Kata Pedagogi Berasal Dari Bahasa Yunani

Arti Kata Pedagogi

Kata “pedagogi” berasal dari Bahasa Yunani kuno (paidagōgeō; dari país: anak & ági: membimbing). Secara literal berarti “membimbing anak”. Yang merujuk pada strategi pembelajaran / gaya pembelajaran.

Johann Friedrich Herbart (4 Mei 1776 – 14 Agustus 1841) adalah pendiri konseptualisasi pedagogi, atau teori pendidikan. Filosofi pendidikan yang Herbart miliki adalah menyoroti hubungan antara pengembangan pribadi dan manfaat yang dihasilkan kepada masyarakat.


Ilmu Pedagogi Adalah

Ilmu yang membicarakan masalah atau persoalan-persoalan dalam pendidikan dan kegiatan-kegiatan mendidik, antara lain seperti tujuan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya.

 

pedagogi


Dasar Teori Pedagogi

Dasar teori-teori dan asumsi itulah kemudian tercetus istilah “pedagogi” yang akar-akarnya berasal dari bahasa Yunani, paid berarti kanak-kanak dan agogos berarti memimpin. Kemudian Pedagogi mengandung arti memimpin anak-anak atau perdefinisi diartikan secara khusus sebagai “suatu ilmu dan seni mengajar kanak-kanak”. Akhirnya pedagogi kemudian didefinisikan secara umum sebagai “ilmu dan seni mengajar”.

Pedagogi  secara literal adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang mendidik anak-anak dan sering digunakan sebagai sebuah sinonim untuk suatu pengajaran. Secara lebih tepatnya, pedagogi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru.

Dalam suatu model pedagogi, contohnya seorang guru memikul tanggung jawab untuk membuat keputusan tentang apa yang akan dipelajari dan bagaimana ia akan dipelajari, dan kapan ia akan dipelajari. Guru mengarahkan pembelajaran tersebut dengan seksama kepada muridnya yang berdasarkan dengan metode perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian.


Pedagogi Tidak Hanya Bersifat Teoritis

Karena ilmu ini berkaitan dengan mengajar, praktek juga dibutuhkan. Pedagogi banyak berhubungan dengan ilmu-ilmu lain seperti: ilmu sosial, ilmu psikologi, metodologi pengajaran, sosiologi, filsafat dan lainya. Ilmu pedagogi dikhususkan untuk pendidikan anak-anak. Jika Anda ingin menekuni bidang ini, pertama, Anda harus bisa berinteraksi dan dekat dengan anak-anak bimbingan. Selain itu juga dibutuhkan empati dan kesabaran yang tinggi.

 

pedagogi


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

       
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-06T12:40:48+07:00 Maret 27th, 2016|Ilmu Pengetahuan|0 Comments

Leave A Comment