PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Rahasia Acropolis dan Parthenon, Perabadan Yunani Kuno Telah Terungkap

9 min read

Acropolis yunani kuno

Rahasia Acropolis Yunani Kuno Terungkap

Bayangkan diri Anda di Acropolis Yunani Kuno, kota Athena. Parthenon yang megah yang berada di jantung bukit Acropolis yang terkenal adalah ciptaan paling cemerlang dari Athena Demokratik. Acropolis dengan sempurna menggambarkan semua kemegahan, kekuatan, dan kelimpahan Athena pada saat puncaknya, “Zaman Keemasan” Pericles.

Apakah Akropolis itu?

Acropolis pernah menjadi benteng kuno. Setelah dihancurkan oleh Persia, dibangun kembali oleh Pericles pada abad ke-5 SM untuk menghormati dewi Athena dan sebagai simbol demokrasi. Hari ini adalah “lambang” ibu kota Yunani dan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di Athena (hampir 3 juta pengunjung setahun). Anda dapat melihat reruntuhan kuil kuno yang didedikasikan untuk berbagai dewa Yunani.

Akropolis Athena adalah akropolis Yunani yang paling penting. Acropolis, secara harfiah, adalah “kota tinggi” dan hadir di sebagian besar kota Yunani, dengan fungsi ganda: pertahanan dan sebagai pusat tempat ibadah utama. Akropolis Athena terletak di atas bukit sekitar 165 meter di atas permukaan kota. Itu juga dikenal sebagai Cecropia untuk menghormati manusia ular legendaris, Cecrops, raja Athena.

Pintu masuk ke Acropolis adalah melalui gerbang monumental yang disebut Propylaeus. Di sisi kanan dan depan Propylaeus terdapat Kuil Nike Aptera. Patung perunggu besar Athena , dibangun oleh Phidias, awalnya berada di tengah. Di sebelah kanan tempat patung ini berdiri adalah Parthenon atau Kuil Athena Parthenos (Perawan). Di sebelah kiri dan di ujung Acropolis adalah Erechtheon , dengan stoà atau tribunnya yang terkenal didukung oleh enam caryatid . Juga ditemukan di Acropolis adalah sisa-sisa teater di, di mana mereka menayangkan perdana tragedi Sophocles, Euripides dan Aeschylus dan komedi Aristophanes.

Akropolis di Athena dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1987 di Paris.

Parthenon

Dari bahasa Yunani kuno Παρθενος -Virgin-) adalah kuil yang didedikasikan untuk dewi Yunani Athena Parthenos, yang dianggap sebagai pelindung oleh orang Athena. Itu dibangun pada abad kelima SM dan merupakan monumen tertua yang terletak di Akropolis Athena (Yunani). Arsiteknya adalah Iktinos dan Callicrates, diawasi oleh Phidias.

Ini adalah bangunan terpenting dari yang diawetkan dari Yunani klasik; umumnya dianggap sebagai puncak perkembangan tatanan ionik. Patung dekoratifnya dianggap sebagai salah satu eksponen seni Yunani terbesar. Parthenon dipahami sebagai simbol abadi Yunani kuno dan demokrasi Athena, dan salah satu monumen terbesar dunia budaya. Kementerian Kebudayaan Yunani sedang melaksanakan program restorasi dan rekonstruksi.

Parthenon menggantikan kuil Athena yang lebih tua, yang oleh para sejarawan disebut Pra-Parthenon atau Hekatómpedon, yang dihancurkan dalam invasi Persia pada tahun 480 SM. Seperti kebanyakan kuil Yunani, Parthenon digunakan sebagai perbendaharaan, dan untuk sementara waktu berfungsi sebagai perbendaharaan Liga Delian, yang kemudian menjadi Konfederasi Athena.

Pada abad keenam AD, Parthenon menjadi gereja Kristen yang didedikasikan untuk Perawan Maria. Setelah penaklukan Turki-Ottoman, itu menjadi masjid pada awal 1460-an, dan memiliki menara. Pada tanggal 26 September 1687, depot amunisi Turki-Ottoman di dalam gedung meledak akibat pengeboman oleh Venesia. Ledakan yang dihasilkan sangat merusak Parthenon dan pahatannya. Pada tahun 1806, Thomas Bruce, Earl of Elgin, membawa beberapa patung yang masih ada bersamanya, dengan izin dari Ottoman. Patung-patung ini, sekarang dikenal sebagai Kelereng Elgin atau Kelereng Parthenon, dijual pada tahun 1816 ke British Museum di London, di mana patung-patung tersebut saat ini dipamerkan. Pemerintah Yunani telah meminta pengembalian patung ke Yunani, sejauh ini tidak berhasil.

Parthenon. Photo taken in 2023
Parthenon, erected between 447 and 438 BC. AD in the Acropolis of Athens. PinterPandai.com, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Parthenon facade 2023
Parthenon facade 2023. PinterPandai.com, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Rahasia banguna Parthenon, Ilusi optik dan geometri

Acropolis adalah kumpulan bangunan, termasuk Parthenon. Ini adalah jantung dari Acropolis. Dengan ukuran yang luar biasa, dirancang oleh arsitek Ictinus dan Callicrates. Semua keindahannya terletak pada sebuah rahasia, ilusi optik. Ini adalah mahakarya geometri dan kecerdikan. Garis-garisnya yang berpotongan pada sudut siku-siku tampak lurus sempurna padahal sebenarnya melengkung. Adapun kolom, jika terlihat lurus, sebenarnya cembung. Sebenarnya tidak ada satu pun garis lurus di seluruh bangunan. Dengan demikian, para arsitek Yunani kuno telah memahami hukum besar optik dan cara otak kita kadang-kadang dapat menginterpretasikan apa yang dilihatnya.

Bangunan itu juga mematuhi aturan proporsi yang sangat tepat. Sudah lama diyakini bahwa proporsi Parthenon yang sempurna didasarkan pada rasio emas (1,61). Namun, para arkeolog telah menemukan rasio proporsi lain, 4 banding 9, yang ditemukan antara kolom dan fasad. Penemuan Batu Salamis di pulau dengan nama yang sama mengungkapkan kepada para arkeolog berbagai satuan pengukuran yang digunakan oleh orang Yunani. Mereka terinspirasi oleh tubuh manusia. Kaki, misalnya, adalah satuan ukuran.

Perakitan blok marmer

Tentu saja, Parthenon tidak akan begitu megah tanpa marmer penyusunnya. Batu putih yang mempesona ini, lentur dan tahan, membuat candi bersinar. Deposit marmer utama di Yunani kuno ada di Cyclades. Namun, akan terlalu mahal untuk membawa begitu banyak marmer dari tempat yang begitu jauh. Sebagai tanda yang dikirim dari para dewa, deposit marmer ditemukan hanya beberapa kilometer dari Athena.

Tapi bagaimana orang Yunani kuno merakit balok marmer yang besar? Bagaimana mereka merakit drum besar yang membentuk kolom? Tiang-tiang megah ini memang tidak tersusun dari satu balok melainkan dari beberapa bagian yang tertanam satu sama lain. Teknik orang Yunani kuno diungkapkan kepada para arkeolog selama pekerjaan restorasi. Sepotong kayu cedar diselipkan di jantung kedua drum, sehingga memungkinkan untuk disambungkan. Semuanya sangat kedap sehingga kayunya tidak membusuk dan baru-baru ini digali oleh para arkeolog. Bahan ini juga memiliki kelebihan yaitu fleksibel, memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk menahan gempa. Para pemulih menggunakan teknik yang sama tetapi dengan titanium.

Dengan demikian, sebuah kompleks keagamaan yang luar biasa lahir dari reruntuhan Acropolis kuno. Anda harus membayangkan sebuah bangunan yang diselimuti warna-warna gemerlap, biru dan merah. Hanya dalam waktu 9 tahun, kuil itu siap menyambut patung raksasa Athena, mahakarya Phidias.

Penderitaan Akropolis, Akhir Zaman Keemasan Athena

Pada 431 SM, persaingan dengan Sparta merosot menjadi perang yang berakibat fatal bagi Athena. Ini adalah Perang Peloponnesia. Selain itu, Pericles meninggal pada tahun 429 SM karena wabah penyakit yang merenggut sebagian besar penduduk Athena. Akibatnya, pembangunan Propylaea (pintu masuk ke akropolis) yang dimulai pada tahun 437 tidak pernah selesai. Namun demikian, antara 421 dan 407 SM, pekerjaan lain akan dilakukan pada saat-saat konflik yang rendah. Odeon of Pericles dan Kuil Hephaestus yang terletak di bawah Acropolis didirikan.

Pada 404 SM, Athena dikalahkan oleh Sparta. Jika ini menandai akhir zaman keemasan Athena, ini bukanlah akhir dari kota itu. Orang Athena berhasil pulih dari kegagalan ini. Ahli strategi Conon dan Timothys mengantar Athena ke fase hegemoni kedua pada tahun 378 SM. Keuangan diluruskan. Namun, tidak ada monumen lain yang akan dibangun.

Segera, orang Athena berturut-turut akan jatuh di bawah jempol dua kekuatan baru, Alexander Agung dan Kekaisaran Romawi. Yang terakhir tidak akan ragu untuk mengambil patung Acropolis yang berharga. Maka akan dimulai penjarahan yang akan berlanjut hingga abad ke-19. Apalagi, pada tahun 267, kota itu diserbu dan dijarah oleh Heruli, orang Jerman. Tetapi kekuatan lain yang jauh lebih bertahan lama adalah mengubah nasib Acropolis dan Athena, Kekristenan.

Kebangkitan Kekristenan

Pada abad ke-4, kaisar Romawi Theodore I memutuskan larangan penyembahan dewa-dewa kafir. Ini menandai akhir pemerintahan Athena. Parthenon sekarang akan menjadi tempat pemujaan bagi perawan baru, Maria, dan putranya. Parthenon dengan demikian diubah menjadi gereja pada abad ke-6. Adapun patung-patung yang tidak dibawa pergi oleh bangsa Romawi dibawa ke Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Timur. Yunani sekarang menjadi bagian dari Kekaisaran Bizantium. Tetapi ketika Konstantinopel menjadi korban pemecatan kaum Frank selama Perang Salib IV pada 1204, Athena menjadi mangsa invasi berturut-turut. Antara 1204 dan 1456, orang Catalan, Venesia, dan Florentine dengan demikian akan meninggalkan tanda perjalanan mereka di monumen Athena.

Ledakan Parthenon di bawah pendudukan Turki

Pada abad ke-15, Sultan Mehmet II dari Kekaisaran Ottoman merebut Konstantinopel (pelajari lebih lanjut tentang pengepungan Konstantinopel pada tahun 1453 oleh Turki dengan mengklik di sini). Penakluk ini juga akan menduduki seluruh Yunani. Jika Sultan mengagumi kemegahan Acropolis, dia juga memahami nilai militer yang diwakilinya dengan bentengnya. Mehmet II dengan demikian membuat garnisunnya dan memberlakukan perubahan agama kedua di Parthenon. Itu menjadi masjid. Lonceng yang ditambahkan ke Parthenon selama era Kristen diubah menjadi menara. Sebuah harem bahkan dipasang di kuil kuno Erechthrum.

Terlepas dari semua transformasi ini, Parthenon masih berdiri dengan segala kemegahannya dan dikagumi oleh para pelancong yang berkelana hingga ke Athena pada abad ke-17. Tapi semuanya berubah pada tahun 1687. Perang antara Republik Venesia dan Kekaisaran Ottoman akan menghancurkan bangunan berharga ini yang berhasil bertahan selama seribu tahun sejarah.

Pada 1687 pasukan Venesia memulai pengepungan Athena. Salah mengira bahwa orang Kristen tidak akan berani menyerang sebuah bangunan yang dulunya adalah gereja terkenal, orang Turki menyimpan persediaan mesiu mereka di Parthenon dan mengirim wanita dan anak-anak untuk berlindung di sana. Itu adalah kesalahan yang tragis. Jenderal Venesia, seorang Swedia bernama Otto Wilhelm Königsmarck, membuat Acropolis dibombardir tanpa ampun. Pada malam tanggal 26 September 1687, sebuah peluru artileri menembus atap Parthenon tempat penyimpanan bubuk mesiu. Ledakan itu sangat dahsyat. 300 orang tewas. Adapun bangunan itu menawarkan tontonan kehancuran. Atapnya telah runtuh, bagian tengah dan banyak patung hancur. Orang Venesia merebut kota itu dua hari kemudian, hanya untuk meninggalkannya beberapa bulan kemudian. Memang terlalu mahal untuk mempertahankan pertahanan Athena. Orang Venesia meninggalkan kota tetapi bukannya tanpa menjarah Parthenon terlebih dahulu dan membawa potongan-potongan kuil ke Venesia.

Penjarahan di abad ke-19, kudeta

Pada abad ke-19, seorang Penguasa Skotlandia, Thomas Bruce Elgin, menjarah monumen tersebut. Dengan otorisasi dari kekuatan Turki, dia meminta metope Parthenon (plakat relief, yang mewakili pemandangan dari mitologi Yunani) dirobohkan dan dikirim ke Inggris. Mereka masih di British Museum hari ini.

Nafas baru Acropolis, Pemulihan Parthenon

Orang Yunani kuno membutuhkan waktu kurang dari 9 tahun untuk membangun Parthenon. Saat ini, pekerjaan restorasi telah berlangsung selama 30 tahun, terlepas dari teknologi modern. Tugas yang dihadapi para pemulih memang sulit. Para arkeolog pertama-tama harus membuat katalog dan mengatur ribuan pecahan batu yang berserakan di lantai Acropolis. Ada lebih dari 100.000 di antaranya, teka-teki mengerikan dengan potongan-potongan yang beratnya bisa mencapai beberapa ton.

Selain itu, para pemulih harus menghadapi kesulitan lain. Pada awal abad ke-20, Parthenon telah dipugar. Sayangnya, pemulih waktu itu menggunakan klem besi untuk merakit potongan-potongan itu. Dengan berkarat, besi merusak marmer. Orang dahulu juga menggunakan besi, tetapi mereka melapisinya dengan timah. Bahan ini membantu melawan karat dan juga sangat mudah dibentuk dan fleksibel. Juga, balok-balok itu tidak dipasang dengan benar. Namun, tidak ada blok yang dapat dipertukarkan, masing-masing memenuhi fungsi tertentu.

Oleh karena itu, para pemulih harus memperbaiki kerusakan sebelum memulai pekerjaan. Mereka juga harus menghadapi masalah lain. Beberapa bagian yang hilang tidak pernah ditemukan. Marmer karena itu ditambahkan untuk bagian yang hilang. Marmer ini mudah dikenali karena jauh lebih putih daripada marmer tua lainnya.

Berkat pekerjaan restorasi ini, Acropolis saat ini menghidupkan kembali sejarah Athena dan zaman keemasannya di abad ke-5. Athena Pericles tempat awal demokrasi modern kita lahir. Kota Athena masih terbentang hingga ke kaki Parthenon. Sebuah kota modern, penuh dengan kehidupan yang tidak pernah melupakan monumen fantastis ini untuk masa lalu yang gemilang.

Highlight

• Temukan monumen Yunani yang paling terkenal: Acropolis dan Parthenon yang terkenal di dunia.
• Nikmati pemandangan kota yang spektakuler. Banyak waktu untuk foto terbaik.
• Kunjungi Museum Acropolis, salah satu museum terbaik di dunia dan daya tarik arsitektur.
• Jaga agar pengalaman kunjungan tetap hidup dengan suvenir yang ditawarkan oleh pemandu Anda.

Tips cerdas – Saran praktis dari pemandu Anda

• Manfaatkan tur pagi atau sore hari untuk menghindari panasnya musim panas dan keramaian.
• Gunakan topi dan sepatu yang nyaman.
• Gabungkan kunjungan Anda dengan makan siang di restoran terkenal di Museum Acropolis.

Sumber bacaan: CleverlySmart, UNESCOBritannica

FAQ: Beberapa informasi praktis dan menarik!

Dalam “Pertanyaan yang Sering Diajukan” ini, saya menjawab semua pertanyaan yang sering diajukan dalam rangka mengatur kunjungan ke Acropolis. Apakah Anda memiliki pertanyaan yang tidak dapat Anda temukan jawabannya? Kemudian tulis saja komentar dan saya akan memperbarui artikelnya 🙂

Bisakah Anda menjelajahi Acropolis dengan kereta dorong?
Harap dicatat: kursi dorong tidak diperbolehkan di Acropolis! Saya sangat menganjurkan agar Anda membawa “gendongan bayi” untuk mengangkut anak Anda, menggendongnya dapat dengan cepat melelahkan. Jika Anda datang dengan kereta dorong, ketahuilah bahwa Anda dapat meninggalkannya di tempat parkir kereta dorong di pintu masuk.

Apakah anjing diperbolehkan masuk di Acropolis?

Anjing dan hewan pada umumnya tidak diperbolehkan di Acropolis. Anjing penolong, khususnya bagi penyandang tuna netra, tentu dikecualikan dari larangan ini.

Apakah Acropolis salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia?

Tidak, Acropolis bukan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Namun, ini adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru yang sangat sedikit diketahui (lihat di sini untuk artikel Wikipedia).

Berapa tinggi Acropolis?

Dataran tinggi batu kapur tempat Acropolis dibangun setinggi 156 meter. Artinya Acropolis hampir 80 meter di atas kota Athena.

Parkir di Acropolis: Apakah ada tempat parkir untuk pengunjung?

Jika Anda bepergian dengan mobil sewaan atau mobil Anda sendiri, sebaiknya tinggalkan di hotel. Memang tidak ada parkir pengunjung di Acropolis.

Anda bisa mencoba parkir di jalan-jalan selatan Acropolis (di sekitar Museum Acropolis), tapi jujur, Anda harus benar-benar beruntung menemukan tempat parkir. Dan Anda akan berada cukup jauh dari pintu masuk.

Rekomendasi kami, jika Anda benar-benar ingin pergi ke Acropolis dengan mobil: pesan tempat parkir atau tempat parkir pribadi melalui platform Parclick. Cukup masukkan alamat Acropolis, waktu dan tanggal parkir yang diinginkan, dan situs tersebut akan menunjukkan kepada Anda tempat-tempat yang tersedia di dekatnya: Saya menguji, ini bekerja dengan sangat baik!

Apakah Acropolis merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO?

Ya, Acropolis masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

Apakah perlu memesan tiket Acropolis terlebih dahulu?

Tidak, tetapi Anda tidak perlu memesan tiket terlebih dahulu. Ada kantor tiket tempat Anda dapat membeli tiket di lokasi. Namun, sangat disarankan untuk membeli tiket terlebih dahulu untuk menghindari antrean tanpa batas waktu (terkadang hingga 90 menit). Seperti dijelaskan di atas, tiket tersedia melalui online.

Seberapa besar Acropolis? Berapa luasnya?

Bukit Acropolis memiliki panjang 272 meter dan lebar 136 meter. Luas dataran tinggi adalah 3,04 hektar.

Apakah ada toko suvenir di Acropolis?

Tidak ada toko suvenir DI Acropolis itu sendiri. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh kecil, ketahuilah bahwa toko Acropolis resmi ada di pintu masuk selatan, tepat di sebelah Museum Acropolis (berada di gedung tua Museum Acropolis).

Bagi orang cacat: mengunjungi Acropolis dengan kursi roda

Perhatian: Orang dengan mobilitas terbatas yang ingin menggunakan lift harus menghubungi Acropolis sebelum berkunjung! Karyawan akan dapat memberi tahu Anda jika lift akan beroperasi pada tanggal ini dan itu (yang sayangnya tidak selalu demikian) dan akan memberi Anda semua informasi yang diperlukan. Nomor telepon pengunjung penyandang disabilitas adalah: +30 210 3214172 atau +30 210 9238470.

Jika Anda ingin mengunjungi Acropolis dengan kursi roda dan menggunakan lift, Anda harus menggunakan pintu masuk utama (ke arah barat laut). Dari pintu masuk, Anda harus berkendara sekitar 300 meter menuju lift. Jalannya sangat sedikit menanjak. Penutup lantai terdiri dari lempengan besar yang dihaluskan selama berabad-abad. Begitu sampai di ujung jalan, pertama-tama Anda harus naik tangga yang cocok untuk kursi roda untuk menaiki beberapa anak tangga. Kemudian Anda bisa naik lift yang akan membawa Anda ke puncak dataran tinggi.

Begitu sampai di atas, Anda bisa bergerak bebas. Harap dicatat bahwa tanah terkadang agak tidak rata (benjolan, lubang di tanah). Jika Anda ditemani, “pengemudi” Anda seharusnya tidak kesulitan berkeliling dan melewati rintangan tersebut. Jika Anda mengemudikan kursi roda sendiri, berhati-hatilah.

Anda dapat menjelajahi sekitar 40% Acropolis dan melihat 70%. Saya mendasarkan diri saya di sini pada informasi dari halaman Sagetravelling (artikel tentang “Acropolis di kursi roda” dengan banyak foto berguna), khusus dalam perjalanan kursi roda – sangat dianjurkan, tetapi dalam bahasa Inggris.

Di Acropolis, Anda hanya bisa melihat patung dan istana dari jarak tertentu (apakah Anda menggunakan kursi roda atau tidak). Jika Anda ingin melihat batu-batu tua dari dekat, Anda juga dapat mengunjungi Agora of Athens, di mana Anda benar-benar dapat mengaksesnya dengan kursi roda. Museum Acropolis juga 100% dapat diakses oleh orang-orang dengan mobilitas terbatas

Penerimaan gratis untuk orang dengan tingkat kecacatan lebih dari 80%. Orang yang menemani juga dapat mengunjungi Acropolis secara gratis.

Tahun pembangunan dan usia Acropolis

Acropolis dibangun antara tahun 467 SM sampai 406 SM, jadi umur Acropolis sekitar 2450 tahun.

Apakah ada lift yang mengarah ke Acropolis?

Ya, ada lift. Namun, penggunaannya hanya ditujukan untuk orang yang menggunakan kursi roda/dengan keterbatasan gerak.

Kami harap artikel ini akan membantu Anda merencanakan kunjungan Anda ke Acropolis dengan lebih baik! Jika Anda memiliki pertanyaan, beri saya sedikit komentar dan jika tidak, nikmati kunjungan Anda! 😊

Sumber bacaan: CleverlySmart, UNESCOBritannica

Sumber foto: PinterPandai.com via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tempat Terkenal di Gran Canaria Kepulauan Canary Spanyol dan…

Gran Canaria, Kepulauan Canary Spanyol Apakah Anda akan pergi ke Kepulauan Canary, ke “musim semi abadi”? Temukan hal-hal penting yang harus dilakukan saat mengunjungi...
PinterPandai
10 min read

Penangkapan dan Jatuhnya Konstantinopel oleh Turki pada 29 Mei…

Penangkapan dan Jatuhnya Konstantinopel oleh Turki pada 29 Mei 1453 29 Mei 1453 secara tradisional merupakan salah satu tanggal penting dalam sejarah Barat, yaitu...
PinterPandai
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *