fbpx

Lubang Putih di Alam Semesta – White Hole

Lubang Putih

adalah bidang ruang waktu hipotetis yang tidak bisa dimasuki dari luar, meskipun materi dan cahaya bisa lepas darinya. Dalam pengertian ini, lubang putih adalah kebalikan dari lubang hitam, yang hanya dapat dimasuki dari luar, sementara materi dan cahaya tidak dapat lepas darinya.

Lubang putih muncul dalam teori lubang hitam kekal. Selain lubang hitam dari masa depan, solusi persamaan medan Einstein memiliki bidang lubang putih dari masa lalu.

Namun, bidang ini tidak ada untuk lubang hitam yang terbentuk melalui keruntuhan gravitasi, juga tidak ada proses fisik yang diketahui tentang bagaimana lubang putih bisa terbentuk. Meskipun informasi dan bukti mengenai lubang putih tetap tidak meyakinkan, GRB 060614 2006 telah diusulkan sebagai kejadian terdokumentasi pertama darinya.

 

Lubang putih merupakan konsep matematika teoritis

Lubang putih dibuat saat astrofisikawan secara matematis menjelajah lingkungan di sekitar lubang hitam, tapi berpura-pura tidak ada massa di dalam horizon peristiwa.

Lubang putih merupakan konsep matematika teoritis. Ia  bukanlah sesuatu yang benar-benar ada. Astronom  tidak mendeteksi ledakan radiasi yang tak biasa dan kemudian mengembangkan hipotesis model lubang putih untuk menjelaskannya.

Jika lubang putih benar-benar ada, menurut prediksi matematika perilaku mereka akan berkebalikan dengan lubang hitam. Alih-alih menghisap materi ke dalam, lubang putih justru akan menyemburkan materi ke luar angkasa seperti air mancur cokelat putih.

Salah satu implikasi lain dari konsep matematika lubang putih adalah bahwa mereka hanya ada secara teoritis selama tidak ada setitik pun materi dalam horizon peristiwa. Begitu sebuah atom hidrogen memasuki wilayah itu, keseluruhan lubang putih akan runtuh. Seandainya pun lubang putih terbentuk di awal terbentuknya alam semesta, mereka sudah pasti runtuh sejak lama, karena alam semesta kita telah diisi oleh materi liar.

 

Lubang putih

Hubble Spektakuler Sombrero. Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah melatih mata tajamnya pada salah satu galaksi paling megah dan fotogenik di alam semesta, Messier 104. Ciri khas galaksi adalah inti putih dan bulat yang cemerlang yang dikelilingi oleh jalur debu tebal yang terdiri dari struktur spiral galaksi. Sumber foto: NASA

 

Asal mula lubang putih

Kemungkinan adanya lubang putih dikemukakan oleh kosmolog rusia Igor Novikov pada tahun 1964. Lubang Putih yang diprediksi sebagai bagian dari solusi untuk persamaan medan Einstein dikenal sebagai versi metrik Schwarzschild-diperpanjang maksimal menggambarkan lubang hitam kekal tanpa isi dan tanpa rotasi. “Diperpanjang maksimal” disini mengacu pada gagasan bahwa ruang dan waktu tidak harus memiliki “tepi”: untuk setiap kemungkinan lintasan jatuh bebas partikel (mengikuti geodesik) dalam ruang-waktu, seharusnya memungkinkan untuk melanjutkan lintasan ini secara asal, jauh ke dalam partikel masa depan, kecuali jika lintasan ini memotong singularitas gravitasi seperti yang ada di pusat interior lubang hitam.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: WikipediaUniverse Today

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T11:32:46+07:00 Maret 20th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment