fbpx

Solstice, Ekuinoks Titik Balik Matahari

Solstice Titik Balik Matahari

Rotasi Bumi pada titik balik matahari di bulan Juni terjadi bila Hemisfer Utara Bumi miring ke arah matahari dan Hemisfer Selatan Bumi miring menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Panas. Titik Balik Juni biasanya pada 21 Juni.

Titik Balik Desember terjadi saat Hemisfer Selatan Bumi condong ke arah Matahari dan Hemisfer Utara condong menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Dingin. Titik Balik Desember biasa terjadi pada 21 Desember.

 

Siang Hari Terpanjang dan Terpendek

Jika Kutub Utara lebih dekat ke Matahari, Kutub Utara dan negara-negara di bagian utara Bumi akan mengalami musim panas dan akan ada 1 hari mereka mengalami siang hari terpanjang.

 

Karenan penyebab pastinya tak diketahui, pengaruhnya (hingga ada hari yang panjang maupun pendek) dikenal di banyak budaya kuno. Banyak budaya pra-Kristen, seperti kepercayaan Druid, Jermanik, dan Norman memperingati peristiwa-peristiwa sebagai hari besar.

Saat budaya-budaya seperti itu musnah, Kristen mengambil alih beberapa perayaan itu, yang kemudian dipakai untuk para santo mereka. Tanggal Natal dalam kepercayaan Katolik dan Kristen hanya 3 hari dari titik balik Desember.

Kini, banyak orang memperingati titik balik sebagai hari libur.

 

Solstice titik balik matahari musim dingin

Titik balik matahari musim dingin adalah keadaan di mana sinar matahari secara bertahap bermigrasi ke selatan. Ketinggian matahari di atas cakrawala di siang hari adalah 47 derajat lebih rendah ketimbang enam bulan sebelumnya. Fenomena ini juga menandakan matahari tampil di siang hari di ketinggian terendah, di atas cakrawala.

Fenomena ini biasanya terjadi di 21-22 Desember setiap tahun. Fenomena ini juga menunjukkan bahwa wilayah bumi bagian selatan akan mengalami siang yang lebih panjang, sebab matahari akan terbenam lebih lambat. Sedangkan di belahan bumi bagian utara, wilayah tersebut akan mengalami siang terpendek dan malam terpanjang.

Sebagian besar kebudayaan memiliki perayaan titik balik matahari musim dingin. Misalnya di Persia, titik balik matahari ini menandai kelahiran Mithras, Raja Matahari. Sementara pada 25 Desember diadakan festival Romawi mewah yang dinamakan Saturnalia. Saturnalia dirayakan di sekitar waktu musim dingin. Selain itu, pada 275 Masehi, Kaisar Romawi Aurelian memperingati hari raya yang bertepatan dengan fenomena tersebut, Die Natalis Invicti Solis.

 

Solstice titik balik matahari musim panas

Titik balik matahari musim panas merupakan sebuah fenomena yang terjadi di saat kutub utara bumi miring ke arah matahari sedangkan kutub selatan menjauhi matahari. Di bagian utara akan mengalami musim panas, sedangkan bagian selatan akan mengalami musim dingin. Pada saat terjadinya fenomena ini, bumi memiliki kemiringan sampai 23,7 derajat.

Istilah ini dikenal karena keberadaan Matahari di titik paling utara menandai berlangsungnya siang yang panjang di belahan Utara atau malam terpendek sepanjang tahun. Pada saat itu, Matahari tidak akan terbit tepat di timur tetapi agak lebih ke utara dari arah timur dan akan terbenam juga lebih ke utara dari arah barat. Tapi bagi masyarakat belahan Selatan, keberadaan Matahari di atas khatulistiwa merupakan titik balik musim dingin yang menandai peralihan musim gugur ke musim dingin dan mereka akan mengalami hari terpanjang sepanjang tahun.

Di saat fenomena ini terjadi, kutub utara tidak akan mengalami matahari tenggelam, sedangkan kutub selatan tidak akan mengalami matahari terbit.

Earth-lighting-summer-solstice EN.png

Penerangan Bumi oleh Matahari pada hari titik balik matahari musim panas di belahan bumi utara. Sumber foto: CC BY-SA 2.0Link – Wikimedia

 

Ekuinoks Titik Balik Matahari

Ekuinoks terjadi dua kali setahun (sekitar 20 Maret dan 22 September) ketika sumbu Bumi tidak terinklinasi terhadap Matahari, dan pusat Matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa Bumi. Istilah ekuinoks dapat pula digunakan untuk arti yang lebih luas, yaitu tanggal saat peristiwa semacam ini terjadi.

Nama “ekuinoks” berasal dari bahasa Latin aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.

 

Ekuinoks titik balik matahari musim semi

Ekuinoks vernal (bahasa Inggris: vernal equinox) atau titik Musim Semi Matahari menandai dimulainya musim semi astronomis. Titik ini tejadi sekitar tanggal 20 Maret di belahan bumi utara dan 23 September di belahan bumi selatan.

 

Ekuinoks titik balik matahari musim gugur

Hari pertama musim gugur dan awal dari periode malam yang panjang di Kutub. Di belahan bumi utara: 22 September (Matahari melintasi Khatulistiwa yang bergerak ke selatan). Di belahan bumi bagian selatan: 20 Maret (Matahari melintasi Khatulistiwa yang bergerak ke utara).

 

Kenapa Musim Bisa Berbeda-beda?

Jawabannya dapat ditemukan dalam cara Bumi bergerak dalam kaitannya dengan Matahari.

Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang “Kenapa Musim Bisa Berbeda-beda”

 

Tanggal Ekuinoks dans Solstice

Ekuinoks musim Semi / Bunga (21 Maret)

Hemisfera Utara = musim Bunga
Hemisfera Selatan = musim Luruh
Siang = 12 jam
malam = 12 jam
matahari tegak di atas kepala = garisan Khatulistiwa

Solstice musim Panas (21 Juni)

Hemisfer Utara = musim Panas
Hemisfer Selatan = musim Sejuk
Siang= 24 jam
Malam= 24 jam
Matahari tegak di atas kepala = garisan Sartan

Ekuinoks musim Luruh / Gugur (23 September)

Hemisfera Utara = musim Luruh
Hemisfera Selatan = musim Bunga
Siang = 12 jam
malam = 12 jam
matahari tegak di atas kepala = garisan Khatulistiwa

Solstice musim Dingin (22 Desember)

Hemisfera Utara = musim Sejuk
Hemisfera Selatan = musim Panas
Siang = 24 jam
malam = 24 jam
matahari tegak di atas kepala = garisan Jadi

 

Berapa derajatkah kemiringan bumi dan fungsi untuk apa ?

Sudut kemiringan bumi 23,5º terhadap garis tegak lurus. Kemiringan bumi berguna bagi daerah kutub bumi baik kutub utara dan kutub selatan dalam hal memperoleh sinar Matahari.

Selama Bumi mengelilingi Matahari dalam waktu 365¼ hari atau 1 tahun. 6 bulan lamanya kutub utara mendapat sinar Matahari dan enam bulan berikutnya kutub selatan yang mendapat cahaya Matahari. Seandainya sudut kemiringan bumi 90º terhadap garis datar.

Maka kutub – kutub bumi akan gelap selamanya. Perlu diketahui: matahari di kutub utara tidak pernah terbenam selama 6 bulan demikian juga di kutub selatan.

 

Contoh perayaan budaya tentang solstice titik balik matahari musim dingin

Festival Dongzhi Titik Balik Matahari Musim Dingin di China

Adalah salah satu festival paling penting yang dirayakan masyarakat Tionghoa dan bangsa Asia Timur lainnya pada saat panjang hari paling pendek dalam setahun atau sekitar tanggal 22 Desember.

Pada saat perayaang Dongzhi, matahari berada pada posisi 23,5° Lintang Selatan dan bergerak menuju utara. Itulah sebabnya hari pelaksaan Dongzhi (menurut observasi langit) sedikit berebeda setiap tahunnya. Pada tahun 2010 terjadi pada tanggal 22 Desember, tahun 2011 pada tanggal 22 Desember, dan tahun 2013 pada tanggal 21 Desember. Dongzhi biasanya jatuh pada tanggal 21 bila tahun tersebut berada di bawah pengaruh shio Tikus, Naga dan Monyet.

 

Sembahyang La-jiu

Bulan ke-12 penanggalan Imlek dinamakan la-yue dan sembahyang khusus pada bulan itu disebut la-jiu ntuk menghormati dewa pertanian Shennong. Kucing dan harimau juga dianggap membantu mengamankan pertanian: kucing menangkap tikus dan harimau memangsa babi hutan yang merupakan hama pertanian.

Setelah sembahyang, masyarakat melanjutkan festival dengan perjamuan makan besar-besaran. Sekarang ini la-ji tidak lagi dilakukan, sebagai gantinya diadakan sembahyang Dongzhi pada tanggal 22 Desember. Pada masa Dinasti Zhou, orang-orang saling memberi selamat karena telah berhasil melewati musim dingin yang paling dingin dan sinar matahari menguat kembali.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Athropolis

                         

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-23T17:24:06+07:00 April 7th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment