Cara Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui

4 min read

Cara Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Cara Menata Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Prinsip Feng shui membahas bagian luar dan dalam rumah Anda. Dibawah ini Anda dapat menemukan cara menata ruang tamu menurut feng shui. Anda bisa melakukan perbaikan interior rumah dan juga ruang tamu sekaligus. Ruang tamu merupakan tempat penting untuk keluarga Anda dan harus diperhatikan dengan mempertimbangkannya dengan feng shui. Sebagian besar keluarga menghabiskan banyak waktu di ruang tamu / keluarga dan karena ini adalah tempat berkumpul, ia perlu mengakomodasi energi feng shui yang sesuai untuk menjamin kekayaan, kesehatan, kenyamanan dan kebahagiaan keluarga.

Dalam istilah feng shui, tantangan utama untuk mendekorasi atau menata ruang tamu adalah menciptakan ruang yang memiliki kemampuan tidak hanya menjadi indah dan praktis, namun juga memiliki energi yang kuat, segar, bersih dan bahagia. Ruang tamu yang indah dan pada tingkat kepraktisannya, biasanya memerlukan sedikit perencanaan dan ketekunan untuk menghias.

Apakah Feng Shui Berhubungan Dengan Sains?

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh ahli psikologi lingkungan dan antropolog dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh ahli sosiologi neuro seperti Dr. John Zeisel (“Penyelidikan oleh Desain: Lingkungan / Perilaku / Neuroscience dalam Arsitektur, Interior, Lansekap dan Perencanaan”) telah membuktikan tanpa keraguan bahwa lingkungan kita dapat mempengaruhi dan memiliki efek terhadap lingkungan dan mereka dapat diukur dengan mudah.

Penempatan Mebel Dan Furnitur Tambahan

Saat memilih susunan furnitur yang ideal, selain sofa, Anda juga ingin memasukkan love seat (kursi untuk 2 orang) yang empuk dan single chair (kursi untuk satu orang). Potongan-potongan furnitur ini mampu menampung banyak tempat duduk, yang mengelilingi dengan rapih setengah dari meja kopi. Pilih untuk bentuk meja kopi berbentuk persegi atau persegi panjang yang lebih bersifat menguntungkan dalam mendapatkan energi Chi.

Elektronika seperti TV dan komputer adalah energi yang aktif, jadi letakkan ini di area yang ingin Anda aktifkan. Misalnya, sektor utara (karir) atau selatan (ketenaran dan penghargaan) adalah pilihan yang sangat baik.

Aktifkan Elemen Dekorasi Dengan Kompas Ba Gua (atau Pa Kua)

Lima elemen Feng Shui: air, metal, kayu, tanah dan api.

Jika Anda tidak membuat unsur-unsur di tempat-tempat tertentu yang dimana ruang tamu Anda berada, penempatan furnitur yang tidak tepat akankurang memberi kompensasi karena tidak adanya aktivasi elemen-elemen feng shui.

Cara lain untuk mengaktifkan energi chi adalah dengan menambahkan elemen yang berkorelasi dengan arah kompas dimana ruang tamu Anda berada.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan elemen yang memberi nutrisi pada elemen utama untuk memperkuat energi elemen-elemen lainnya.

Cara Untuk Mengaktifkan Energi Chi Untuk Ruang Tamu Anda

Cara lain untuk mengaktifkan energi chi adalah dengan menambahkan elemen yang berkorelasi dengan arah kompas dimana ruang tamu Anda berada. Anda juga bisa menggunakan elemen yang memberi nutrisi pada elemen utama untuk memperkuat energi elemen.

Lokasi utara

Unsur utara adalah air. Contoh bagaimana memasukkan unsur air adalah:

Gantungkan lukisan-potret air. Hindari lukisan laut yang penuh badai atau laut yang kasar. Aliran arus yang mengalir ke ruangan atau air terjun adalah yang terbaik. Jika menggunakan lukisan perahu atau kapal, sebaiknya selalu berlayar ke ruangan, jangan pernah pergi keluar ruangan tersebut. Kapal mewakili peluang dan kekayaan sehingga Anda menginginkannya mengalir ke arah Anda, tidak jauh dari Anda.

Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan:

  • Akuarium dengan delapan ikan merah dan satu hitam.
  • Tempatkan air mancur di dinding utara yang mengalir ke ruangan – jangan sampai ke pintu.
  • Gunakan warna hitam dan biru ke arah ini.
  • Anda juga bisa menambahkan patung logam atau gambar, karena logam menarik air.

Lokasi Timur dan Tenggara

Elemen timur dan tenggara adalah kayu. Anda juga bisa menambahkan elemen tanah, karena ini memberi makan kayu. Contohnya meliputi:

  • Bingkai foto kayu
  • Rak buku dan buku kayu
  • Lampu kayu
  • Tanaman dalam rumah
  • Karpet yang berserat seperti serat sisal dari tanaman perdu.
  • Warna hijau dan coklat

Lokasi Barat dan Barat Laut

Elemen barat dan barat laut adalah logam. Tambahkan elemen ini ke dekorasi Anda dengan cara berikut:

  • Mangkuk dan baki logam
  • Patung logam
  • Tempat lilin logam
  • Bingkai foto logam
  • Mebel logam
  • Gunakan warna biru, abu-abu, emas, cokelat dan perunggu

Lokasi Timur Laut dan Barat Daya

Elemen timur laut dan barat daya adalah bumi. Tambahkan bumi ke ruang keluarga Anda dengan memilih hiasan seperti:

  • Kristal dan mineral lainnya
  • Tembikar dan keramik, seperti figurines, pot, mangkuk dan tempat lilin
  • Warna nada bumi seperti mustard, tanah liat, coklat, tan dan erah kekuningan
  • Gelas, kaca dan benda lainnya yang terbuat dari kaca yang ditiup.

Gunakan Pencahayaan Untuk Mengaktifkan Energi Chi

Pencahayaan itu penting. Selain cahaya alami, pencahayaan buatan seperti lampu meja, lampu sorot yang memancarkan cahaya ke langit-langit dan pilihan pencahayaan di atas sangat bermanfaat.

Namun, tidak boleh ada lebih dari 2 pintu ke ruang tamu atau jendela yang berlebihan, karena energi chi masuk dan ada keduanya. Terlalu banyak pintu dan jendela menciptakan arus chi yang kacau yang tidak menguntungkan dan dapat merusak.

Sertakan Sentuhan Pribadi Anda

Meskipun Anda ingin ruang tamu Anda mengikuti dasar feng shui, Anda juga menginginkannya mencerminkan selera pribadi Anda. Jangan takut untuk menambahkan sentuhan pribadi Anda.

Kamar Anda tidak membutuhkan perabotan, benda atau simbol yang bernuansa Tiongkok / Cina, untuk mengikuti prinsip feng shui. Prinsip feng shui yang sebenarnya adalah tentang bentuk dan penempatan, bukan simbol keberuntungan. Jika Anda menerapkan konsep dan peraturan feng shui ini pada dekorasi Anda, Anda akan memiliki ruang tamu yang sangat bagus.

Mengintegrasikan lima elemen

Jika Anda mengikuti ajaran feng shui, pilihan bahan yang Anda masukkan ke ruang tamu Anda harus dipandu oleh lima elemen. Lima elemen ini (air, kayu, api, tanah, logam) terlibat dalam siklus transformasi chi. Memahami sepenuhnya gagasan ini membutuhkan penyelaman mendalam ke dalam seni feng shui. Namun demikian, Anda dapat memperkenalkan elemen-elemen ini, mengikuti akal sehat Anda. Setiap elemen memiliki keutamaan tersendiri. Misalnya, kayu mempromosikan kreativitas dan keterbukaan, air menenangkan, energi api… Beberapa kombinasi sangat dianjurkan, dan yang lain agak harus dihindari.

Perhatikan pencahayaan

Ruang tamu Anda adalah ruangan rumah di mana kedua adegan intim (energi yin) dan adegan “publik” (energi Yang) dimainkan, idealnya adalah dapat menciptakan suasana yang berbeda di sana, yang masing-masing akan mendukung ekspresi ini. atau jenis pertukaran itu.

Oleh karena itu disarankan untuk mengadopsi pencahayaan yang dapat disesuaikan: menyebarkan cahaya terang untuk diskusi atau pengambilan keputusan dan lebih memilih cahaya yang tenang untuk keintiman dan saat-saat tenang. Selain sifat modular dari pencahayaan, juga banyaknya titik cahaya yang akan memungkinkan Anda untuk menyelaraskan ruang tamu Anda.

Jangan letakkan cermin Anda sembarangan

Cermin adalah elemen dekoratif penting untuk feng shui karena akan berkontribusi pada aliran chi yang baik, asalkan ditempatkan dengan benar. Misalnya, cermin yang ditempatkan tepat di depan pintu depan memantulkan energi, yang kemudian meninggalkan ruangan. Lihatlah apa yang dipantulkan cermin: jika gambar ini positif, maka ia akan sepenuhnya memainkan peran energinya. Misalnya, Anda dapat memastikan untuk meletakkan tanaman atau gambar kebahagiaan yang menggugah (lanskap, dll.) di depan cermin, di sisi lain ruang tamu. Di sisi lain, hindari meletakkan dua cermin berhadap-hadapan: mereka akan bermain ping-pong dengan energi, yang tidak lagi dapat berkontribusi pada kesejahteraan Anda di ruang tamu Anda!


Harmoniskan Tata Letak Lainnya Dengan Feng Shui Untuk Kebaikan Anda

Mohon klik disini untuk mengetahui Feng Shui lainnya, seperti: cara mengatur kamar tidur, dapur, ruang tamu, pintu masuk utama, dll…

Bacaan Lainnya

Sumber bacaan: HowardThe New York TimesLove to Know

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing