fbpx

Jenis Virus Komputer – Cara Gratis Mengatasi Dengan Windows Defender

Virus Komputer

Adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.


Jenis Virus Komputer

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm

    Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Sedangkan untuk mengatasinya bisa menggunakan antivirus iasa. Jika menggunakan antivirus pro malah lebih optimal hasilnya.

  • Trojan

    Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri. Lokasi penyebaran yang utama yaitu akses yang terhubung ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak dipassword.

  • Backdoor

    Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

  • FAT

    Virus jenis File Allocation Table ini merupakan virus komputer yang mampu merusak file-file pada direktori tertentu. File yang terinfeksi virus jenis ini biasanya akan disembunyikan, jadi seakan file tersebut menghilang. Jadi, jika ada beberapa file di komputer kamu yang menghilang secara misterius, bisa jadi penyebabnya adalah virus FAT. Cara mengatasinya sama halnya dengan virus lain, yakni menggunakan antivirus.

  • Spyware

    Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.

  • Rogue

    Program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

  • Rootkit

    Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.

  • Polymorphic virus

    Virus yang gemar berubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.

  • Metamorphic virus

    Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.

  • Virus ponsel

    Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

  • Macro virus

    Mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yang berisi dokumen. Lokasi : melalui email dan jaringan internet.
    Cara mengatasi dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal dan juga menonaktifkan program makro.

  • Memory Resident virus

    Yaitu jenis virus yang menginfeksi RAM. Tentu saja lokasinya berada di dalam memori komputer. Virus ini akan aktif apabila sistem operasi dinyalakan. Dengan kode yang dimiliki, virus jenis ini akan mengganggu proses pamanggilan program yang seharusnya berjalan dengan normal. Efek yang ditimbulkan yaitu lemotnya sebuah sistem. Cara memproteksi yaitu dengan menggunakan antivirus dan lakukan update secara berkala.

  • Web scripting virusSebuah kode program kompleks yang berfungsi untuk mempercantik konten sebuah website. Nah… Kode inilah yang biasanya dimanfaatkan untuk mengganggu program dengan tujuan tertentu. Contoh : JS. FortnightLokasi terhubung internet, terutama email.Untuk sistem proteksi bisa dilakukan dengan menginstall Microsoft tool bawaan windows. Lakukan scan secara teratur menggunakan aplikasi ini.
  • Multipartite virus

    Adalah jenis virus yang terdiri dari file untuk menginfeksi  sistem operasi tertentu. Lokasi persembunyiannya yaitu di dalam RAM, kemudian akan menginfeksi hardisk pada tahap selanjutnya. Conto : invader, flip dan juga tequila.

    Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan adanya bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

  • FAT virus

    FAT merupakan kependekan dari File Allocation Table. Yakni jenis virus yang dibuat dengan tujuan untuk merusak file pada lokasi tertentu. Biasanya bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Efek yang ditimbulkan yaitu kemampuan untuk menyembunyikan file penting kita, sehingga sulit dideteksi dan seakan-akan hilang.

    Pencegahan : amati dan perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Apabila kita mencurigai adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, berarti itu adalah FAT virus.

  • Companion virus

    Sebuah virus untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya beada di dalam hardisk. Tetapi mempunyaiciri ekstensi yang berbeda.Contoh file kita mempunya ekstensi me.exe, maka virus membuat ekstensi lain me.com.

    Lokasi di dalam hardisk, biasanya berkumpul dengan file baru.
    Pencegahan : install scan antivirus dan juga download firewall.

  • Polymorpic virus

    Adalah jenis virus yang mempunyai kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Contoh : Marburg, tuareg dan elken.
    Cara mencegah yaitu dengan menginstall antivirus high end.

  • Directory virus

    Adalah jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain.

    Lokasi berada didalam hardisk dan berpotensi untuk mengganggu semua program. Contoh virus Dir-2.
    Penanganan : format dan install ulang semua program dan sistem operasi.

  • Macro virus

    Mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yang berisi dokumen.

    Lokasi : melalui email dan jaringan internet.
    Cara mengatasi dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal dan juga menonaktifkan program makro.

  • Boot sector virus

    Adalah jenis virus yang menginfeksi baian terkecil dalam sebuah hardisk yang disebut sektor boot.  Lokasinya bersembunyi di dalam floppy disk. Sehingga ketika sistem berjalan dia bisa berpindah kemama-mana untuk melakukan aksi infeksinya. Contoh : Polyboot.B, Anti EXE.

    Cara paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect.

  • Overwrite viruses

    Yaitu virus yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. Contoh : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.

    Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus file yang terinfeksi.

  • Direct action viruses

    Virus yang tugasnya menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yang terletak pada direktori hardisk. Jenis ini akan beraksi ketika sistem operasi dijalankan. Jenis virus ini mempunyai kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti hardisk eksternal dan flashdisk. Contoh Vienna.

    Lokasi : umumnya ada di direktori HDD. Tetapi juga mempunyai kemampuan untuk berpindah-pindah.
    Cara mengatasinya dengan menginstall scan antivirus.


Cara Mengatasi Virus Komputer (Desktop) Dengan Windows Defender

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik  atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Anti Virus bawaan Windows yang gratis atau lebih dikenal dengan Windows Defender, sudah mendapatkan banyak sekali peningkatan dan juga perbaikan di Windows 10, bahkan kini sudah ada fitur Scan Offline!

 

Windows Defender Offline start scan

Windows Defender Offline alert

 

1. Buka windows defender dengan cara double klik icon windows defender pada dekstop. Atau pergi ke menu settings, lalu pilih update & security

2. Lalu akan muncul program anti virus windows defender.

3. Untuk melakukan scanning,kita tinggal pilih diantara 3 pilihan yaitu quick,full,custom.kali ini saya akan melakukan scanning secara cepat jadi saya pilih options quick lalu klik scan now.

4. Lalu proses scanning pun berjalan,tunggu hingga selesai.

5. Setelah selesai scanning,akan terlihat pemberitahuan tentang virus dan lainnya.

6. Jika tidak ada ancaman virus maka terdapat gambar komputer dengan tanda ceklist,untuk keluar klik tanda silang pada pojok kanan atas.


Cara Kerja Virus Komputer

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.


Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Microsoft

 

          

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T22:56:10+07:00 September 14th, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment