Tes IPA: Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen adalah…

Tes IPA: Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen adalah…

 

a) Eritrosit (sel darah merah)

b) Leukosit (sel darah putih)

c) Trombosit (keping darah)

d) Plasma darah (cairan darah)


Bagian-Bagian Dari Darah

1. Plasma

Plasma adalah bagian cair darah dan sebagian besar tersusun oleh air.

 

2. Sel Darah Merah

Walaupun bagian cair darah mengangkut sari-sari makanan dan menyalurkan tekanan darah ke seluruh pembuluh, Anda tidak dapat hidup tanpa adanya sel-sel darah dalam cairan tersebut. Jenis sel yang paling banyak dalam darah adalah sel darah merah. Satu millimeter kubik darah, kurang lebih sekitar satu tetes, terdiri dari lima juta lebih sel darah merah. Fungsi utama sel darah merah adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel seluruh tubuh.

Sel-sel darah merah dibentuk di dalam sumsum tulang. Pertama kali dibentuk, sel darah merah mempunyai inti sel seperti sel-sel lain, namun dalam perkembangannya pada sumsum tulang , sel terisi oleh hemoglobin dan inti sel menyusut dan kemudian lenyap. Akibatnya, sel darah merah dewasa, tidak mempunyai inti sel. Sel-sel darah merah dapat hidup sampai 120 hari.

 

3. Hemoglobin

Anda telah mengetahui adanya karat pada kaleng bekas. Karat adalah suatu besi-oksida, yang terbentuk bilamana zat besi berikatan dengan oksigen. Sel darah merah mengandung hemoglobin, suatu pigmen merah yang mengandung zat besi. Ketika darah melewati paru-paru, oksigen terikat pada zat besi pada hemoglobin sel darah merah. Kemudian sel darah merah bergerak ke tempat lain
dimana hemoglobin akan melepaskan oksigen dan selanjutnya berdifusi ke dalam sel.

Sel-sel tubuh menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi dari sari-sari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein. Karbondioksida sebagai hasil samping dari proses di atas akan berdifusi ke dalam darah. Sel-sel darah merah dan plasma membawa karbon dioksida, pertama menuju jantung kemudian dipompa ke paru-paru. Di sanalah karbon dioksida berdifusi ke alveolus dan kemudian dihembuskan ke luar melalui pernapasan.


4. Sel Darah Putih

Berbeda dengan sel darah merah, pada satu millimeter kubik darah hanya terdapat lima sampai sepuluh ribu selsel darah putih. Artinya, setiap 500 sel darah merah hanya ditemukan sebuah sel darah putih. Jumlahnya amat berbeda. Apakah fungsi kedua sel tersebut juga berbeda? Sel-sel darah putih bertugas memerangi bakteri, virus dan bahan-bahan asing yang masuk ke dalam tubuh. Reaksi badan yang menanggapi adanya infeksi dengan meningkatkan jumlah sel-sel darah putih. Pada bagian selanjutnya Anda akan memahami bagaimana sel-sel darah putih menghancurkan bakteri, virus dan bahan-bahan asing lain yang masuk ke dalam tubuh.

 

5. Keping-keping Darah

Keping-keping darah wujudnya  tipis, kecil, bentuk tidak teratur. Keping-keping darah hanya mampu hidup antara 5 sampai 9 hari saja. Walaupun masa hidup amat pendek, keping-keping darah berperan penting dalam proses penutupan luka dan pemulihannya, sehingga tubuhmu bebas dari penyakit.

Pendarahan bisa berhenti karena ada kegiatan kepingkeping darah dalam darah. Keping-keping darah adalah bagian-bagian sel atau fragmen-fragmen sel yang dapat menghentikan aliran darah dari pembuluh darah yang pecah. Bila Anda terluka , kapiler-kapiler darah banyak yang terbuka. Darah akan mengalir ke luar dari pembuluh dan menuju kulit, seperti air yang mengalir waktu Anda menyirami halaman rumah. Keping-keping darah dalam tubuh bekerja mencegah pendarahan yang serius.


Pembuluh Darah Adalah

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri yang berfungsi membawa darah dari jantung, kapiler yang berfungsi sebagai tempat pertukaran sebenarnya air dan bahan kimia antara darah dan jaringan dan vena, yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung. pembuluh darah terbesar adalah aorta.


Fungsi Darah

Darah memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, antara lain:

  1. Sebagai alat pengangkut zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh serta mendistribusikannya ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan
  2. Sel darah putih memiliki fungsi melindungi tubuh serta membunuh bibit penyakit yang akan menyerang tubuh
  3. Sel darah merah memiliki fungsi membantu dalam pembekuan darah apabila terjadi pendarahan saat terjadi luka.
  4. Selain itu, darah juga berperan penting dalam menjada suhu tubuh.


Jawaban Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen adalah:

Akan diberikan disini pada tanggal 23 Juni 2017.


Pembahasan Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen adalah:

Eritrosit (sel darah merah) mengandung hemoglobin untuk mengikat gas O2 dan CO2.

Leukosit (sel darah putih) berfungsi membunuh kuman-kuman penyakit yang mask ke dalam tubuh.

Trombosit (keping darah) berfungsi dalam proses pembekuan darah. Plasma (cairan darah) berfungsi untuk mengangkut sari-sari makanan, hormon dan antibodi.

 

Bagian darah yang berfungsi mengangkut gas-gas pernapasan terutama oksigen


Bacaan Lainnya

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 

loading…


By | 2017-07-27T00:39:40+00:00 Juni 17th, 2017|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment