fbpx

Mitologi Yunani Kuda Arion Yang Abadi, Lincah Dan Dapat Berbicara

Siapakah Arion Dalam Mitologi Yunani dan apa yang dia lakukan?

AREION (Arion) adalah kuda abadi yang lahir dari dewi Demeter setelah Poseidon memperkosanya dengan samaran kuda. Kuda Arion ini pertama kali dimiliki oleh Arkadian Onkios (Oncius), kemudian Herakles (Heracles) dan akhirnya Adrastos (Adrastus).

 

Mitologi Yunani Kuda Arion

Dalam motologi Yunani, kuda Arion adalah kuda yang abadi dan lincah. Dia dibesarkan oleh para dewa dan kuda Arion dapat berbicara.

Arion atau Areion adalah anak dari Poseidon dan Demeter. Poseidon bernafsu dan mengejar saudarinya, Demeter, tidak lama setelah penculikan Persefone. Demeter mencoba bersembunyi dari saudaranya dengan cara berubah menjadi kuda betina dan bersembunyi di antara kuda-kuda lain di Arkadia. Namun Poseidon berhasil menemukannya. Poseidon berubah menjadi kuda jantan lalu memperkosa Demeter sampai Demeter melahirkan seekor kuda jantan bernama Arion dan seorang putri bernama Despoina.

Arion kemudian dipelihara oleh Onkios di Arkadia. Arion sangat lincah dan cepat dibandingkan kuda-kuda lainnya, Arion juga bisa berbicara bahasa manusia. Herakles mengambil Arion dan memberikannya pada Adrastos, raja Argos.

Dalam perang Tujuh Melawan Thebes, Arion ikut berperan dalam menyelamarkan nyawa Adrastos. Arion menjauhkan Adrastos dari medan pertempuran dan membawanya ke Athena.


Kehidupan Mitologi Yunani Kuda Arion

Arion adalah kuda legendaris (mampu melakukan supersonik dan membawa banyak pahlawan), yang oleh Poseidon dikemukakan oleh Demeter; karena untuk melarikan diri dari pencarian Poseidon, sang dewi telah bermetamorfosis menjadi seekor kuda betina dan Poseidon menipunya dengan mengasumsikan sosok seekor kuda. Demeter kemudian melahirkan kuda Arion dan Despoine, yang menjadi dewi kecil yang fungsi utamanya merawat salah satu kuil Demeter.

Dalam versi alternatif, kepada penyair Antimachus, kuda dan Caerus ini adalah keturunan Gaea; Padahal, menurut tradisi lain, Poseidon atau Zephyrus melahirkan kuda itu oleh seekor Harpy. Cerita lain terkait, bahwa Poseidon menciptakan Arion dalam kontes dengan Athena. Dari Poseidon kuda melewati tangan Copreus, Oncus dan Herakles, yang darinya ia diterima oleh Adrastus.

Arion sangat lincah dan cepat daripada kuda-kuda lainnya. Meskipun sebagai kuda paling lincah, Pegasus lebih popouler daripada Arion karena Pegasus memiliki sayap. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Arion juga bisa berbicara dengan bahasa manusia, sedangkan sumber lain mengatakan hanya Poseidon dan keturunannya yang bisa bicara dengan Arion serta kuda lainnya.

Dari kesebelas tugas, Hercules juga mengambil Arion dan memberikannya kepada Adrastos, raja Argos. Karena sangat lincah, Arion juga ikut menyelamatkan Adrastos dalam Perang Argos-Thebes atau Perang Tujuh Melawan Thebes. Dia menjauhkan Adrastos dari medan perang dan membawanya ke Athena.


Kuda Arion

 

Siapakah Dewa Kuda?

Dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah salah satu dari 12 Dewa Olimpus Yunani kuno. Dia adalah dewa Laut, gempa bumi dan kuda. Pada Zaman Perunggu Pra-Olimpia Yunani, ia dihormati sebagai dewa utama di Pylos dan Thebes.

Pegasus adalah salah satu makhluk paling terkenal dalam mitologi Yunani. Dia adalah kuda jantan bersayap yang biasanya digambarkan sebagai warna putih murni. Dia dikaruniai Poseidon, dalam perannya sebagai dewa kuda dan disandera oleh Medusa Gorgon.

 

Bacaan Lainnya

 

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: TheoiGreek Mythology

          
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T22:56:32+00:00 September 24th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment