fbpx

10 Misteri Otak Manusia – Banyak Hal Yang Tidak Kita Ketahui Tentang cara Kerjanya

10 Misteri Otak Manusia

Banyak hal yang tidak kita pahami tentang menjadi manusia hanyalah di kepala kita. Otak adalah organ yang membingungkan, seperti halnya pertanyaan hidup dan mati, kesadaran, tidur, dan banyak lagi. Berikut adalah informasi tentang apa yang diketahui dan apa yang tidak dipahami tentang piala kecil Anda.

Kesadaran

Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda mungkin merasakan bahwa Matahari baru saja terbit, mendengar beberapa burung berkicau, dan bahkan mungkin merasakan kilasan kebahagiaan ketika udara pagi yang segar menyentuh wajah Anda. Dengan kata lain, Anda sadar.

Topik kompleks ini telah menjangkiti komunitas ilmiah sejak jaman dahulu. Hanya baru-baru ini ilmuwan saraf menganggap kesadaran sebagai topik penelitian realistis. Brainteaser terhebat di bidang ini adalah menjelaskan bagaimana proses di otak memunculkan pengalaman subyektif. Sejauh ini, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan daftar pertanyaan yang bagus.
 

Bagaimana informasi dicatat dalam aktivitas saraf?

Neuron, sel-sel khusus otak, dapat menghasilkan lonjakan tegangan singkat di membran luarnya. Denyut listrik ini bergerak di sepanjang ekstensi khusus yang disebut akson untuk menyebabkan pelepasan sinyal kimia di bagian lain otak. Paku biner, semua-atau-tidak sama sekali muncul untuk membawa informasi tentang dunia: Apa yang saya lihat? Apakah saya lapar? Kemana saya harus belok? Tapi apa kode dari bit voltase milidetik ini?
 

Kapasitas Otak Manusia – Berapa Kapasitas Memori Otak Kita?

Ini menurut para ilmuwan AS yang telah mengukur kapasitas penyimpanan sinapsis – koneksi otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan.

Mereka menemukan bahwa, rata-rata, satu sinaps dapat menampung sekitar 4,7 bit informasi. Ini berarti bahwa otak manusia memiliki kapasitas satu petabyte, atau 1.000.000.000.000.000.000 byte.

Satu petabyte sama dengan 20 juta lemari arsip empat laci diisi dengan teks, 13,3 tahun rekaman HD-TV, 4,7 miliar buku atau 670 juta halaman web.
 

Bagaimana ingatan disimpan dan diambil kembali?

Ketika Anda mempelajari fakta baru, seperti nama seseorang, ada perubahan fisik pada struktur otak Anda. Tapi kami belum memahami apa sebenarnya perubahan itu, bagaimana mereka diatur di lautan luas sinapsis dan neuron, bagaimana mereka mewujudkan pengetahuan, atau bagaimana mereka dibaca beberapa dekade kemudian untuk pengambilan.

Salah satu komplikasi adalah bahwa ada banyak jenis ingatan. Otak tampaknya membedakan ingatan jangka pendek (mengingat nomor telepon yang cukup panjang untuk memutarnya) dari ingatan jangka panjang (apa yang Anda lakukan pada ulang tahun terakhir Anda).

Dalam ingatan jangka panjang, ingatan deklaratif (seperti nama dan fakta) berbeda dari ingatan nondeklaratif (mengendarai sepeda, dipengaruhi oleh pesan bawah sadar), dan dalam kategori umum ini terdapat banyak subtipe. Struktur otak yang berbeda tampaknya mendukung berbagai jenis pembelajaran dan memori; kerusakan otak dapat menyebabkan hilangnya satu jenis tanpa mengganggu yang lain.
 

10 Misteri Otak Manusia - Banyak Hal Yang Tidak Kita Ketahui Tentang cara Kerjanya

10 Misteri Otak Manusia – Banyak Hal Yang Tidak Kita Ketahui Tentang cara Kerjanya. Sumber gambar: Pixabay dan ilustrasi: PinterPandai

 

Apakah kecerdasan itu?

Kecerdasan muncul dalam banyak bentuk, tetapi tidak diketahui apakah kecerdasan — dalam bentuk apa pun itu — artinya secara biologis. Bagaimana milyaran neuron bekerja bersama untuk memanipulasi pengetahuan, mensimulasikan situasi baru, dan menghapus informasi yang tidak penting? Apa yang terjadi ketika dua konsep “cocok” dan Anda tiba-tiba melihat solusi untuk suatu masalah?

Apa yang terjadi di otak Anda ketika tiba-tiba Anda sadar bahwa pembunuh dalam film itu sebenarnya adalah istri yang tidak terduga? Apakah orang-orang cerdas menyimpan pengetahuan dengan cara yang lebih suling, lebih bervariasi, atau lebih mudah diambil? Baca juga: Kecerdasan Cair Dan Kristal Atau Intelligence Fluid And Crystal – Apakah Itu? dan Kecerdasan Buatan – Artificial Intelligence
 

Mengapa otak tidur dan bermimpi?

Salah satu aspek yang paling mencengangkan dalam hidup kita adalah kita menghabiskan sepertiga waktu kita di dunia tidur yang aneh. Bayi yang baru lahir menghabiskan sekitar dua kali lipatnya. Sangat sulit untuk tetap terjaga selama lebih dari satu siklus siang-malam penuh.

Pada manusia, terjaga terus-menerus dari sistem saraf mengakibatkan gangguan mental; tikus yang dilarang tidur selama 10 hari mati. Semua mamalia tidur, reptil dan burung tidur, dan nafas sukarela seperti lumba-lumba tidur dengan satu belahan otak aktif pada suatu waktu. Tren evolusi jelas, tetapi fungsi tidur tidak. Baca juga: Arti Mimpi – Tafsir, Definisi, Penjelasan Mimpi Secara Psikologi
 

Berapa banyak kepribadian kita ditentukan oleh otak kita?

Ini adalah debat lama versus pengasuhan. Dan itu adalah teka-teki yang sulit – jika tidak mustahil – untuk diukur. Beberapa ilmuwan, seperti Steven Pinker, berpendapat bahwa kita semua dilahirkan dengan kecenderungan genetik yang memengaruhi psikologi kita.

Ini adalah penolakan dari “hipotesis batu tulis kosong,” yang menunjukkan bahwa pikiran tidak memiliki sifat bawaan, dan bahwa sebagian besar, dari tidak semua, preferensi individu kita dikonstruksi secara sosial.

Mempelajari anak kembar yang telah dipisahkan sejak lahir dapat membantu – tetapi hanya sedikit. Sulit untuk mengetahui di mana efek gen dimulai dan di mana mereka berakhir, terutama karena mereka diperkuat atau ditekan oleh pengalaman sosial. Baca juga: Cara Mengenal Kepribadian Anda Yang Sebenarnya Dengan Tes Psikologi Enneagram

Epigenetika

Yang di mana ekspresi genetik dihentikan atau diaktifkan sesuai dengan keadaan lingkungan, memperumit masalah ini lebih jauh. Namun dalam satu hal, perdebatan sifat versus pengasuhan sedang diperdebatkan; otak adalah pekerjaan konstan yang sedang berlangsung, spons yang terus menerus memberi makan lingkungan.
 

Apakah kesadaran itu?

Pikirkan kembali ciuman pertama Anda. Pengalaman itu bisa langsung muncul di kepala Anda. Di mana ingatan itu sebelum Anda menyadarinya? Bagaimana itu disimpan di otak Anda sebelum dan sesudah ia sadar? Apa perbedaan antara kedua kondisi tersebut

Penjelasan tentang kesadaran adalah salah satu masalah utama yang tidak terpecahkan dari ilmu pengetahuan modern. Mungkin tidak berubah menjadi fenomena tunggal; namun, dengan target awal, mari kita anggap itu sebagai hal yang berkedip ketika Anda bangun di pagi hari yang tidak ada di sana, di perangkat otak yang persis sama, beberapa saat sebelumnya.

Ahli saraf percaya bahwa kesadaran muncul dari benda-benda materi otak terutama karena perubahan yang sangat kecil pada otak Anda (katakanlah, dengan obat-obatan atau penyakit) dapat dengan kuat mengubah pengalaman subjektif Anda.

Inti masalahnya adalah kita belum tahu bagaimana merekayasa potongan-potongan dan suku cadang sedemikian rupa sehingga mesin yang dihasilkan memiliki jenis pengalaman subjektif pribadi yang Anda dan saya terima begitu saja.
 

Bagaimana kita bisa bergerak dan bereaksi dengan baik?

Kami melakukan pekerjaan luar biasa menggerakkan tubuh kami melalui ruang dan waktu. Tapi bagaimana kita bergerak dengan terkendali tetap menjadi misteri.

Ilustrasi untuk artikel berjudul 8 Hal yang Tidak Kita Pahami Tentang Otak Manusia

Pikirkan ketangkasan yang diperlukan untuk memasang jarum. Atau untuk memainkan konser piano. Prestasi ini semua lebih luar biasa ketika mempertimbangkan seberapa lambat, serampangan dan tidak terduga impuls saraf motorik kita sebenarnya. Jelas, ada sesuatu yang sangat canggih terjadi di antara korteks motorik kami dan korteks serebral yang memungkinkan tindakan yang halus dan efisien.

Tetapi ada juga waktu untuk dipertimbangkan. Kita semua memiliki jam internal (satu lagi misteri dalam ilmu saraf), yang melakukan pekerjaan luar biasa untuk menyampaikan lingkungan kita kepada kita secara real time – walaupun ada penundaan kognitif.

Butuh sepersepuluh detik bagi otak kita untuk memproses apa yang dilihatnya. Sekarang, itu mungkin tampak seperti waktu yang sangat singkat, tetapi jika sebuah benda datang ke arah kita dengan kecepatan 120 mph, seperti bola dari servis tenis, ia akan bergerak sejauh (4,5 meter (sekitar 15 kaki) sebelum otak kita menyadarinya.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, otak kita “mendorong” benda-benda yang bergerak maju sehingga kita melihatnya sebagai lebih maju dalam waktu dan ruang daripada yang sebenarnya. Ini artinya otak kita tidak sinkron dengan dunia nyata. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, kami bahkan memulai gerakan kami sebelum kami secara sadar menyadarinya.

 

Apa itu emosi?

Kita sering berbicara tentang otak sebagai sistem pemrosesan informasi, tetapi setiap akun otak yang tidak memiliki akun emosi, motivasi, ketakutan, dan harapan tidak lengkap.
Emosi adalah respons fisik yang terukur terhadap rangsangan yang menonjol: peningkatan detak jantung dan keringat yang menyertai rasa takut, respons beku tikus di hadapan kucing, atau ketegangan otot ekstra yang menyertai kemarahan. Perasaan, di sisi lain, adalah pengalaman subjektif yang terkadang menyertai proses-proses ini: sensasi kebahagiaan, iri hati, kesedihan, dan sebagainya.
Emosi tampaknya menggunakan mesin yang sebagian besar tidak disadari — misalnya, area otak yang terlibat dalam emosi akan merespons wajah-wajah yang marah yang disajikan secara singkat dan kemudian dengan cepat ditutupi, bahkan ketika subjek tidak sadar telah melihat wajah.
Di berbagai budaya, ekspresi emosi-emosi dasar sangat mirip, dan seperti yang diamati Darwin, ia juga serupa di semua mamalia. Bahkan ada kesamaan kuat dalam respons fisiologis antara manusia, reptil, dan burung ketika menunjukkan rasa takut, marah, atau cinta orangtua. Baca juga: Simpati, Empati dan Belas Kasih Perbedaan Emosional Pada Seseorang

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

 

                       
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-07-23T19:31:10+07:00 Juli 16th, 2019|IPA, Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment