Lipoma adalah tumor lemak jinak (benjolan kulit) – Gejala, Perawatan, Risiko

Lipoma

Lipoma adalah tumor jinak yang terdiri dari lemak yang biasanya tidak menyebabkan komplikasi. Hal ini terutama memalukan bagi orang yang terkena dampak estetis ketika terletak di tingkat kulit. Asal usul jenis tumor ini tidak diketahui dengan pasti. Patologi ini terutama mempengaruhi orang dewasa antara 40 dan 60 tahun. Perawatan, bila perlu, adalah operasi.

Berbentuk seperti bola lembut jika disentuh. Lemak di dalamnya persis sama dengan lemak subkutan normal. Bervariasi dalam ukuran, dapat muncul di berbagai bagian tubuh: khususnya di leher, dada, lengan atau payudara, ketika itu adalah lipoma kulit. Tapi itu bisa ada hampir di mana saja di dalam tubuh (perut, paru-paru, otak, hati, dll.). Ini adalah tumor jinak yang tumbuh secara bertahap. Tidak seperti tumor ganas, sel-sel dalam lipoma tidak bermigrasi ke organ lain dan tidak bermetastasis. Mereka paling sering kecil, dan 80% di antaranya kurang dari 5 cm, yang lain tidak melebihi 10 cm.

Apakah lipoma menyakitkan?

Dalam sebagian besar kasus, lipoma tidak menunjukkan gejala: tidak ada gejala dan tidak menyakitkan. Namun, para ahli memperkirakan bahwa tumor lemak jinak ini menyakitkan pada 25% kasus: mungkin khususnya pertanyaan tentang lipoma yang terletak di dekat saraf, menyebabkan nyeri saraf.

Peringatan: lebih jarang, kita dapat mengamati perkembangan fibrolipoma saraf (juga disebut fibrolipomatous hamartoma) yang sesuai dengan perkembangan lipoma di saraf, menyebabkan rasa sakit dan parestesia – kesemutan… Bahkan lebih jarang (kurang dalam 1% kasus), lipoma berkembang di sendi (terutama di lutut) dan rasa sakit kemudian mekanis: itu terjadi selama gerakan.

Apakah ini kanker?

Lipoma didefinisikan sebagai “tumor non-kanker pada jaringan lunak”: oleh karena itu tidak ada pertanyaan yang mengkhawatirkan!

Di sisi lain, konsultasi dengan dokter kulit diperlukan jika lipoma menjadi menyakitkan, jika berubah penampilan (jika tumbuh, jika berubah warna atau jika berubah bentuk, misalnya), jika menjadi keras pada kulit. sentuh, atau jika menjadi bergerak (jika “berguling” di bawah jari) atau tidak bergerak (jika memberi kesan “menempel” pada jaringan).

Penyakit ini hanya dapat menjadi kanker dalam kasus yang sangat jarang! Tetapi diagnosis yang tepat dapat memberi tahu, bahwa hal ini berjenis kanker atau tidak.

Baca juga: Tumor | Pengertian, Contoh, Inisiasi, Penyebab, Proses Dalam Karsinogenesis

Jenis-jenis lipoma dan variannya

  • Subkutan: tumor yang terlihat seperti bola (benjolan) lemak lembut di bawah kulit. Ini adalah bentuk yang paling umum.
  • Lipoma jinak lainnya jauh lebih jarang. Ini bisa berupa:
    • Fibrolipoma.
    • Mesenkimoma jinak.
    • Lipoblastoma: terjadi pada bayi atau anak di bawah 3 tahun.
    • Pleomorfik: terutama pada pria di atas 45 tahun.
  • Heterotopik: ini adalah yang mengandung sel lemak yang terkait dengan jenis sel lain, dari jaringan lain. Mereka bisa berupa lipoma intramuskular, lipoma arborescent, fibrolipoma saraf, lipoma parosteal…
  • Hibernoma: Ini adalah yang terdiri dari lemak tertentu, lemak coklat.
  • Tumor ganas dari keluarga lipoma.
    Mereka jauh lebih jarang daripada lipoma jinak:

    • Liposarkoma yang dapat berdiferensiasi baik, atau berdiferensiasi.
    • Liposarkoma miksoid.
    • Liposarkoma pleomorfik.

