Mengapa setelah menghirup gas helium suara seseorang terdengar sangat nyaring?

Mengapa setelah menghirup gas helium suara seseorang terdengar sangat nyaring?

Karena jika Anda menghirup gas helium, secara bertahap akan menggantikan udara di saluran pernafasan Anda. Suara yang dihasilkan oleh pita suara Anda kemudian akan bergerak hampir 3 kali lebih cepat dalam gas helium ini daripada di udara terbuka. Karena sifat gas helium bersifat ringan, gas helium terdorong oleh rongga dada dengan cepat. Hal ini kemudian memiliki frekuensi yang lebih tinggi, yang menghasilkan nada yang lebih tinggi. Maka dengan menghirup helium, hal ini dapat meningkatkan kecepatan nada suara Anda.

 

Kepercayaan yang ada tentang menghirup helium

  • Beberapa orang berpikir bahwa helium mengubah nada suara Anda. Namun pada kenyataannya, pita suara Anda bergetar pada frekuensi yang sama. Helium benar-benar mempengaruhi kualitas suar suara Anda dengan membuatnya lebih responsif terhadap suara frekuensi tinggi.

  • Meski suaranya kemudian menyebar melalui udara untuk sampai ke telinga Anda, frekuensinya tetap sama yang dikeluarkan dari pita suara Anda. Hal ini yang menjelaskan suara kartun kecil seperti Donald Bebek (atau cempreng) setelah menghirup gas helium yang Anda dengar dan tertawa setiap saat Anda mendengarkannya.

 

Menghirup gas helium

Mengapa setelah menghirup gas helium suara seseorang terdengar sangat nyaring?

 

Helium merupakan unsur kedua yang berlimpah

Helium adalah unsur paling melimpah kedua di alam semesta yang dikenal (hidrogen adalah yang paling melimpah). Menghirup beberapa napas helium biasanya tidak berbahaya. Pernapasan banyak helium, bagaimanapun, bisa berbahaya.

 

Kegunaan gas helium dalam kesehatan

Sebenarnya, helium bisa membantu dalam beberapa kasus. Memiliki penyakit paru obstruktif kronik dengan campuran helium dan oksigen. Kepadatan rendah Helium dapat membantu memperbaiki aliran udara di paru-paru orang dengan penyakit paru-paru obstruktf.

 

Bahaya menghirup gas Helium secara berkepanjangan

Inhalasi helium yang berkepanjangan dapat menyebabkan jumlah oksigen yang tidak memadai di paru-paru dan darah. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan cedera otak, kasus yang jarang terjadi, bahkan kematian. Beberapa embusan helium dari balon biasanya bukan masalah besar.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Lives SienceMental FlossWonderpolis

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:26:36+00:00 Januari 12th, 2018|Lainnya|1 Comment

Leave A Comment