fbpx

Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Atau Lecet Pada Daerah Kewanitaan Akibat Pembalut Wanita

Penyebab Iritasi Pada Daerah Kewanitaan Akibat Pembalut Wanita

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan ruam / iritasi atau lecet pada vagina luar, akibat pemakaian pembalut wanita pada saat menggunakan bantalannya. Apakah Anda mengalami iritasi atau lecet akibat pembalut wanita? Inilah beberapa penyebabnya:

1. Kelembaban

Aliran darah bisa membuat area vagina menjadi basah terutama jika Anda tidak mengganti pad atau pembalut Anda secara teratur. Bakteri dan mikroorganisme lainnya berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang lembab. Hal ini dapat menyebabkan infeksi.

2. Panas

Panas dapat memberikan di sekitar area vagina Anda saat Anda sedang haid dan memakai bantalan pembalut. Darah Anda hangat dan pad terbuat dari bahan dasar sintetis (plastik) yang menyimpan panas. Ini bahkan diperparah saat Anda mengenakan celana sintetis atau celana ketat. Bakteri dan mikroorganisme lainnya akan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan menyebabkan ruam atau iritasi pada daerah vagina.

3. Gesekan dari bantalan pembalut

Gesekan yang terjadi di antara area vagina, paha bagian dalam dan bantalan sanitasi saat bergerak bisa menyebabkan gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini dapat juga dapat mebuat iritasi atau lecet akibat pembalut wanita.

4. Alergi?

Tanpa pemeriksaan Dokter dan laboraturium terlebih dahulu, Anda tidak bisa tahu 100% apa penyebabnya iritasi tersebut, apakah alergi, jamur atau infeksi?

Iritan kimia? Sejumlah zat kimia, termasuk krim, douch feminin, kondom, kontrasepsi, deterjen cucian, sabun, kertas toilet wangi dan pelembut pakaian bisa mengiritasi vagina dan vulva.


Cara Mengatasi Iritasi Atau Lecet Akibat Pembalut Wanita

Kondisi kulit yang sensitif sangat mudah terkena iritasi. Rasa gatal serta kondisi kulit yang menjadi merah juga akan muncul ketika Anda mengalami iritasi yang diakibatkan oleh pembalut yang Anda gunakan. Terkadang, parfum atau wewangian pada pembalut wanita dapat menimbulkan alergi atau reaksi terhadap kulit Anda.

Sementara Anda sedang menunggu jadwal untuk bertemu dengan Dokter kuit Anda, berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi iritasi dan cara merawatnya di rumah Anda.

  1. Pastikan Anda pergi ke Dokter, banyak kondisi yang berbeda memiliki gejala yang sama dan yang tampaknya merupakan ruam / iritasi yang menyakitkan yang disebabkan oleh pembalut wanita Anda, mungkin herpes atau infeksi vagina lainnya. Hindari penggunaan salep/obat “yang tidak jelas dengan penyakit Anda” pada vagina tanpa saran/petunjuk dokter. Iritasi yang berbeda membutuhkan berbagai jenis pengobatan yang berbeda. Pemberian salep pada area kewanitaan harus dipastikan dulu penyebabnya, apakah alergi, jamur atau infeksi.

  2. Kompres dengan air dingin untuk meredakan gatal.

  3. Hindari menggaruk bagian yang gatal.

  4. Jaga area intim agar tidak lembab seperti sering mengganti pakaian dalam dan mengeringkan area intim setelah dibersihkan

  5. Bersihkan vulva Anda hanya dengan air hangat. Hentikan penggunaan sabun, semprotan parfum tubuh, pencucian feminin dan produk kesehatan pribadi berbasis kimia lainnya yang dapat mengganggu kulit Anda dan membuat iritasiAnda memburuk, saran MedlinePlus.

  6. Hindari pakaian ketat dan kain yang tidak membiarkan kulit Anda bernafas.

  7.  Bila perlu gunakan pembalut buatan sendiri berbahan handuk atau katun lembut.

  8. Tindak lanjuti dengan dokter Anda untuk mengevaluasi kemajuan penyembuhan Anda.


Apakah Produk Pembalut Wanita Aman?

Untuk membaca tentang “Apakah Produk Pembalut Wanita Aman”? mohon klik disini.

 

Iritasi Atau Lecet Akibat Pembalut Wanita


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Health MDS

 

             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-16T21:09:19+00:00 November 17th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment