fbpx

Berapa Kali Jantung Anda Berdetak Dalam Sehari?

Berapa Kali Jantung Anda Berdetak Dalam Sehari?

Menurut Mayo Clinic, jantung orang dewasa rata-rata berdetak 60 sampai 100 kali per menit, yang berarti 86.400 untuk 144.000 kali per hari. Beberapa atlet memiliki detak jantung yang lebih rendah karena jantung mereka biasanya lebih kuat dan dalam bentuk yang lebih baik.


Faktor Menentukan Denyut Nadi

Ada banyak faktor yang menentukan denyut jantung seseorang, termasuk kegiatan saat ini, tingkat kebugaran dan ukuran tubuh, menurut Mayo Clinic. Seseorang dapat dengan mudah memeriksa denyut jantung istirahat khusus mereka dengan memeriksa denyut nadi mereka pada leher atau pergelangan tangan selama 15 detik.


Berapa kali Jantung berdetak dalam sehari


Cara Menghitung Denyut Nadi

Setelah mendapatkan denyut nadi, seseorang kemudian mengalikan angka tersebut dengan empat untuk mendapatkan denyut per menit. Untuk denyut jantung diperkirakan, seseorang harus kalikan angka ini dengan 1.440, jumlah menit sehari, untuk melihat berapa kali jantung mereka berdetak dalam waktu 24 jam.

Bila penasaran apakah Anda memiliki denyut nadi normal atau tidak, ini caranya:

  • Letakkan dan tekan ujung jari telunjuk dan jari tengah pada pangkal ibu jari di pergelangan tangan, lipatan belakang lutut, lipat paha, atau cekungan leher depan/sisi batang tenggorokan.
  • Perhatikan jarum detik jam dan hitung denyut nadi selama 15 detik. Kalikan denyut nadi dengan angka 4. Misalnya jika selama 15 detik, denyut nadi Anda berjumlah 20, maka kalikan 20 dengan 4, dan didapatlah 80. Ini berarti nadi Anda berdenyut 80 kali per menit (20×4=80).


Ukuran Denyut Nadi Normal

Nadi manusia rata-rata berdenyut sekitar 60-100 kali per menit. Semakin sehat seseorang, semakin rendahdenyut nadinya. Namun banyak para dokter yang beranggapan jika standar denyut nadi normal tersebut harus diubah menjadi 50-70 kali per menit.

Berikut beberapa nilai normal nadi yang kita hitung dalam satuan kali permenit (frekuensi):

  • Nadi normal pada bayi dapat mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan bertambahnya umur dan berkembangnya sistem sirkulasi bayi.
  • Nadi normal bayi usia 0-3 bulan 100 – 160, usia 3-6 bulan 90 – 120, usia 6-12 bulan 80 – 120 usia 1-10 tahun 70 – 130 usia 10-18 tahun 60 – 100 kali permenit.
  • Nadi normal pria dewasa 55-75 kali permenit.
  • Nadi normal wanita dewasa 60-80 kali permenit.
  • Nadi normal ibu hamil 80-90 kali permenit.

 

Berapa kali Jantung berdetak dalam sehari


Kondisi Medis Terkait Denyut Nadi

Dua kondisi medis berikut dapat digunakan sebagai petunjuk adanya kelainan pada fungsi jantung.

1. Bradikardia

Bradikardia yaitu detak jantung yang lambat di bawah 60 per menit. Merupakan kondisi normal untuk atlet.

Denyut nadi di bawah 50 per menit dalam kondisi istirahat/ tanpa aktivitas masih tergolong normal untuk beberapa individu, apabila mereka tidak disertai dengan gejala seperti lelah, sesak napas, nyeri dada, lemah, dan palpitasi.

2. Takikardia

Takikardia yaitu detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat menghasilkan sirkulasi yang buruk dan suplai darah yang kurang dan tidak mencukupi bagian-bagian tubuh.

Denyut nadi maksimal adalah 120 per menit pada orang dewasa, apabila denyut nadi melebihi nilai tersebut maka orang tersebut wajib mendapatkan perhatian medis.

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter.

Sumber: Wonderpolis, ReferenceDenyut Nadi Normal pada Dewasa dan Anak – Mediskus

 

    
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:53:17+00:00 Maret 18th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment