Kondisi Kuku Tangan dan Kesehatan

Kuku dan Kesehatan: Baca Tanda-Tandanya

Tahukah Anda kuku Anda bisa mengungkapkan petunjuk kesehatan Anda secara keseluruhan? Sentuhan warna putih di sini, semburan kemerahan di sana atau beberapa garis atau benjolan, bisa jadi pertanda penyakit di tubuh. Masalah di hati, paru-paru dan jantung bisa muncul di kuku Anda. Teruslah membaca untuk mengetahui rahasia apa yang bisa diungkap oleh kuku Anda.

 

Apa Yang Kuku Anda Katakan Tentang Kesehatan Anda?

Lihat kuku Anda sekarang juga dan jangan abaikan!

Kuku Pucat

kuku pucat

Kuku pucat

Kuku yang sangat pucat terkadang bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti:

  • Anemia (kekurangan darah)
  • Gagal jantung kongestif
  • Penyakit hati
  • Malnutrisi

 

Kuku kebiruan

Kuku kebiruan

Kuku kebiruan

Kuku dengan warna kebiru-biruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan masalah paru-paru, seperti emfisema (adalah penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru yang umumnya menyebabkan napas menjadi pendek). Beberapa masalah jantung dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.

 

Kuku putih

Kuku putih

Kuku putih

Jika kuku sebagian besar berwarna putih dengan bagian yang gelap lebih sedikit, ini bisa mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Dalam gambar ini, Anda bisa melihat jari-jari juga kuning, tanda lain adalah adanya kemungkinan dengan masalah hati.

 

Kuku kuning

Kuku kuning

Kuku kuning

Salah satu penyebab kuku kuning yang paling umum adalah infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, tempat tidur kuku bisa ditarik kembali, dan kuku bisa menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid berat, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis. Proriasis adalah Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih.

 

Kuku bergelombang / bergerigi

Kuku bergelombang atau bergerigi

Kuku bergelombang atau bergerigi


Kuku retak atau sobek

Kuku retak atau sobek

Kuku retak atau sobek

Kuku yang kering dan rapuh yang sering retak atau pecah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Retak atau pemisahan dikombinasikan dengan rona kekuningan lebih mungkin terjadi karena adanya infeksi jamur.

Peradangan disekitar kuku

Peradangan disekitar kuku

Peradangan disekitar kuku

Paronikia (paronychia) adalah infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari-jari tangan dan kaki. Kuku yang terinfeksi tampak bengkak dan meradang.
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan pada lipatan kuku. Ini mungkin akibat lupus (inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri) atau kelainan jaringan lainnya. Infeksi juga bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada lipatan kuku.


Garis gelap di bawah kuku

Garis gelap di bawah kuku

Garis gelap di bawah kuku

Garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Mereka kadang disebabkan oleh melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya.


Kuku yang tergigit

Kuku yang tergigit

Kuku yang tergigit

Menggigit kuku Anda mungkin tidak lebih dari kebiasaan lama, namun dalam beberapa kasus ini merupakan tanda kecemasan yang terus berlanjut yang bisa mendapat manfaat dari perawatan. Menggigit kuku atau memetik juga dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.


Kuku hanya bagian dari teka-teki

Meski perubahan kuku menyertai banyak kondisi, perubahan ini jarang menjadi pertanda pertama. Dan banyak kelainan kuku tidak berbahaya – tidak semua orang dengan kuku putih memiliki hepatitis. Jika Anda khawatir dengan penampilan kuku Anda, konsultasi ke Dokter kulit Anda.

 

Tahukah Anda? Tumbuh kuku jari tangan 4 kali lebih cepat

Tumbuh kuku jari tangan 4 kali lebih cepat. Tumbuhnya kuku jari tangan dalam satu minggu +- 0,5 – 1,5 mm, 4 kali lebih cepat dari tumbuhnya kuku jari kaki. Klik disini untuk informasi klebih lanjut tentang tumbuh kuku jari tangan 4 kali lebih cepat.

Kuku Tangan


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter.

Sumber bacaan: Web MDMedical News Today

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-10-25T20:21:29+00:00 Oktober 10th, 2017|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment