Taj Mahal Makam Besar Berwarna Putih

Taj Mahal Makam Besar Berwarna Putih

Taj Mahal adalah sebuah makam besar berwarna putih, dengan menggunakan batu marmer dan batu mulia lainnya.
Dibangun mulai: 1631 dan selesai tahun pada tahun 1653, dibangun di Agra (Uttar Prades), India. Pembangunannya mengabiskan 22 tahun dan membutuhkan kurang lebih 20 000 pekerja; buruh bangunan, pelukis, pemotong batu, seniman kaligrafi dan masih banyak lagi. Untuk transportasi dan konstruksi bangunan, arsitek Ustad Ahmad Lahauri menggunakan lebih dari 10 000 gajah.


Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Shah Jahan dan didedikasikan untuk Mumtaz Mahal (Arjumand Bano Begum), istrinya Shah Jahan. Kaisar membanun ini setelah istrinya meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Kaisar membangun Taj sebagai simbol kekhidmatan, harmoni, kemurnian dan spiritualitas juga.
Biaya konstruksi pada saat itu adalah 32 Crore Rupee (atau 32 juta Rupee India, dengan nilai sekarang sekitar Rp 1 triliun). Bahan-bahan yang digunakan adalah berkualitas tinggi seperti marmer dari India, Cina, Rajasthan, Punjab, Tibet, Afghanistan, Srilanka dan Arabia. Dan ditambahkan batu-batu mulia untuk memperindah dinding-dindingnya. Jadi tidak heran kalau bangunan ini super mewah!


Warna-Warni

Bangunan ini dapat berganti-ganti warna seiring jam, cuaca dan kondisi iklim karena refleks dari sinar matahari atau bulan yang memantulkan ke Taj Mahal. Melihat Taj dipenuhi dengan nuansa pink lembut saat fajar, adalah pemandangan yang tak terlupakan. Matahari terbenam mewarnai Taj dengan naungan warna eksotis oranye. Tapi tidak ada yang mengalahkan keindahan yang mengharukan dari Taj yang terlihat; ketika marmer putih dingin ini bermandikan cahaya emas yang lembut dari pantulan sinar bulan. Bahkan dalam cahaya terang di tengah hari, sinar matahari yang memantulkan keindahan sinar yang mempesona.


UNESCO

Taj Mahal dianggap sebagai contoh terbaik dari arsitektur Mughal, gaya yang menggabungkan elemen dari Persia, India dan gaya arsitektur Islam. Pada tahun 1983, Taj Mahal menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikutip sebagai “permata seni Muslim di India dan salah satu karya yang dikagumi universal dari warisan dunia.”


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: HistoryUnesco

       
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-02T10:23:29+07:00 Januari 29th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment