fbpx

10 Cara Menghindari Sambaran Petir

Menghindari Sambaran Petir

Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Petir terjadi karena adanya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif di atmosfer yang mengakibatkan penumpukan energi listrik. Pemanasan dan pendinginan udara yang cepat ini menghasilkan gelombang kejut yang nantinya menghasilkan petir. Dibawah ini Anda dapat menemukan “10 Cara Menghindari Sambaran Petir”.


Jangan Meremehkan Petir

Jangan meremehkan bahaya petir saat cuaca sedang buruk. Bahaya tersambar petir berakibat sangat serius mulai dari pingsan, terbakar hingga menyebabkan kematian.


10 Cara Menghindari Sambaran Petir

Sumber terbaik Anda adalah selalu mendengarkan informasi cuaca. Radio cuaca portabel sangat berguna untuk kegiatan diluar ruangan. Jika Anda tidak memiliki radio prakiraan cuaca, usahakan selalu melihat prakiraan cuaca melalui internet, TV, radio lokal atau ponsel.

  1. Jika Anda terperangkap di luar segera masuk ke dalam bangunan. Tidak ada tempat yang aman di luar. Larilah ke mobil atau bangunan yang aman setelah Anda mendengar guntur. Hindari gudang, gubuk atau kandang yang terkurung atau bangunan kecil lainnya di area terbuka, karena pada umumnya mereka tidak memiliki penangkal petir.

  2. Jika Anda berada di luar dan Anda punya tempat untuk berteduh, posisi jongkok dengan merapatkan ke dua kaki dengan tumit yang bersentuhan. Tutup telinga dengan sikut yang menyentuh lutut. Kemudian tundukan kepala serendah-rendahnya tanpa menyentuh tanah. Dengan cara itu, petir yang menyambar di dekat posisi akan mengalir ke dalam tubuh. Namun apabila ke dua tumit kaki terbuka petir akan meloncat ke dalam tubuh.

  3. Keluar dari air, kolam renang, jacuzzi dan jauhkan badan dari air. Berlindung di sebuah gedung tertutup, jendela ditutup. Air dan logam konduktor yang sangat baik mengalirkan arus listrik. Arus dari kilatan petir dengan dapat dengan mudah mengalir dengan jarak yg cukup jauh.

  4. Jangan lari atau dekat dengan sekelompok orang / gerombolan. Beri jarak 3-5 meter untuk menghindari lontaran energi jika ada petir.

  5. Di laut atau di pegunungan, singkirkan dan menjauh secepat mungkin dari benda-benda logam. Jika Anda sedang berkemah, alasi tubuh dengan ransel, matras atau bahan anti konduktor lain. Hal ini untuk menghindari tubuh agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

  6. Lepaskan dan jauhkan perhiasan dan aksesoris yang terbuat dari logam.

  7. Matikan dan jangan menggunakan telepon rumah. Penggunaan HP / telepon genggam atau komputer portabel hanya pada saat keadaan darurat saja. Pelindung atau penangkal petir elektronik tidak dapat melindungi dari serangan petir secara langsung. Cabut peralatan seperti komputer dan televisi.

  8. Jika Anda sedang mengendarai sepeda, menunggang kuda, bermain golf atau kegiatan luar lainnya, segera berhenti dan cari perlindungan.

  9. Pada umumnya, hindari dan jauhkan diri Anda dari semua benda yang “menunjuk ke langit” (pagar, tiang listrik, monumen…).

  10. Hindari lapangan, sawah, taman, gazebo, tempat penggalian, garasi, pepohonan dan area yang tinggi, karena daerah ini bukan tempat penampungan energi listrik yang efektif, selama terjadinya badai petir. Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.


Apakah Sambaran Petir Lebih Panas Dari Permukaan Matahari?

Jawabannya adalah ya. Udara di sekitar petir biasanya panas sekali, mencapai sekitar 20.000 derajat Celcius atau lebih dari 3 kali lebih panas dari permukaan matahari (diperkirakan pada 5.500 °C). Suhu udara dapat berkisar dari 8.000 hingga 30.000 °C.


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: National GeographicMotions WorksThoughtCo

             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-07-07T19:57:44+00:00 Juli 17th, 2017|IPA, Sehat & Cantik, Top 10|2 Comments

2 Comments

  1. stafaband 03/05/2018 at 7:50 pm - Reply

    Saat berkendara waktu hujan dan adanya petir sering takut, tapi apakah aman walaupun kita sedang berkendara dijalanan diwaktu ada petir?

Leave A Comment