Patung Liberty berada di pulau Liberty, New York City

3 min read

Patung Liberty new york

Patung Liberty berada di pulau Liberty, New York City

Patung Liberty ini awalnya dibuat di negara Perancis dan di rakit di pulau Liberty. Bahan patung ini terbuat dari perunggu.

Patung Liberty diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara.

Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.

 

Patung Liberty merupakan hadiah dari Pemerintah Prancis

Sebagai simbol persahabatan antara AS dan Prancis sekaligus dalam rangka 100 tahun deklarasi kemerdekaan Negeri Paman Sam. Oleh karena itu, patung yang juga disebut Liberty Enlightening the World dalam bahasa Inggris dan La Liberté éclairant le monde, dalam bahasa Prancis ini merepresentasikan sebuah kebebasan dan demokrasi dalam bernegara.

 

Sejarah Patung Liberty

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat & merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi & Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya.

Pada tahun 1984, Patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Pembuatan Patung Liberty

Dalam membangun Patung Liberty. Bartholdi tidak sendiri. Untuk menyusung rangka dan tulang penyusun patungnya. Bartholdi meminta bantuan arsitek baja terkenal Alexandre Gustave Eiffel. Eiffel adalah perancang dan pembangun menara ikonik Perancis, Menara Eiffel.

Pada tahun 1876, lengan patung Liberty di bawa ke Philadelphia. Lengan yang berukuran 9,1 meter dibawa dengan modal 50 sen. Lengan inilah yang akan dijadikan ruangan. Bartholdi berharap inilah satu-satunya patung yang bisa dimasuki.

Di Amerika sendiri dilaksanakan proyek pembangunan pondasi Patung Liberty. Jendral Charles. P Stone dipanggil sebagai pembuat pondasi berdirinya Patung Liberty. Arsitek pembuat pondasi adalah seorang desainer terkenal New York, Richard Moris Hunt. Bartholdi sendiri yang memilih lokasi berdirinya Patung Liberty.

 

Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan:

                    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya