Resep Cokelat Babka | Roti Brioche marmer yang lembut dan rasanya enak

5 min read

Resep Cokelat Babka | Roti Brioche marmer yang lembut dan rasanya enak

Resep Cokelat Babka

Resep babka cokelat dengan lipatan lembut dan isinya yang membuat ketagihan, adalah brioche yang akan memanjakan para pecinta roti / cake  mulai dari sarapan pagi hingga teh pada sore hari.

Resep babka cokelat dan roti ini lebih terkenal di New York dan di Paris, yang berasal dari tradisi Yahudi di Eropa Timur, diikuti di seluruh dunia dan terutama di Prancis dan Paris di mana banyak toko roti dan toko kue sekarang menawarkannya untuk dijual. Terbuat dari adonan brioche yang dipelintir, kenikmatannya terasa tajam dengan banyak topping, mulai dari cokelat, pasta kurma, poppy, gianduja, jeruk, dan almond. Singkatnya, tidak hanya ada satu resep babka tetapi lusinan, bahkan jika resep cokelat tampaknya menjadi salah satu yang paling menarik.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BABKA?

Selain resep yang bagus, babka membutuhkan sedikit keterampilan agar bisa disempurnakan. Tidak ada yang tidak dapat diatasi, tetapi ada beberapa tip yang perlu diingat. Memang, yang menarik dari visual babka, terutama lipatannya yang memperlihatkan trimnya.
Untuk membuatnya, Anda harus terlebih dahulu mengoleskan adonan brioche beragi Anda menjadi persegi panjang di atas permukaan kerja Anda. Isian tersebut disebar ke seluruh permukaan adonan dan digulung hingga membentuk sosis. Kemudian, kami menempatkannya di depan kami, dan kami dengan lembut menorehkan sepanjang keseluruhan. Oleh karena itu, kami ditinggalkan dengan dua sosis setengah terbuka, memberikan gambaran sekilas tentang isinya. Hubungkan kedua setengah sosis di bagian atas, kemudian putar perlahan sampai ujung, tanpa terlalu “mengencangkan”. Kemudian tempatkan babka dalam cetakan kue dan biarkan tumbuh untuk bukti kedua. Kemudian masukkan saja ke dalam oven dan olesi dengan sirup gula dari oven.

Sebagai inspirasi, berikut adalah Resep Cokelat Babka yang mudah, lezat dan empuk!

Bahan – Untuk adonan (DOUGH): untuk 2 loaf (cetakan) roti

½ cangkir / 118 mililiter susu murni
1 paket (1/4 ons / 7 gram) ragi kering aktif
⅓ cangkir / 67 gram gula pasir, ditambah sejumput
4 ¼ cangkir / 531 gram tepung serbaguna, lebih banyak sesuai kebutuhan
1 ½ sendok teh garam laut halus
1 sendok teh ekstrak vanili
1 sendok teh parutan kulit lemon (opsional)
½ sendok teh buah pala yang baru diparut
4 butir telur besar, pada suhu kamar, kocok ringan
10 sendok makan / 140 gram mentega tawar, pada suhu kamar, ditambah lagi untuk mengoles mangkuk dan wajan

Untuk isian coklat:

½ cangkir / 100 gram gula pasir
¾ cangkir / 177 mililiter krim kental atau half-and-half
Sejumput garam
6 ons / 170 gram coklat pahit ekstra, sebaiknya antara 66 dan 74 persen kakao, cincang kasar
8 sendok makan / 112 gram / 1 batang mentega tawar, potong dadu pada suhu kamar
2 sendok teh / 10 mililiter ekstrak vanili

Untuk isian coklat (Streusel):

½ cangkir / 60 gram tepung serbaguna
3 sendok makan / 45 gram gula pasir
1 ½ sendok makan / 11 gram coklat bubuk
½ sendok teh garam
4 ½ sendok makan / 64 gram mentega tawar, lelehkan
⅓ cangkir / 60 gram keping cokelat setengah manis mini

Untuk sirup gula (glazing):

⅔ cangkir / 135 gram gula pasir

Resep Cokelat Babka | Roti Brioche marmer yang lembut dan rasanya enak
Resep Cokelat Babka | Roti Brioche marmer yang lembut dan rasanya enak. Sumber foto: Cleverly Smart

Instruksi dan cara pembuatan resep cokelat Babka

1. Siapkan adonan: Dalam panci kecil atau mangkuk di dalam microwave, hangatkan susu hingga suam-suam kuku tetapi tidak panas (sekitar 110 derajat). Tambahkan ragi dan sedikit gula dan diamkan selama 5 sampai 10 menit, sampai sedikit berbusa.

2. Dalam mixer listrik yang dilengkapi dengan pengait adonan, atau dalam food processor, campur tepung, gula, garam, vanili, kulit lemon (jika menggunakan) dan pala. (Jika Anda tidak memiliki mixer atau prosesor, gunakan mangkuk besar dan sendok kayu.) Kocok atau proses dalam campuran ragi dan telur sampai adonan menyatu menjadi massa yang lembut, sekitar 2 menit. Jika adonan menempel di sisi mangkuk dan tidak menyatu, tambahkan satu sendok makan tepung lagi sampai adonan menempel, kocok dengan baik di sela-sela penambahan.

3. Tambahkan setengah mentega dan kocok atau aduk sampai adonan halus dan elastis, selama 3 hingga 5 menit, kikis sisi mangkuk dengan spatula sesuai kebutuhan. Kocok sisa mentega dan terus kocok atau aduk sampai adonan halus dan elastis, 5 hingga 7 menit lagi. Sekali lagi, jika adonan menempel di sisi mangkuk, tambahkan tepung tambahan, 1 sendok makan sekaligus.

4. Olesi mangkuk bersih dengan mentega, bentuk adonan menjadi bola dan gulung di dalam mangkuk sehingga semua sisinya diolesi mentega. Tutupi mangkuk dengan handuk bersih dan biarkan mengembang di tempat yang hangat dan bebas angin (di dalam oven yang sudah dimatikan dengan lampu oven menyala) sampai mengembang dan mengembang, sekitar 1 hingga 2 jam. Ini mungkin tidak berlipat ganda tetapi harus naik.
Tekan adonan ke bawah dengan tangan Anda, tutup kembali mangkuk dan dinginkan semalaman (atau, sejumput, setidaknya selama 4 jam, tetapi rasanya tidak akan berkembang).

5. Siapkan sirup: Dalam panci berukuran sedang dengan api sedang, campur gula, krim dan garam. Rebus sambil diaduk sesekali sampai gula larut seluruhnya, sekitar 5 menit. Kikis campuran ke dalam mangkuk. Aduk coklat, mentega dan vanilla sampai lembut. Dinginkan hingga mencapai suhu kamar. Pengisian dapat dilakukan hingga seminggu ke depan dan disimpan, ditutup, di lemari es. Biarkan mencapai suhu kamar sebelum digunakan.

6. Siapkan isian cokelat (Streusel): Dalam mangkuk, aduk tepung, gula, bubuk coklat dan garam. Aduk mentega cair sampai merata dan membentuk remah-remah besar dan lembab. Masukkan chocolate chip. Streusel dapat disiapkan hingga 3 hari ke depan dan disimpan, ditutup, di lemari es.
Siapkan sirup: Dalam panci kecil, campur gula dan 2/3 cangkir / 158 mililiter air. Didihkan dengan api sedang, kemudian didihkan selama 2 menit, aduk sesekali sampai gula larut.
Olesi dua loyang roti berukuran 9 inci, lalu lapisi dengan kertas roti, sisakan kertas berukuran 2 inci yang menggantung di sisi-sisinya untuk digunakan sebagai pegangan nanti.

7. Keluarkan adonan dari lemari es dan bagi menjadi dua. Di atas permukaan bertepung, gulung satu potong menjadi persegi panjang berukuran sekitar 22 X 43 CM (9 X 17 inci). Olesi dengan setengah isian (tidak perlu meninggalkan tepian). Mulailah dengan sisi yang panjang, gulung menjadi gulungan yang rapat. Pindahkan gelung ke atas handuk piring atau bungkus plastik dan masukkan ke dalam freezer selama 10 menit. Ulangi dengan bagian adonan lainnya.

8. Iris salah satu gulungan adonan menjadi dua memanjang untuk memperlihatkan isinya. Pelintir kedua bagian tersebut seolah-olah Anda sedang mengepangnya, lalu lipat kepangan menjadi dua sehingga panjangnya sekitar 22 cm (9 inci). Tempatkan ke dalam wajan yang sudah disiapkan, biarkan menggulung sendiri jika terlalu panjang untuk wajan. Tutupi secara longgar dengan handuk dapur bersih dan biarkan mengembang di tempat yang hangat selama 1 hingga 1 1/2 jam, sampai mengembang (tidak akan cukup dua kali lipat). Cara lainnya, Anda dapat menutupi wajan dengan bungkus plastik dan membiarkannya mengembang di lemari es semalaman; kembalikan ke suhu kamar selama satu jam sebelum dipanggang.

9. Saat Anda siap untuk memanggang, panaskan oven hingga 176 °C (350 °F derajat). Gunakan jari Anda untuk menggumpalkan streusel dan menyebarkannya ke seluruh bagian atas kue. Pindahkan ke oven dan panggang sampai tester masuk ke dalam kue tanpa perlawanan karet dan keluar bersih, 40 sampai 50 menit. Kue juga akan terdengar hampa jika Anda membuka cetakannya dan mengetuk bagian bawahnya. Termometer baca instan akan membaca antara 85°C dan 100°C (185°F dan 210 °F derajat).

10. Segera setelah kue keluar dari oven, gunakan tusuk sate atau pisau pengupas untuk menusuknya sampai ke bagian bawah kue, lalu tuangkan sirup di atas kue, pastikan untuk menggunakan setengah bagian kue. sirup untuk setiap kue.
Pindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin sebelum disajikan.

Rahasia Resep Babka Cokelat yang sukses

Terkadang menyesuaikan bahan, terkadang langkah produksi, hingga kami ingin mendapatkan hasil yang Anda inginkan!

Brioche harus lembut. Untuk itu, penting untuk menghormati resepnya tetapi terutama waktu pertumbuhan adonan. Minimal 2 jam hingga 2 jam 30 pada suhu kamar (sekitar 77 ° F atau 25 ° C) atau, seperti yang kami sarankan di sini: semalam di lemari es.
Menempatkan adonan di lemari es akan memungkinkan mentega mengeras sekaligus memungkinkan adonan mengembang. Sebagai pengingat (jika Anda telah membaca artikel saya tentang penghuni pertama, Anda sudah tahu ini) dingin tidak mencegah fermentasi (oleh karena itu pertumbuhan) adonan: itu memperlambatnya. Saat Anda mengeluarkannya dari lemari es, adonan brioche akan mengembang dan akan lebih kencang dibandingkan jika Anda menumbuhkannya pada suhu kamar. Ini memfasilitasi pembentukan babka dan memungkinkan rendering yang lebih estetis.
Anda bisa menumbuhkan adonan pada suhu kamar selama 24 jam atau 6 jam di lemari es.
Rekam adonan dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Jika tidak, mungkin keropeng.

Biarkan isiannya mendingin dengan baik sebelum digunakan. Jika tidak, adonan Anda akan panas dan proses pembentukannya lebih sulit.

Jangan ragu untuk menutupi brioche Anda di pertengahan / akhir memasak. Bergantung pada kekuatan oven Anda, oven bisa cepat atau lambat menjadi cokelat. Saya tidak mencokelatkan brioche sebelum memasukkannya ke dalam resep ini untuk menjaga nuansa warna cantik babka. Saya telah mencoba dengan dan tanpa, saya lebih suka tanpa.

Jika Anda menggunakan ragi dehidrasi, pastikan untuk mengaktifkannya dengan memasukkannya ke dalam susu atau air hangat sebelum menggunakannya.

Adonan brioche seringkali agak lengket. Ini juga disebabkan oleh fakta bahwa adonan brioche mengandung mentega (yang membuatnya sangat lembut). Bergantung pada jenis tepung yang digunakan dan kualitas penyerapannya (secara pribadi kami dapat menggunakan T65 organik (sebagian besar waktu) yang saya beli dari penggilingan), adonan bisa lebih atau kurang lengket. Jika dirasa terlalu banyak tambahkan sedikit tepung. Juga ingat untuk menghormati dan memperpanjang jika perlu waktu pengadukan yang memungkinkan tepung memiliki waktu untuk menyerap cairan. Terakhir, jangan ragu untuk membasahi tangan Anda untuk mengerjakannya, ini akan mencegahnya terlalu menempel di jari Anda.

Sumber bacaan: Cleverly SmartDelicious Magazine, Vogue

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.