PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

UU USA Undang-Undang Konstitusi (US Constitution) Legislatif, Eksekutif, Yudikatif

8 min read

UU USA (US Constitution) / Hukum Tertinggi Negara

UU USA atau Konstitusi Amerika Serikat, dengan kata-katanya sendiri, adalah “hukum tertinggi negara”.
Diterima pada 17 September 1787 oleh pertemuan konvensi di Philadelphia, itu telah diterapkan sejak 4 Maret 1789. Diubah oleh dua puluh tujuh amandemen, ini adalah salah satu konstitusi tertulis tertua yang masih berlaku.

UU USA didasarkan pada pemisahan kekuasaan yang ketat, sehingga membentuk rezim presidensial. Kekuasaan eksekutif berada di tangan Presiden Amerika Serikat, yang merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan. Kekuasaan legislatif adalah bikameral. Ini adalah Kongres, terdiri dari dua kamar: di satu sisi Dewan Perwakilan Rakyat (majelis rendah), yang mewakili warga negara, dan di sisi lain Senat (majelis tinggi), yang mewakili negara-negara federasi. Hanya kamar-kamar ini yang memiliki inisiatif parlemen dan memilih undang-undang, serta anggaran federal. Akhirnya, peradilan memiliki puncaknya Mahkamah Agung, yang mengawasi kepatuhan dengan Konstitusi oleh undang-undang, negara federasi dan organ-organ negara federal. Konstitusi dengan demikian memberikan melalui sistem ini keseimbangan kekuasaan serta kolaborasi mereka (dalam bahasa Inggris “checks and balances”).

Awalnya diratifikasi oleh tiga belas negara federasi, hari ini berjumlah lima puluh, itu menciptakan negara federal. Meskipun Konstitusi dan hukum Amerika Serikat mengikat berbagai negara federasi, hak prerogatif yang sangat luas disediakan untuk mereka. Pemerintah sejak awal bertipe republik dan berdasarkan kedaulatan rakyat. Karakter demokratisnya dalam pengertian istilah saat ini, dengan hak pilih universal, muncul lebih bertahap, kadang-kadang melalui amandemen, lebih sering dengan mengubah undang-undang atau membalikkan kasus hukum.

Cabang Konstitusi AS

1. Legislatif: Kongres (The US Capitol) > Dewan Perwakilan Rakyat > Senat
2. Eksekutif: Administrasi (Gedung Putih) > Presiden > Wakil Presiden > Kabinet
3. Yudisial: Mahkamah Agung (Mahkamah Agung di Washington DC) > Hakim Agung > Pengadilan Tinggi > Pengadilan Negeri

Pemisahan kekuasaan

Tiga pasal pertama masing-masing dikhususkan untuk salah satu dari tiga kekuasaan, dalam tatanan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Mereka sangat menandai perbedaan dan pemisahan kekuasaan, dengan kalimat pertama masing-masing, ketiganya pada model yang sama.

1. Semua kekuasaan legislatif yang diberikan oleh Konstitusi ini akan diberikan kepada Kongres Amerika Serikat, yang terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.
2. Kekuasaan eksekutif harus dipegang oleh Presiden Amerika Serikat.
3. Kekuasaan yudisial Amerika Serikat akan dipegang oleh Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan yang lebih rendah seperti yang Kongres dapat dari waktu ke waktu langsung.

The Constitution of the United States (miniature version)2
Miniature version of the US Constitution. Almanaque Lusofonista, Public domain, via Wikimedia Commons

Apa isi dari Konstitusi Amerika?

Pasal I: kekuasaan legislatif

Pasal I membentuk Kongres Amerika Serikat bikameral untuk mengesahkan undang-undang. Dewan Perwakilan Rakyat diperbarui setiap dua tahun, dengan hak pilih langsung, negara bagian diwakili secara proporsional dengan populasi mereka. Senat terdiri dari dua senator untuk setiap negara bagian, dipilih oleh badan legislatif negara bagian (diubah dengan Amandemen ke-17, yang memberikan hak pilih langsung). Itu diperbarui oleh sepertiga setiap dua tahun. Naskah harus dipilih oleh dua kamar, yang keduanya memiliki inisiatif untuk undang-undang, kecuali dalam masalah pajak, di mana inisiatif dicadangkan untuk Kamar Perwakilan. Dewan Perwakilan Rakyat dapat memakzulkan pejabat paling penting, termasuk Presiden Amerika Serikat, yang kemudian akan diadili oleh Senat. Presiden dapat memveto undang-undang, dalam hal ini kedua majelis kongres masing-masing harus memberikan suaranya dengan mayoritas dua pertiga untuk menjadi undang-undang. Artikel tersebut mencantumkan area di mana Kongres memiliki yurisdiksi legislatif. Beberapa kekuasaan secara tegas ditarik dari Amerika Serikat.

Pasal II: kekuasaan eksekutif

Pasal II menciptakan fungsi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat, dan mendefinisikan mode pemilihan mereka, kompleks, dan sedikit dimodifikasi oleh amandemen XII. Kekuasaan eksekutif berada di tangan presiden, yang juga merupakan panglima tertinggi militer, angkatan laut, dan milisi negara bagian ketika dimobilisasi oleh Amerika Serikat. Dia menunjuk pejabat federal senior dan hakim, dengan persetujuan senat. Hak prerogatif wakil presiden terbatas pada menggantikan presiden jika dia dicegah oleh kematian atau karena alasan lain untuk menyelesaikan masa jabatannya, serta (pasal I) memimpin Senat dan memutuskan di sana dalam hal seri. .

Pasal III: kekuasaan kehakiman

Pasal III membentuk Mahkamah Agung Amerika Serikat. Hakim federal, di Mahkamah Agung serta di pengadilan lain, diangkat seumur hidup. Artikel tersebut mendefinisikan yurisdiksi pengadilan federal, yang mencakup Konstitusi, dan undang-undang federal di mana Kongres memberi mereka yurisdiksi, serta perselisihan antara pihak-pihak yang tidak termasuk dalam negara bagian yang sama. Kecuali dalam beberapa kasus terbatas di mana ia mengadili pada tingkat pertama (khususnya untuk kasus-kasus yang melibatkan duta besar, konsul, atau menteri), Mahkamah Agung adalah pengadilan banding. Kasus pidana harus diadili oleh juri di negara bagian di mana pelanggaran itu dilakukan. Definisi pengkhianatan yang terbatas diberikan.

Pasal IV: Negara-negara

Pasal 4 mengatur tentang hak dan kewajiban Negara. Mereka harus mengakui hukum dan penilaian negara bagian lain, dan memperlakukan warga negara bagian lain secara setara dengan warga negara mereka sendiri. Orang-orang yang dituntut oleh keadilan suatu Negara harus diserahkan kepadanya oleh Negara lain, serta budak yang melarikan diri (undang-undang tentang budak yang melarikan diri telah dibatalkan dengan penghapusan perbudakan, yang diformalkan oleh amandemen ke XIII Konstitusi).

Pasal V: prosedur amandemen

Amandemen dapat diusulkan baik oleh Kongres, dengan masing-masing majelis memberikan suara dengan mayoritas dua pertiga, atau oleh sebuah konvensi yang akan diadakan jika dua pertiga negara bagian memintanya. Mereka kemudian harus diratifikasi oleh tiga perempat negara bagian. Beberapa modifikasi melarang sampai tahun 1808, kemudian secara definitif, kemungkinan menghilangkan hak setiap Negara untuk perwakilan yang sama di senat tanpa persetujuannya.

Pasal VI: ketentuan lain-lain

Artikel utama: Pasal VI Konstitusi Amerika Serikat.
Perjanjian dan kesepakatan yang dibuat oleh Amerika Serikat berdasarkan Anggaran Konfederasi tetap berlaku. Konstitusi dan hukum Amerika Serikat mengikat negara bagian. Baik di tingkat federal maupun negara bagian, pembuat undang-undang, hakim, dan pejabat harus bersumpah untuk menegakkan Konstitusi Amerika Serikat.

Pasal VII: Ratifikasi

Konstitusi akan berlaku di antara Negara-negara yang telah meratifikasinya, segera setelah mereka berjumlah sembilan.

Amandemen UU USA (Undang-Undang Amerika Serikat)

Perubahan Konstitusi diatur dalam Pasal V. Dua puluh tujuh telah diratifikasi. Dari dua kemungkinan prosedur, proposal atau konvensi Kongres yang diminta oleh dua pertiga negara bagian, hanya yang pertama yang digunakan. Tetapi sebelum Kongres memutuskan untuk mengusulkan Amandemen XVII itu sendiri (pemilihan langsung senator) pada tahun 1912, yang diperlukan hanyalah suara satu negara bagian untuk mengadakan konvensi. Diakui bahwa Kongres dapat mempertimbangkan kembali amandemen-amandemen yang diusulkan, atau Negara-negara yang meratifikasinya; tetapi suatu Negara yang pada awalnya menolak untuk meratifikasi dapat mempertimbangkan kembali penolakan ini. Amandemen ke-27, diratifikasi pada tahun 1992, diusulkan oleh Kongres Pertama pada tahun 1789, lebih dari dua ratus tahun sebelumnya. Semua amandemen yang diadopsi lainnya diratifikasi dalam waktu kurang dari lima tahun, paling sering proses ratifikasi memakan waktu sekitar satu tahun. Tanggal-tanggal yang diberikan di bawah ini adalah tanggal-tanggal ketika Kongres meloloskan amandemen, dan tanggal-tanggal ketika negara bagian terakhir yang diperlukan memberikan suara untuk meratifikasi.

Dari Amandemen ke-1 hingga ke-10: Bill of Rights

Sepuluh amandemen pertama membentuk Bill of Rights. Mereka menegaskan hak-hak warga negara, dalam bentuk pembatasan kekuasaan negara secara eksplisit, khususnya dalam masalah peradilan. Ini bukan masalah hak positif yang harus dijamin oleh negara kepada warga negara, tetapi tentang tindakan yang harus dihindarinya terkait dengannya. Semua amandemen ini diusulkan oleh Kongres pertama pada 25 September 1789 dan diratifikasi pada 15 Desember 1791

Amandemen pertama

Artikel utama: Amandemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat
Kongres tidak akan membuat undang-undang yang mempengaruhi pendirian atau melarang kebebasan menjalankan agama apa pun, atau membatasi kebebasan berbicara atau pers, atau hak rakyat untuk berkumpul secara damai dan menyampaikan petisi kepada pemerintah untuk mengatasi keluhannya.

Amandemen ke-2

Artikel utama: Amandemen Kedua Konstitusi Amerika Serikat
Sebuah milisi yang terorganisir dengan baik yang diperlukan untuk keamanan negara bebas, hak rakyat untuk menyimpan dan memanggul senjata tidak akan dilanggar.

Amandemen Ketiga

Negara tidak boleh menempatkan pasukan di rumah-rumah pribadi pada masa damai. Dalam waktu perang, ini hanya boleh dilakukan di bawah kondisi yang ditentukan oleh hukum.

Amandemen Keempat Konstitusi Amerika Serikat

Hak warga negara untuk dijamin dalam diri mereka, domisili mereka, surat-surat dan surat-surat mereka, terhadap penggeledahan dan penyitaan yang tidak sah tidak akan dilanggar, dan tidak ada surat perintah yang akan dikeluarkan, kecuali atas praduga yang serius, yang dikuatkan dengan sumpah atau pernyataan, atau tanpa surat perintah yang secara khusus menjelaskan tempat yang akan digeledah dan orang atau benda yang akan disita.

Amandemen Kelima Konstitusi Amerika Serikat

Tidak ada orang yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kejahatan besar atau kejahatan terkenal tanpa dakwaan, spontan atau diinduksi, dari dewan juri, kecuali dalam kasus kejahatan yang dilakukan ketika terdakwa bertugas di angkatan darat atau angkatan laut, atau di milisi, di waktu perang atau keadaan darurat umum; tidak seorang pun dapat diancam dua kali dalam hidupnya atau di dalam tubuhnya untuk kejahatan yang sama; tidak seorang pun dapat, dalam kasus pidana, dipaksa untuk bersaksi melawan dirinya sendiri, atau dirampas nyawanya, kebebasannya atau hartanya tanpa proses hukum yang semestinya; tidak ada properti pribadi yang dapat diambil alih untuk kepentingan umum tanpa kompensasi yang adil.

Amandemen ke-6

Dalam semua proses pidana, terdakwa berhak untuk diadili segera dan di depan umum oleh juri yang tidak memihak dari Negara Bagian dan distrik tempat kejahatan itu dilakukan — distrik yang sebelumnya telah dibatasi oleh undang-undang —, untuk diberitahu tentang sifat dan penyebabnya. dakwaan, untuk dihadapkan dengan saksi-saksi untuk penuntutan, mempunyai sarana hukum untuk memaksa hadirnya saksi-saksi untuk pembelaan, dan dibantu oleh penasihat hukum untuk pembelaannya.

Kasus hukum:
  • 26 Mei 2009: Montejo v. Louisiana (kehadiran pengacara selama interogasi polisi).
  • 31 Maret 2010: Padilla v. Kentucky. Pengadilan mewajibkan pengacara untuk memperingatkan klien asing mereka tentang kemungkinan deportasi jika ada pengakuan bersalah. Menulis untuk mayoritas, Hakim Stevens memang menganggap bahwa deportasi merupakan “bagian integral – kadang-kadang bagian terpenting – dari penghukuman yang dapat dikenakan pada non-warga negara yang mengaku bersalah atas kejahatan tertentu”. Dengan kata lain, pengusiran dianggap sebagai hukuman.

Amandemen VII

Dalam persidangan common law di mana nilai yang dipersengketakan melebihi dua puluh dolar, hak untuk diadili oleh juri harus diperhatikan, dan tidak ada fakta yang diputuskan oleh juri yang akan dipertimbangkan kembali di pengadilan mana pun di Amerika Serikat kecuali berdasarkan aturan hak bersama.

Amandemen VIII

Jaminan dan denda yang berlebihan, serta hukuman yang kejam atau luar biasa, dilarang.

Amandemen IX

Pencantuman hak dalam amandemen sebelumnya tidak boleh diartikan sebagai penyangkalan terhadap adanya hak-hak lain.

Amandemen ke X

Kekuasaan yang tidak didelegasikan kepada Amerika Serikat oleh Konstitusi, dan yang pelaksanaannya tidak dilarang olehnya kepada Amerika Serikat, dicadangkan kepada Amerika Serikat masing-masing, atau kepada rakyat.

Sebelum Perang Saudara Amerika Serikat (Civil War)

Amandemen XI

Pengadilan federal tidak dapat mendengarkan gugatan yang diajukan terhadap satu negara bagian oleh warga negara negara bagian lain atau warga negara asing.

Amandemen kedua belas

Prosedur pemilihan presiden diubah, sehingga presiden dan wakil presiden dipilih dalam surat suara terpisah (bukan memilih sebagai wakil presiden yang kedua dalam pemilihan).

Amandemen Rekonstruksi

Setelah Perang Saudara, rekonstruksi dimulai di selatan. Negara-negara bagian selatan diduduki secara militer, institusi mereka ditangguhkan. Kongres mengusulkan tiga amandemen, ketiganya terkait dengan masalah perbudakan dan akibatnya, ketiganya membatasi kekuasaan negara bagian. Masing-masing amandemen ini diakhiri dengan “Kongres akan memiliki kekuatan untuk memberlakukan ketentuan pasal ini dengan undang-undang yang sesuai”. Kongres kondisi penerimaan kembali negara-negara Selatan untuk ratifikasi mereka.

Amandemen XIII

Perbudakan sangat dilarang di wilayah Amerika Serikat dan wilayah mana pun di bawah yurisdiksinya, kecuali jika itu merupakan “hukuman atas kejahatan yang pelakunya telah dihukum dengan sepatutnya”.

Amandemen XIV

Siapa pun yang lahir di Amerika Serikat adalah warga negara. Negara tidak dapat mencampuri kehidupan, kebebasan, atau properti mereka tanpa proses yang semestinya, dan berutang perlindungan hukum yang sama kepada setiap orang. Keterwakilan di Kongres dan dalam pemilihan presiden negara bagian yang tidak memberikan hak pilih universal (laki-laki, di atas 21 tahun) dikurangi secara proporsional dengan jumlah orang yang dilarang memberikan suara. Orang-orang yang membantu pemberontakan dilarang menjalankan tugas resmi di pemerintahan Amerika Serikat. Hutang yang dikeluarkan oleh Negara Konfederasi dalam pemberontakan melawan Amerika Serikat tidak berlaku, tidak ada kompensasi yang dapat diklaim untuk emansipasi budak.

Amandemen ke XV

Artikel utama: Amandemen Kelima Belas Konstitusi Amerika Serikat
Hak untuk memilih tidak dapat dibatasi atau ditolak karena ras atau kondisi perbudakan sebelumnya.

Amandemen abad ke-20

Dua belas amandemen diratifikasi pada abad ke-20. Banyak koreksi teknis untuk Pasal I atau Pasal II, dua yang paling penting adalah pemilihan senator dengan hak pilih langsung, dan tidak memenuhi syarat presiden lebih dari dua periode. Tiga terkait dengan hak untuk memilih, hak perempuan, hak orang di atas 18 tahun, dan larangan pengkondisian hak untuk memilih pada pembayaran pajak. Juga perlu diperhatikan pengesahan pajak langsung atas penghasilan (pasal II menetapkan bahwa pajak federal sebanding dengan jumlah penduduk Negara Bagian), dan akhirnya penetapan, kemudian pelarangan.

Dimulai dengan Amandemen ke-20, Kongres umumnya memasukkan ke dalam undang-undangnya batas waktu tujuh tahun untuk ratifikasi.

Amandemen XVI

Negara federal dapat memungut pajak penghasilan.

Amandemen XVII

Senator dipilih dengan hak pilih langsung.

Amandemen XVIII

Larangan minuman beralkohol. Pembuatan, penjualan, konsumsi, pengangkutan, impor, dan ekspor dilarang.

Diratifikasi pada tahun 1919, dicabut pada tahun 1933 (dengan Amandemen ke-21) dan satu-satunya amandemen Konstitusi yang telah dicabut.

Amandemen XIX

Hak untuk memilih tidak dapat dibatasi atau ditolak berdasarkan jenis kelamin.

XX Amandemen

Masa jabatan presiden dan Kongres dimulai pada Januari, bukan Maret sebelumnya. Amandemen tersebut juga memperjelas beberapa poin tentang suksesi presiden oleh wakil presiden.

Amandemen XXI

Penghapusan Amandemen ke-18, akhir Larangan.

XXII Amandemen

Batasan untuk dua masa jabatan presiden (hanya Franklin Roosevelt yang melakukan lebih banyak, tiga dan keempat dimulai sebentar, terganggu oleh kematiannya).

XXIII Amandemen

Partisipasi Distrik Columbia (Washington D. C.) dalam pemilihan presiden.

Amandemen XXIV

Hak untuk memilih tidak dapat dibatasi atau ditolak karena tidak membayar pajak.

Amandemen XXV

Ketepatan penggantian atau suksesi dalam hal terjadi kekosongan sementara atau permanen dari kursi kepresidenan.

Amandemen XXVI

Hak untuk memilih orang yang berusia di atas 18 tahun tidak dapat dibatasi.

Amandemen XXVII

Undang-undang meningkatkan remunerasi perwakilan atau senator tidak dapat berlaku sampai setelah pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat setelah pemungutan suara mereka.

Naskah asli Konstitusi AS (UU US)

Constitution of the United States, page 1
Halaman pertama dari 4, salinan resmi Konstitusi yang ditandatangani oleh para delegasi. Pencetakan 500 salinan dari versi final mendahului salinan ini. National Archives and Records Administration, Public domain, via Wikimedia Commons

Constitution of the United States, page 2
Halaman ke-2 dari 4, naskah asli Konstitusi AS. National Archives and Records Administration, Public domain, via Wikimedia Commons

Constitution of the United States, page 3
Naskah asli Konstitusi, halaman 3 dari 4. National Archives and Records Administration, Public domain, via Wikimedia Commons

Constitution of the United States, page 4
Original manuscript of the Constitution, page 4/4, with the signatures of the representatives of the 13 States. National Archives and Records Administration, Public domain, via Wikimedia Commons

Tanda tangan

Rancangan konstitusi diadopsi pada 17 September 1787, dan ditandatangani oleh 39 dari 42 perwakilan yang hadir: George Mason, Edmund Randolph dan Elbridge Gerry menolak untuk membubuhkan tanda tangan mereka pada dokumen tersebut. Ini kemudian diteruskan ke Kongres.

George Washington —Chairman of the Convention and Representative from Virginia
Delaware
George Read
New Hampshire
John Langdon
Gunning Bedford Jr.Nicholas Gilman
John DickinsonMassachusettsNathaniel Gorham
Richard BassettRufus King
Jacob BroomConnecticut
William Samuel Johnson
Maryland
James McHenry
Roger Sherman
Daniel or St. Thomas JeniferNew York
Alexander Hamilton
Daniel CarrollNew JerseyWilliam Livingston
Virginia
John Blair
David Brearley
James MadisonWilliam Paterson
North Carolina
William Blount
Jonathan Dayton
Richard Dobbs SpaightPennsylvania
Benjamin Franklin
Hugh WilliamsonThomas Mifflin
South Carolina
John Rutledge
Robert Morris
Charles Cotesworth PinckneyGeorge Clymer
Charles PinckneyThomas Fitzsimons
Pierce ButlerJared Ingersoll
GeorgiaWilliam FewJames Wilson
Abraham BaldwinGouverneur Morris

Sumber bacaan: CleverlySmart,

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Doa Pujian dalam Gereja Katolik (Doksologi)

Doa Pujian Doksologi adalah doa pujian dan pemuliaan Tuhan. Doa pujian ini sering digunakan dalam ibadah Kristen dan dapat dinyanyikan atau dibacakan. Doksologi berfokus...
PinterPandai
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *