fbpx

Cara Mengenal Kepribadian Anda Yang Sebenarnya Dengan Tes Psikologi Enneagram

Apakah Tes Psikologi Enneagram?

Enneagram merupakan nama sebuah salah satu tes psikologi untuk mengetahui tipe kepribadian manusia yang dibagi menjadi 9 jenis.

Enneagram adalah salah satu test psikologi yang dikembangkan oleh Oscar Ichazo dan Caludio Naranjo berdasarkan teori 9 (ennea) kepribadian yang dicetuskan oleh G.I. Gurdjieff. Tes enneagram mulai diperkenalkan tahun 1950 da sampai kini juga masih dikembangkan. “Tes Psikologi Enneagram Untuk Mengenal Kepribadian Anda”. Kemudian, apa saja 9 jenis kepribadian manusia itu?

Sewaktu Anda memikirkan tentang kepribadian Anda, manakah dari 9 peran berikut yang paling sesuai dengan Anda?

1. Reformator

Rasional.
Tipe idealistik: Prinsip, Tujuan, Pengendalian Diri dan Perfeksionis.

Jika Anda merasa punya standar ideal yang tinggi, mudah melihat kekeliruan yang terjadi, dianggap sebagai orang yang berlebihan saat mengkritik, dapat dimungkinkan Anda memiliki tipe kepribadian perfeksionis.

Tak hanya itu, Anda merasa bangga bila bertanggung jawab ketika melakukan sesuatu, merasa sebal bila melihat seseorang tidak berusaha melakukan dengan tepat, tidak bertanggung jawab dan tidak adil. Itu adalah ciri tipe perfeksionis.

Tipe perfeksionis cenderung mendikte orang-orang di sekitarnya untuk melakukan yang tepat dan bertanggung jawab. Akibatnya, orang tipe perfeksionis menahan kebutuhan pribadi dan kesenangan mereka. Ada kalanya tipe perfeksionis harus meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

 

2. Helper / Penolong

Pelindung.
Tipe interpersonal: Demonstratif, Dermawan, Orang-Menyenangkan dan Posesif (kepemilikan)

Jika Anda merasa begitu peka terhadap perasaan-perasaan orang lain, bisa melihat apa yang dibutuhkan orang lain meski tak mengenal mereka, merasa sebal ketika tahu apa yang dibutuhkan orang lain, tapi tak dapat membantu, bahkan susah untuk menolak, Anda memiliki tipe pemberi.

Bila tidak diperhatikan, Anda akan merasa marah. Anda sangat memperjuangkan untuk menciptakan sebuah hubungan yang baik. Itu adalah ciri-ciri dari tipe pemberi.

Tipe pemberi cenderung meyakini bahwa dirinya harus memenuhi kebutuhan orang lain untuk mendapat cinta dan dukungan. Tipe pemberi patut meluangkan waktu untuk bertanya pada dirinya sendiri apa yang dibutuhkan dan diinginkan, kemudian menjadikannya sebagai prioritas utama.

 

3. Achiever / Peraih

Berorientasi kepada kesuksesan.
Jenis Pragmatis: Beradaptasi, Unggul, Pendorong dan Kesadaran

Jika Anda selalu berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tidak bisa berdiam diri dan harus melakukan suatu kegiatan, tidak suka pada orang yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik, bahkan mengambil alih pekerjaan itu jika lambat dikerjakan, dapat dimungkinkan Anda tipe pemeran.

Anda suka berkompetisi. Meski demikian, Anda tetap anggota tim yang baik. Bagi Anda, pengakuan dan penghargaan adalah suatu hal yang penting. Itu ciri tipe pemeran.

Tipe pemeran seringkali menahan atau menghindari kinerja perasaan. Ada kalanya tipe pemeran mencoba memperlambat langkah dalam bekerja. Saatnya tipe pemeran mencoba berhenti beberapa saat untuk mengambil dan menghembuskan nafas secara perlahan.

 

4. Indivudualis

Sensitif.
Jenis Introspektif: Expresif, Dramatis, Self-Absorbed / Penerima dan Temperamental.

Jika Anda seorang yang sangat sensitif, sering merasa kesepian dan tidak ada orang yang bisa mengerti, bersikap tampak seperti drama di mata orang lain, dapat dipastikan Anda tipe Pecinta.

Selain itu, terkadang Anda ingin mendapatkan apa yang belum dimiliki dan meremehkan apa yang sudah dimiliki. Anda juga sering bertanya-tanya mengapa orang lain bisa mendapatkan lebih dari apa yang Anda miliki. Meski demikian, Anda berperilaku halus dan sopan. Itu ciri tipe pecinta.

Tipe pecinta sering terlarut dalam hal yang dianggap ideal, namun tidak terwujud. Ini menjadikan mereka cenderung kehilangan hal-hal positif. Mulai saat ini, jika Anda termasuk tipe pecinta, cobalah menghargai hal-hal kecil seperti tugas harian, pertemuan biasa dengan orang lain, dan apapun yang indah di sekitar Anda. Anda hanya butuh menghargai hal-hal yang biasa terjadi setiap hari.

 

5. Investigator / Pemeriksa

Tipe Intense / hebat / kuat.
Yang berhubungan dengan otak / Cerebral: Tanggap, Inovatif, Rahasia dan Terisolasi.

Jika Anda orang yang cukup tenang dan butuh banyak waktu untuk menyendiri, lebih suka mengamati apa yang terjadi daripada harus terlibat, tidak suka pada orang yang banyak menuntut, lebih merasa nikmat mengenang apa yang sudah dialami daripada saat menjalani, hampir tak pernah merasa bosan, senang menjalani hidup dengan sederhana, dapat dimungkinkan Anda memiliki tipe pengamat.

Tipe pengamat seringkali menghalau perasaan dan menjauh dari orang lain karena menganggap mereka mengganggu. Padahal, banyak hal yang bisa didapatkan ketika dengan orang lain. Adakalanya tipe pengamat melibatkan diri ketika beberapa orang menghampirinya.

 

6. Loyal / Setia

Komitmen.
Tipe berorientasi dengan keamanan: Terlibat, Bertanggung Jawab, Gelisah dan Mencurigakan

Jika Anda punya selera humor yang baik, sering meragukan orang-orang di sekitar, bisa melihat kelemahan seseorang yang mengerjakan suatu, dapat dimungkinkan Anda tipe skeptis sejati. Di samping Anda menghindari bahaya, Anda juga menantang bahaya. Namun, bila sekali berkomitmen, Anda setia. Benarkah demikian?

Tipe skeptis sejati cenderung ragu dan khawatir jika rasa kepercayaan dirinya hilang. Tipe skeptis sejati hanya perlu menghilangkan kecenderungan itu dengan mencoba menghadapi apapun yang tampak sebagai risiko. Jangan menghindarinya, sekali waktu memang perlu menantangnya.

 

7. Enthusiast / Semangat

Sibuk.
Tipe pecinta kesenangan: Spontan, serbaguna, Mengganggu dan Tertebar.

Apakah Anda pernah tidak percaya pada orang lain hingga mereka membuktikan bahwa diri mereka dapat dipercaya? Anda cukup tahu ketika seseorang sedang berbohong. Anda menyukai orang yang berterus terang. Di sisi lain, Anda kesulitan bertoleransi dengan kelemahan seseorang, sulit menjalankan perintah dari orang yang tidak Anda hormati, sulit menutupi perasaan ketika marah. Anda selalu siap untuk teman atau kekasih bila mereka sedang diperlakukan tidak baik. Apakah Anda seperti itu? Jika “ya”, Anda termasuk tipe pencicip.

Tipe pencicip selalu berusaha menghindari rasa takut dan sakit. Mereka juga membatasi diri dengan jalan menjauhkan diri. Sudah saatnya tipe pencicip mencoba melakukan apa-apa yang sudah disepakati untuk dilakukan karena itu adalah tanggung jawab.

 

8. Challenger / Penantang

Kuat / berpengaruh.
Tipe mendominasi: Percaya diri, Keputusan, Keras kepala dan Konfrontasi / perlawanan.

Anda bisa mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dengan baik, bisa memandang sesuatu dari segala sisi, bisa diandalkan untuk membantu orang-orang dalam mengatasi perbedaan, tidak jarang pula Anda merasa kacau kemudian mengabaikan tugas penting yang harus dikerjakan. Tidak jarang pula, ketika sedang kacau, Anda lebih memilih mengerjakan tugas-tugas kecil yang tidak terlalu penting. Anda menyukai hidup nyaman bersama orang yang bisa menerima Anda. Anda susah menunjukkan amarah. Apakah Anda orang yang seperti itu? Jika “ya”, maka termasuk tipe pelindung.

Tipe pelindung mempunyai energi besar dan kuat. Namun, terlalu berlebihan pun tak baik untuk orang-orang di sekitar. Tipe pelindung perlu memperlambat tindakan yang terlalu terburu-buru memenuhi keinginan dan menahan diri untuk terlalu berlebihan mengekspresikan hasrat


9. Peacemaker / Pendamai

Mudah bergaul.
Tipe yang melupakan diri sendiri: Reseptif / dapat menerima, Penentraman, Cocok / dapat diterima, dan Sopan.

Seorang yang tipe pengenah lebih suka menghidari konflik, mencoba untuk menyatukan orang yang sedang memiliki problem dan berusaha berdamai dengan lingkungannya. Ciri-cirinya adalah ceria, menyenangkan dan mudah menerima.  Dan demikian adalah Kepribadian Psikologi Enneagram yang terbagi menjadi 9.


Bagaimana Cara Melakukan Tes Enneagram? Ikuti Instruksi Berikut ini!

Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Total ada 14 pertanyaan yang harus Anda jawab dengan cara menandai huruf pilihan jawaban yang dirasa cocok. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban, karena jawaban Anda akan menentukan bagaimana karaktermu. Jika ragu-ragu untuk menjawab, pelajari kembali pertanyaan-pertanyaannya dengan  lebih seksama. Buka kembali memori masa lalu Anda.


Soal A : Cara untuk memecahkan masalah

  1. Apakah yang paling Anda inginkan dari orang lain?
    a. Hormat dan kepatuhan
    b. Kasih sayang dan penerimaan
    c.Jarak dan privasi
  2. Mana yang terbaik bagi Anda
    a. Memimpin orang lain
    b. Ditolong dan dilindungi
    c. Bertindak menurut cara saya sendiri
  3. Mana yang Anda anggap paling penting?
    a. Orang lain bertindak sesuai keinginan saya
    b. Berbuat sesuai harapan orang lain
    c. Menuruti kehendak saya sendiri
  4. Apa yang Anda harapkan bila bertemu orang baru?
    a. Berguna bagi saya
    b. Semoga menyukai saya
    c. Tidak akan mengganggu atau mencampuri urusan saya
  5. Sifat mana yang tidak Anda sukai?
    a. Cengeng
    b. Intelektual
    c. Agresif dan lugas (tidak berbelit-belit)
  6. Apabila ada orang mengganggu, apa yang Anda lakukan?
    a. Pamer kekuatan sehingga dia takut
    b. Berusaha menjadikan teman agar tak mengganggu
    c. Menghindar
  7. Apa yang paling menjadi perhatian dalam hidup Anda?
    a. Cita-cita dan karir
    b. Membina hubungan dengan orang lain
    c. Menjaga kehidupan pribadi


 Butir Soal B : Cara memandang kehidupan

  1. Pilih yang cocok dengan sikap Anda dalam menjalani kehidupan
    d. Saya berani menghadapi hidup
    e. Saya bisa meyesuaikan diri
    f. Hidup ini terkadang menakutkan
  2. Bagaimana cara Anda dalam membuat suatu keputusan?
    d. Saya lakukan sendiri
    e. Terlebuh dahulu merundingkan dengan orang lain
    f. Seringkali orang lain yang memutuskan
  3. Bagai mana cara mengontrol perasaan Anda?
    d. Menghadapi hidup dengan tegar
    e. Menyesuaikan diri terhadap tuntutan hidup
    f. Ikut arus kehidupan
  4. Mana yang terpenting bagi Anda?
    d. Mengatasi persoalan sesuai cara saya
    e. Menyesuaikan kebutuhan pribadi dengan kebutuhan orang lain
    f. Menjaga segala sesuatu agar tetap terkendali
  5. Kehidupan Anda akan lebih mudah bila…
    d. Tantangan mudah diatasi
    e. Segala sesuatu bisa kompromikan
    f. Komplikasi yang muncul hanya sedikit
  6. Bila muncul masalah baru
    d. Biasanya sanggup menghadapinya
    e. Melakukan kompromi dan menyesuaikan
    f. Sering kali kewalahan
  7. Ketika merenungkan kembali tindakan yang sudah dilakukan, gagasan apa yang sering muncul?
    d. Sebenarnya saya mampu melakukannya dengan mudah, tapi ternyata usaha saya berlebihan
    e. Sering terpaksa kompromi meski sebenarnya tidak perlu
    f. Ternyata masalahnya tidak sesulit yang saya duga


Cara Membuat Penilaian

Lihat jawaban Anda pada BUTIR SOAL A. Catat huruf apa yang mendapat pilihan terbanyak, apakah A, B atau C.  Lakukan cara yang sama dengan tes kedua (BUTIR SOAL B). Apakah yang terbanyak adalah jawaban D, E atau F. Selanjutnya pakailah tabel dibawah ini untuk mendapatkan jawaban tipe berapa kepribadian Anda:

 

A            B            C

D            8             3             7

E             2             6             1

F             5             9             4


Misal jawaban butir soal A yang paling banyak adalah C, sedangkan jawaban butir soal B yang paling banyak adalah F, maka Anda tergolong tipe 4 (kolom titik temu). Kemudian cocokkan kembali dengan klasifikasi 9 kepribadian Anneagram. Jika kepribadianmu nomor 4, artinya Anda seorang Romantic / Artist/ Individualist.  Selamat Mencoba!

Tes Psikologi Enneagram Untuk Mengenal Kepribadian Anda


Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Enneagram Institut, Personality And Aptitude

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T23:04:55+07:00 Juli 16th, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment