fbpx

Tes IPA: Proses bergabungnya sel sperma dan sel telur disebut

Tes IPA: Proses bergabungnya sel sperma dan sel telur disebut…

a) Menstruasi

b) Fertilisasi

c) Ovulasi

d) Pertumbuhan

 

Proses bergabungnya sel sperma dan sel telur

 


Sel Sperma

Spermatozoid atau sel sperma atau spermatozoa (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.


Bentuk Sperma Seperti Kecebong Dan Memiliki 3 Bagian

Sperma berbentuk seperti kecebong dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: kepala, leher dan ekor. Kepala berbentuk lonjong agak gepeng berisi inti (nucleus). Bagian leher menghubungkan kepala dengan bagian tengah. Sedangkan ekor berfungsi untuk bergerak maju, panjang ekor sekitar 10 kali bagian kepala.


Sel telur manusia dengan corona radiata di sekelilingnya

Sel Telur

Sel telur (bahasa Inggris: ovum, oocyte, ova) adalah sel reproduksi (gamet) yang dihasilkan dari ovarium pada organisme berjenis kelaminbetina.

Hewan (termasuk manusia) dan tumbuhan menghasilkan sel telur. Sel telur pada tumbuhan terlindung oleh bakal biji (ovulum). Istilah ovulumjuga dipakai bagi sel telur hewan yang masih muda. Pada manusia, sel telur berukuran garis tengah 145 µm. Pada banyak hewan sel telur dapat berbentuk oosit (oocyte).

Sel telur yang dibuahi oleh sel sperma akan membentuk zigot.


Ovulasi

Ovulasi merupakan proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi wanita. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi. Jika pembuahan tidak terjadi, lapisan rahim serta darah akan diruntuhkan. Ovulasi dimulai pada masa pubertas dan terus berlangsung secara bulanan pada tahun-tahun usia subur. Ovulasi terhenti pada waktu kehamilan


Pembuahan

Fertilisasi (atau disebut juga pembuahankonsepsisingami) adalah peleburan dua gamet (sel haploid, khusus untuk fertilisasi). yang dapat berupa nukleus (inti) atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nukleus. Biasanya melibatkan penggabungan sitoplasma (bagian sel yang terbungkus membran sel) dan penyatuan bahan nukleus.


Bacaan Lainnya

 Proses bergabungnya sel sperma dan sel telur

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T01:05:12+07:00 Juli 26th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment