.

Karena gyri penting untuk struktur otak, mereka memiliki signifikansi klinis. Misalnya, beberapa kelainan dengan gyri dapat menyebabkan gangguan seperti epilepsi.

Gyri dan sulci adalah lipatan dan lekukan otak yang membuatnya tampak keriput.
Gyri (tunggal: brain gyrus) adalah lipatan atau tonjolan di otak dan sulci (tunggal: sulcus) adalah lekukan atau lekukan atau lipit.
Lipatan korteks serebral menciptakan gyri dan alur yang memisahkan wilayah otak dan meningkatkan luas permukaan dan kapasitas kognitif otak.

Contoh gyrus adalah gyrus Broca, area otak yang mengatur “produksi” ucapan.

Gyri dan sulci membentuk batas di dalam dan di antara lobus otak dan membaginya menjadi dua belahan.
Fisura longitudinal medial adalah sulkus yang memisahkan hemisfer serebri kiri dan kanan. Corpus callosum terletak di celah ini. 2 sistem saraf pusat (SSP) yang paling penting mengontrol sebagian besar fungsi tubuh dan pikiran. Ini terdiri dari dua bagian: otak dan sumsum tulang belakang.


Sulkus otak tengah, memisahkan gyrus otak precentral dan postcentral

Sulkus otak tengah, memisahkan gyrus otak precentral dan postcentral. Sumber foto: Wikimedia Commons


Apakah sulkus itu?

Sebuah sulkus (jamak: sulci) adalah nama lain untuk alur di korteks serebral. Setiap girus dikelilingi oleh sulkus dan bersama-sama, girus dan sulkus membantu meningkatkan luas permukaan korteks serebral dan membentuk divisi otak.

Mereka membentuk divisi otak dengan menciptakan batas antara lobus, sehingga ini mudah diidentifikasi, serta berfungsi untuk membagi otak menjadi dua belahan.

Sulkus adalah alur dangkal yang mengelilingi girus, sedangkan sulkus yang lebih besar atau lebih dalam disebut celah.

Fisura longitudinal adalah alur besar yang membagi dua belahan menjadi kiri dan kanan. Korteks yang permukaannya halus hanya akan dapat meningkat sampai batas tertentu, oleh karena itu sulkus di area permukaan memungkinkan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

Ada dua jenis sulkus yang terbentuk pada waktu yang berbeda. Sulkus primer (misalnya sulkus sentralis) terbentuk secara independen sebelum lahir. Sulkus sekunder, bagaimanapun, adalah mereka yang dibentuk oleh faktor-faktor lain selain pertumbuhan di daerah korteks yang berdekatan (misalnya sulkus parieto-oksipital).

Sulci juga dapat didefinisikan dalam hal kedalamannya. Sulkus lengkap adalah sulkus yang alurnya sangat dalam (misalnya sulkus kolateral), sedangkan sulkus tidak lengkap tidak terlalu dalam (misalnya sulkus parasentral).


Diseksi anatomi gyrus otak dan sulkus otak

Diseksi anatomi gyrus otak dan sulkus otak. Sumber foto: Wikimedia Commons


Fungsi girus dan sulkus otak

Gyri dan sulci serebral melakukan dua fungsi yang sangat penting: mereka meningkatkan area korteks serebral dan mereka membentuk divisi otak.

Peningkatan luas permukaan otak memungkinkan lebih banyak neuron untuk dikemas ke dalam korteks sehingga dapat memproses lebih banyak informasi. Gyri dan sulci membentuk divisi otak dengan menciptakan batas antara lobus otak dan membagi otak menjadi dua belahan.

Lobus korteks serebral

Korteks serebral dibagi menjadi empat lobus berikut, yang masing-masing melakukan beberapa fungsi penting.

Lobus frontal: Lobus frontal terletak di wilayah terpenting korteks serebral. Mereka sangat penting untuk kontrol motorik, pemikiran dan penalaran.

Lobus parietal: Lobus parietal diposisikan di atas lobus temporal dekat pusat otak dan mereka memproses informasi sensorik.

Lobus temporal: Lobus temporal ditempatkan di belakang lobus frontal. Mereka penting untuk produksi bahasa dan ucapan serta untuk pemrosesan memori dan emosi.

Lobus Oksipital: Lobus oksipital ditemukan di daerah posterior korteks serebral dan merupakan pusat utama pemrosesan visual.

Gyri dan sulci adalah fitur yang sangat penting dari sistem saraf pusat. Melipat korteks serebral menciptakan tonjolan dan alur yang berfungsi untuk memisahkan daerah otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Otak sulci atau fisura

Fisura (atau retakan) sulci otak atau fisura (Dalam anatomi, fisura adalah alur atau robekan yang dalam dan memanjang di berbagai bagian tubuh).

Di bawah ini adalah daftar beberapa alur / celah utama di otak dan divisi yang mereka buat:

Interhemispheric (Fisura longitudinal medial): Ini adalah alur dalam yang terletak di tengah otak yang memisahkan belahan otak kiri dan kanan. Corpus callosum, pita besar saraf, terletak di celah ini.

Fisura Sylvius (sulkus lateral): rumpun dalam ini memisahkan lobus parietal dan temporal.

Sulkus sentral (Fisura Rolando): Sulkus ini memisahkan lobus parietal dan frontal.

Sulkus kolateral: Sulkus ini memisahkan girus fusiformis dan girus hipokampus di bagian bawah lobus temporal.

Sulkus parieto-oksipital: Celah dalam ini memisahkan lobus parietal dan oksipital.

Calcarine Sulcus: Alur ini terletak di lobus oksipital dan membagi korteks visual.


Contoh Gyrus Otak

Di bawah ini adalah sejumlah gyri otak yang penting.

Gyrus sudut: Lipatan di lobus parietal ini adalah area otak yang membantu dalam memproses rangsangan pendengaran dan visual. Ia juga terlibat dalam pemahaman bahasa.

Broca’s Gyrus (Area Broca): Area otak ini, yang terletak di lobus frontal kiri pada sebagian besar individu, mengontrol fungsi motorik yang terlibat dengan produksi ucapan.

Cingulate Gyrus: Lipatan berbentuk lengkung di otak ini terletak di atas corpus callosum. Ini adalah komponen dari sistem limbik yang memproses input sensorik mengenai emosi dan mengatur perilaku agresif.

Fusiform Gyrus: Tonjolan ini, terletak di lobus temporal dan oksipital, terdiri dari bagian lateral dan medial. Diperkirakan berperan dalam pengenalan wajah dan kata.

Hippocampal Gyrus (Parahippocampal Gyrus): Lipatan ini pada permukaan bagian dalam lobus temporal berbatasan dengan hippocampus. Gyrus hipokampus mengelilingi hipokampus dan memainkan peran penting dalam memori.

Lingual gyrus: Gulungan lobus oksipital ini terlibat dalam pemrosesan visual. Girus lingual dibatasi oleh sulkus calcarine dan sulkus kolateral. Di anterior, girus lingual bersambung dengan girus parahippocampal dan bersama-sama membentuk bagian medial girus fusiformis.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, American Association of Neurological Surgeons, Frontiers Media, Oxford University Press

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-09-16T00:40:53+07:00 September 5th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment