Gunung Es Perito Moreno Di Argentina – Patagonia Yang Menakjubkan

Formasi Gunung Es Perito Moreno Di Argentina – Patagonia Yang Masih Hidup

Formasi Gunung es Perito Moreno seluas 250 km persegi & panjang 30 km ini merupakan satu dari 48 gletser yang terbentuk dari pegunungan Andes.

Gletser tidak biasa karena semakin maju, sementara sebagian besar gletser di seluruh dunia mundur. Alasannya masih diperdebatkan oleh para ahli glasiologi. Ujung gletser Perito Moreno seluas 5 km, dengan tinggi rata-rata 74 m di atas permukaan air Danau Argentino, di Argentina. Ini memiliki kedalaman es total 170 meter.

Ujung penghabisan gletser gunung Perito moreno

Ujung pemberhentian terakhir gletser gunung Perito moreno di danau “De Argentino”.


Pariwisata Gunung Es Perito Moreno

Gunung es Perito Moreno terletak di ujung selatan benua Amerika, Argentina, Patagonia menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Berupa gunung, hutan, danau, glaster (es besar yang berasal dari akumulasi endapan salju) yang menakjubkan.

Karena ukuran dan aksesibilitasnya, Perito Moreno adalah salah satu tempat wisata utama di Patagonia selatan. Kurang dari 2 jam dengan bus dari El Calafate, dan banyak perusahaan tur menjalankan kunjungan sehari-hari. Sebuah pusat pengunjung besar di lokasi ini memiliki sirkuit jalan kaki yang memungkinkan pengunjung melihat sisi selatan dan tepi timur gletser yang menghadap ke timur.

Runtuhan Gunung Es Perito Moreno

Sebagian besar es runtuh seiring kemajuan atau gerakan alami gletser.


Cara Mengunjungi Gunung Es Perito Moreno

Untuk sampai ke Perito Moreno Glacier Anda terlebih dahulu harus pergi ke El Calafate di provinsi Santa Cruz di Argentina. El Calafate memiliki bandara, terhubung ke beberapa kota di Argentina, namun koneksi utama datang dari Buenos Aires, Bariloche dan Ushuaia.

Anda juga dapat melakukan perjalanan ke El Calafate dengan bus dari Puerto Natales (perjalanan 6 jam yang mudah). Dari El Chalten (hanya 3 jam), atau berjalan kaki dari San Carlos de Bariloche (24 jam melelahkan).

Begitu Anda berada di El Calafate menuju ke Perito Moreno Glacier cukup mudah. Anda bisa memesan tur termasuk transportasi, menyewa mobil atau taksi, atau melakukan apa yang kami lakukan dan naik bus lokal.

Gunung Es Perito Moreno

Pemandangan gunung Es Perito Moreno di Argentina – Patagonia yang menakjubkan!


Panorama Bagian Utara Gletser

Dalam beberapa tahun terakhir, trekking wisata di atas es telah mendapatkan popularitas. Dua tur standar adalah pilihan “mini-trekking”, yang terdiri dari berjalan kaki sekitar satu setengah jam dan versi “es besar”, yang biasanya sekitar 5 jam. Perusahaan tur umumnya memberikan crampon (alas sepatu yang bergigi besi dan anti selip untuk mendaki gunung es / salju) kepada pelanggan.

Gunung Es Perito Moreno Di Argentina - Patagonia

Gua gletser di tepi pegunungan es.


Apakah Gletser Itu?

Endapan salju yang telah membatu dalam jangka waktu yang lama.

Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu geologi. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi.

Gletser merupakan reservoir terbesar air tawar di Bumi. Gletser juga dapat terbentuk dari pembekuan air akibat musim dingin, lalu ketika temperatur tinggi gletser akan mencair sehingga menjadi sumber air tawar bagi mahluk hidup.

Karena massa glasial dipengaruhi oleh perubahan jangka panjang iklim, misalnya, curah hujan, suhu rata-rata, dan awan, perubahan massa glasial dianggap salah satu indikator yang paling sensitif dari perubahan iklim dan merupakan sumber utama dari variasi permukaan laut.

Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada di daerah kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat di pegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.

Bongkahan besar gletser yang berwarna biru disebabkan karena besarnya kuantitas air yang terakumulasi pada gletser. Sebab, molekul air sangat baik dalam menyerap berbagai warna kecuali biru. Alasan lain, karena kandungan gelembung udara pada gletser kurang.

santacruz - gunung es perito moreno 2

Pemandangan udara gletser, diambil dua minggu sebelum pecah tahun 2004.


Bagian Dari Gletser Perito Moreno Ambruk – Video

Potongan gletser Perito Moreno di Argentina runtuh pada hari Kamis, 10 Maret 2016 saat potongan besar es pecah dan jatuh ke air. Gletser Patagonian yang dikenal sebagai “Giant Putih” adalah salah satu atraksi terbesar di Argentina. Sungai es sepanjang 30 km panjangnya berakhir di dinding tipis yang menghalangi Lago Argentino dimana potongan-potongan besar jatuh ke air dari waktu ke waktu.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oh begitu ya…” akan semakin sering terdengar, jika Anda me-download aplikasi kita.

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Los GlaciaresNomadasaurusAtlas Obscura
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-10-12T08:50:56+00:00 Oktober 11th, 2017|Geografi & Sejarah|2 Comments

2 Comments

  1. John 11/10/2017 at 2:55 pm - Reply

    Wow amazing. Fotonya bagus-bagus. Jadi ingin pergi…
    Thanks for sharing 🙂

    • Pinter Pandai 19/10/2017 at 8:44 am - Reply

      Hi John, iya bagus banget ya 🙂

Leave A Comment