Penyebab

Penyebabnya tidak sepenuhnya jelas. Mereka cenderung berjalan dalam keluarga, jadi faktor genetik mungkin berperan dalam perkembangan mereka.

Ketika penyakit ini terjadi, itu karena sel-sel lemak atau adiposit telah berkembang biak di sana. Asal usul proliferasi sel penyimpan lemak ini tetap tidak dapat dijelaskan. Faktor genetik (keturunan) tampaknya berperan dalam kejadiannya, tetapi mekanisme pemicu dan faktor lain yang terlibat tidak diketahui. Evolusi mereka menuju penyembuhan spontan juga merupakan misteri.

Beberapa orang dapat menderita lipomatosis: dalam hal ini mereka memiliki beberapa lipoma di tubuh.

Beberapa lipoma (benjolan lemak) di tubuh

Beberapa lipoma (benjolan lemak) di tubuh. Sumber foto: Wikimedia Commons

Apa saja gejalanya?

Gejalanya dapat bervariasi tergantung pada jenis lipoma dan lokasinya. Pada saat pemeriksaan, penyakit ini berupa seperti bola (benjolan) dengan konsistensi lunak atau elastis, berbatas tegas, dan dengan ukuran yang bervariasi. Terkadang tumor disertai dengan rasa sakit. Rasa sakitnya cukup jarang, mereka dihasilkan dari kompresi jaringan lain yang terletak di dekatnya.

Apa diagnosis lipoma?

Pengamatan dan palpasi benjolan lunak di area tubuh dapat mengarahkan dokter atau dokter kulit ke lipoma.

Benjolan lemak adalah massa dengan konsistensi lunak atau elastis dan bergerak terhadap struktur di sekitarnya, tidak inflamasi dan berbatas tegas. Ketika ukurannya masih kecil dan dangkal, USG dapat membuat diagnosis dan mencari tahu apakah ada risiko berubah menjadi kanker. Dalam kasus lipoma dalam, MRI mungkin diperlukan.

Biopsi dapat mengkonfirmasi diagnosis pada benjolan lemak: fragmen tumor diambil dan kemudian dianalisis.

Apa saja pengobatannya?

Pilihan perawatan tergantung pada sifat benjolan lemak dan lokasinya. Meskipun penyakit ini tidak menyebabkan ketidaknyamanan, itu tidak memerlukan perawatan khusus.
Namun demikian disarankan untuk memantau penyakit ini yang tidak dioperasi untuk melihat apakah tidak tumbuh, atau jika menjadi mengganggu.

Perawatan yang merepotkan melibatkan pembedahan, sedot lemak, atau pengangkatan lipoma (lipektomi). Ketika benjolan lemak dioperasi, maka secara rutin dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.
Sedot lemak menyebabkan lebih sedikit jaringan parut, tetapi meninggalkan selubung lipoma di tempatnya dan menempatkan Anda pada risiko kekambuhan.

Dalam kasus banyak jenis subkutan, atau dalam kasus seseorang yang tidak dapat menjalani operasi, alternatifnya adalah menyuntikkan kortikosteroid ke dalam benjolan lemak untuk mengurangi volumenya.

Apa pendekatan pelengkap untuk lipoma?

Homoeopati.
Dalam homeopati, diusulkan untuk mengobatinya terutama dengan bantuan dua zat: Thuya occidentalis dan / atau Baryta carbonica (yang juga bekerja pada kutil atau jerawat), terutama dalam kasus lipoma yang terletak di leher dan punggung.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini 👉 untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya

Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini 👉 untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, NHS UKMayo Clinic

Sumber foto (utama): Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-08-28T04:39:29+07:00 Juli 27th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment