fbpx

Daftar Hari Penting Di Indonesia – Hari Libur – Hari Besar / Hari Raya Keagamaan

Berikut ini adalah daftar hari penting di Indonesia – Hari Besar / Hari Raya Keagamaan

Yang tidak tercantum tanggalnya berarti setiap tahun diperingati berubah-ubah tanggalnya.

 

Hari Libur Nasional

 

1 Januari: Tahun baru Masehi

Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian (Ini merupakan modifikasi Kalender Julius. Yang pertama kali mengusulkannya ialah Dr. Aloysius Lilius dari Napoli-Italia, dan disetujui oleh Paus Gregorius XIII, pada tanggal 24 Februari 1582. Penanggalan tahun kalender ini, berdasarkan tahun Masehi), sama seperti mayoritas negara-negara di dunia.

 

Tahun Baru Imlek (kalender Tionghoa)

Hari pertama bulan pertama pada kalender Imlek.

Imlek atau Kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari.
Kalender Tionghoa sampai sekarang masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghoa dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkawinan atau pembukaan usaha.

 

Nyepi / Tahun Baru Saka (Hindu)

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender luni-solar. Era Saka dimulai pada tahun 78 Masehi.

 

Jumat Agung / Wafat Yesus Kristus (Kristen)

Tanggal bervariasi; hari ini jatuh pada Jumat sebelum minggu Paskah, yang merupakan hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah pertama setelah vernal equinox resmi.

 

1 Mei: Hari Buruh

1 Mei Hari Buruh Internasional & Disebut Juga Sebagai May Day Atau Labour Day

 

Kenaikan Isa Almasih / Kenaikan Yesus Kristus (Kristen)

Tanggal bervariasi. Hari ke-40 setelah minggu dari Jumat Agung (Wafatnya Yesus Kristus). Jatuh pada hari Kamis dan tanggalnya bervariasi karena peringatan Jumat Agung tidak selalu pada tanggal yang sama dalam kalender Gregorian.

 

Waisak (Buddha)

Tanggal bervariasi menurut kalender Buddha.

Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
  3. Buddha Gautama Parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

 

1 Juni: Hari Lahir Pancasila

1 Juni Hari Lahir Pancasila

 

Hari Kemerdekaan 17 Agustus: Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (sejak tahun 1945)

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi (atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang), yang dibacakan oleh Presiden Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

 

27 Rajab: Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (Islam)

Tanggal bervariasi menurut kalender Islam.

Isra Mi’raj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat 5 waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra.

Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi’raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam.

 

1 Syawal: Idul Fitri / Lebaran (Islam)

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Tradisi pada Idul Fitri, tanggal 1 Syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan (puasa), kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Id), disunnahkan melaksanakan salat Id di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar). Sebelum salat Id di lakukan imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat Id baru membayar zakatnya hukum nya sedekah biasa bukan zakat. Adapun hukum dari Salat Idul Fitri ini adalah sunnah mu’akkad. Di malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunnahkan mengumandangkan takbir.

 

10 Dzulhijah: Idul Adha / Lebaran Haji (Islam)

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada 3 tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut juga sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.


1 Muharram: Tahun Baru Hijriyah (Islam)

Tanggal bervariasi menurut Kalender Islam.

Hari pertama bulan Muharram, awal tahun baru Islam. Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.


12 Rabiul Awal: Maulid Nabi Muhammad SAW / Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Islam)

Adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Kalender Hijriyah adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M).


25 Desember: Hari Natal (Kristen)

Hari Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember; dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember.

 

Daftar Hari Penting Di Indonesia: Dari Bulan Januari Sampai Desember

 


Hari Libur


Hari Besar / Hari Raya Lainnya

Paskah (Kristen) – selalu bertepatan dengan hari Minggu

Paskah adalah perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Kristen. Bagi umat Kristen, Paskah identik dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai “anak domba Paskah”; jemaat Kristen hingga saat ini percaya bahwa Yesus disalibkan, mati dan dikuburkan.

Dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan.


Galungan & Kuningan (Kemenangan Dharma melawan Adharma menurut agama Hindu)

Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Kalender Bali adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh orang Hindu Bali di pulau Bali dan Lombok. Kalender Saka Bali tidak sama dengan Kalender Saka dari India, namun kalender Saka yang sudah dimodifikasi dan diberi tambahan elemen-elemen lokal.

Hari Suci Kuningan dirayakan umat dengan cara memasang tamiang, kolem dan endong.

Tamiang adalah simbol senjata Dewa Wisnu karena menyerupai Cakra, Kolem adalah simbol senjata Dewa Mahadewa. Sedangkan Endong tersebut adalah simbol kantong perbekalan yang dipakai oleh Para Dewata dan Leluhur kita saat berperang melawan Adharma. Tamiang kolem dipasang pada semua palinggih, bale dan pelangkiran, sedangkan endong dipasang hanya pada palinggih dan pelangkiran.

 

 

Hari Libur Hari Besar / Hari Raya Di Indonesia

Kalender Hari Libur Nasional Indonesia.

Libur nasional Indonesia diatur setiap tahun oleh Keputusan Menteri Bersama. Setiap tahun, tanggal libur ditentukan oleh berbagai menteri, departemen dan keputusan.

Konsep ‘cuti bersama’ telah diperkenalkan oleh Pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata domestik. Cuti bersama diberikan untuk memperpanjang libur akhir minggu (biasanya diberikan pada hari Senin atau Jumat). Sehingga, jika libur nasional jatuh pada hari Kamis, program ‘cuti bersama’ mendorong atasan Anda untuk memberikan Anda hari libur pada Jumat sehingga Anda memiliki akhir minggu sebanyak empat hari.

Menurut Artikel 85 Ayat 13 dari Hukum Ketenagakerjaan Indonesia, para pekerja tidak diharuskan untuk bekerja pada libur nasional. Bagaimanapun, jika pekerjaan harus dilakukan pada hari libur nasional, para atasan harus membayar bayaran lembur pada para pekerja.

Informasi: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dapat mengeluarkan surat edaran untuk cuti bersama https://www.kemenkopmk.go.id atau Twitter: @kemenkopmk


Bacaan Lainnya


Tes Matematika Yang Dapat Membuat Anda Menjadi Lebih Pintar


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-11-20T12:02:17+00:00 Mei 19th, 2015|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment