fbpx

Sebagian cabang biologi: Genetika

Sebagian cabang biologi: Genetika – mempelajari gen dan pewarisan

Apakah Genetika?

Genetika adalah studi tentang gen keturunan. Keturunan adalah proses biologis di mana orang tua melewati gen tertentu ke anak-anak atau keturunan mereka. Setiap anak mewarisi gen dari kedua orang tua biologis mereka dan gen ini pada gilirannya mengungkapkan sifat-sifat tertentu.

Beberapa sifat-sifat ini dapat bersifat fisik misalnya rambut dan warna mata dan warna kulit dll. Di sisi lain beberapa gen juga dapat membawa risiko penyakit dan gangguan tertentu yang dapat menularkan dari orang tua kepada keturunannya.

 

Gen Dalam Sel

Informasi genetik terletak di dalam inti sel dari setiap sel hidup dalam tubuh. Sebagai contoh, misalnya informasi yang dapat diambil dalam sebuah buku. Bagian dari buku ini dengan informasi genetik berasal dari ayah sedangkan bagian lainnya berasal dari ibu.

 

Kromosom Wanita Dan Pria

Perempuan memiliki 46 kromosom (44 autosom ditambah dua salinan dari kromosom X) dalam sel-sel tubuh mereka. Mereka memiliki setengah dari ini atau 22 autosom ditambah kromosom X dalam sel telur mereka.

Pria memiliki 46 kromosom (44 autosom ditambah X dan kromosom Y) dalam sel-sel tubuh mereka dan memiliki setengah dari 22 autosom ini ditambah X atau kromosom Y dalam sel sperma mereka.

Ketika telur bergabung dengan sperma, bayi yang dihasilkan memiliki 46 kromosom (baik dengan sebagai XX pada bayi perempuan atau XY pada bayi laki-laki).

 

Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Ferti TestNews MedicalNSW Government

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-07T00:46:48+07:00 Februari 7th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment