fbpx

Asal Simbol Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan – Jenis Kelamin Secara Biologis Dan Sains: Laki-Laki, Perempuan Dan Interseks

Asal Simbol Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan

Tanda yang digunakan untuk mewakili jenis kelamin pria (lingkaran dengan panah naik ke kanan) dan perempuan (lingkaran dengan salib ke bawah) masing-masing melambangkan dewa perang Mars (atau Ares dalam bahasa Yunani) dan dewi cinta Venus.

Asal simbol jenis kelamin laki-laki dan perempuan bukan hal yang asing yang sering kita temui siapapun mungkin sudah mahfum perihal dua simbol tersebut. Simbol ♂ adalah simbol jenis kelamin pria yakni simbol dengan lingkaran dengan tanda panah arah jam dua, sementara ♀ lingkaran dengan tanda silang dibawahnya adalah simbol jenis kelamin untuk wanita, tetapi tahukah kita darimana simbol-simbol kelamin tersebut berasal?

 

Jenis Kelamin Secara Biologis Dan Sains

Carl Linaeus (1707-1778) yang pertama kali mempopulerkan melalui bukunya Spesies Plantarium (1751).  Dia menggunakan kedua simbol tersebut untuk membedakan dua jenis kelamin biologis suatu organisme yakni pada tanaman, dengan simbol ♂ untuk organisme jantan sementara simbol ♀ untuk organisme betina.

Laki-laki dan perempuan memiliki gen yang berbeda, yang mempengaruhi perkembangan fisik mereka. Perempuan memiliki dua kromosom yang sama (XX), sedangkan laki-laki memiliki krosom yang berbeda (XY).

Laki-laki dan perempuan juga memiliki hormon yang berbeda. Diyakini ada pengaruh spesifik hormon ini terhadap perkembangan fisik dan emosi. Kedua jenis kelamin masing-masing memiliki hormon “kelelakian testosteron ” dan hormon “kewanitaan estrogen ”. Selain itu juga perbedaan anatomi atau struktur fisik antara laki-laki dan perempuan yang dalam hal ini adalah system reproduksi dan konsekuensinya.

Asal Simbol Jenis Kelamin Laki-Laki Dan Perempuan

 

Interseks atau hermaphroditisme adalah kondisi alami dan langka yang di mana bayi lahir dengan dua alat kelamin, vagina dan penis. Pemahaman masyarakat tentang interseks dan gender masih sangat minimal, masyarakat terpaku pada mengoreksi melalui operasi dan terapi hormon serta psikologi masih belum 100% ditangani. [1] [2] Interseks atau gender dysphoria bukan suatu penyakit, hanya terdapat perbedaan pada gabungan kromosom X dan Y. [3] [4] [5]

1,7% Bayi lahir dengan disforia gender atau interseks atau alat kelamin ganda.

Karena tubuh mereka terlihat berbeda, anak-anak interseks dan orang dewasa sering mengalami stigmatisasi dan mengalami banyak pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pelanggaran hak kesehatan dan integritas fisik mereka, terbebas dari penyiksaan dan perlakuan sewenang-wenang dan kesetaraan dan perlakuan non-diskriminasi. [6]

Jadilah seorang yang Bijaksana. Jangan menilai buku dari sampulnya!


Astrologi, Mitologi, Faelografi Dan Alkemi

Tetapi sejarah simbol tersebut sebenarnya jauh lebih tua, sejarah simbol jenis kelamin untuk pria dan wanita cukup kompleks dan erat kaitannya dengan astrologi, mitologi, faleografi dan alkemi. Manusia jaman dulu berkomunikasi menggunakan gambar atau simbol dengan ditemukannya gambar-gambar kuno dari jaman prasejarah. Simbol ♂ untuk simbol kelamin pria sering dihubungkan dengan maskulinitas misalnya aktivitas berburu dengan membawa tombak, sedangkan simbol ♀digunakan untuk simbol kelamin wanita karena merujuk pada kegemaran kaum hawa yang gemar bercermin.

Sementara itu dalam bidang astrologi simbol ♂menunjuk pada planet mars dan simbol ♀ merujuk pada planet venus. Dalam mitologi Romawi kuno simbol ♂ merupakan lambang dari Mars atau Ares sang dewa perang, sedangkan simbol ♀ perlambang venus sang dewi Aprodhite dewi cinta dan kecantikan serta simbol kewanitaan.

Di era renaissans, kedua simbol tersebut digunakan bidang alkemi untuk mengenali elemen logam besi dan tembaga. Dari berbagai penggunanaan simbol jenis kelamin pria dan wanita tersebut bertahan sampai sekarang.


Gender Adalah

Gender adalah konsep yang melihat peran laki-laki dan perempuan dari segi sosial dan budaya, tidak dilihat dari jenis kelaminnya. Sedangkan relasi gender mempersoalkan posisi perempuan dan laki-laki dalam pembagian sumber daya dan tanggung jawab, manfaat, hak-hak, dan kekuasaanya. Berbicara tentang gender berarti berbicara tentang laki-laki dan perempuan. Namun gender tidak memiliki asal usul biologis.


Disforia Gender Atau Interseks Atau Alat Kelamin Ganda Yang Disebabkan Kondisi Medis Langka

Gender dysphoria adalah suatu kondisi medis nyata dan alami yang diakui oleh American Psychiatric Assocation [7] dan pada kasus tertentu diperlukan penanganan medis. Akan tetapi, gender dysphoria bukanlah suatu penyakit kejiwaan, tetapi ini adalah hal alami yang dapat terjadi pada siapapun.

Disforia gender Gender dysphoria mungkin disebabkan oleh suatu kondisi medis langka, seperti hiperplasia adrenal bawaan (congenital adrenal hyperplasia/CAH) dan kondisi interseks (dikenal juga sebagai hermaphroditisme).

Interseks atau hermaphroditisme adalah kondisi langka di mana bayi lahir dengan dua alat kelamin, vagina dan penis. Pada kasus ini, setelah pelarangan prosedur normalisasi kelamin tanpa persetujuan pemilik tubuh oleh PBB [8] [9], anak akan dibolehkan untuk bertumbuh-kembang dengan dua alat kelamin hingga cukup dewasa untuk memilih salah satu dan melakukan operasi pembedahan.

Walaupun begitu, diperlukan penelitian yang lebih banyak lagi untuk bisa memastikan penyebab dari gender dysphoria.

Simbol Interseks

Simbol Interseks

 

Video Tentang Disforia Gender Atau Interseks Dari PBB (United Nations)

 

 

Kantor Hak Asasi Manusia PBB telah merilis sebuah film pendek yang meningkatkan kesadaran akan individu-individu interseks dan hal itu sangat mengharukan.

Iklan tersebut menampilkan keluarga yang penuh kasih sayang, 2 orang tua dan seorang anak perempuan yang sedang menunggu kelahiran anggota keluarga baru. Pada hari kelahiran bayi yang baru lahir tersebut, sang ayah mengetahui bahwa anak tersebut adalah interseks, yang berarti bahwa bayi tersebut dilahirkan dengan anatomi reproduksi atau seksual yang tidak sesuai dengan “definisi” standar perempuan atau laki-laki. Menurut video tersebut, 1,7% dari semua bayi yang lahir memiliki gender interseks.

 

I respect culture, tradition and religion, but they can never justify the denial of basic rights – Ban Ki Moon

Saya menghargai budaya, tradisi dan agama, namun mereka tidak dapat membenarkan penolakan hak-hak dasar – Ban Ki Moon (Sekretaris Jenderal PBB. Masa jabataan 1 Januari 2007 – 31 Desember 2016).
Diskriminasi tidak bisa dibenarkan. [10]

 

Hak Asasi Interseks

Orang-orang interseks terlahir dengan karakteristik jenis kelamin (seperti kromosom, gonad atau kelamin) yang “tidak sesuai dengan gagasan biner tubuh laki-laki dan perempuan” (seperti yang dijelaskan oleh Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia).

Orang-orang interseks menghadapi stigmatisasi dan diskriminasi sejak lahir, khususnya saat variasi interseks terlihat jelas. Di beberapa negara (khususnya di Afrika dan Asia), ada yang dibunuh saat masih kecil, ditinggalkan atau distigmatisasi oleh keluarganya sendiri. Ibu-ibu di Afrika Timur dapat dituduh sebagai penyihir, dan kelahiran anak interseks dianggap sebagai kutukan.

Balita dan anak interseks (seperti mereka yang punya bentuk kelamin yang ambigu) seringkali menjadi korban operasi dan/atau terapi hormon dengan tujuan agar mereka memiliki karakter jenis kelamin yang diterima oleh masyarakat. Salah satu tindakan yang mungkin juga dilakukan adalah sterilisasi. Tindakan ini ditentang oleh kelompok interseks dan tidak ada bukti bahwa tindakan-tindakan tersebut akan berdampak positif.

Beberapa hak yang dilanggar oleh intervensi medis secara paksa pada anak-anak interseks adalah:

  • Hak untuk hidup.

  • Hak privasi, termasuk hal atas otonomi pribadi atau penentuan nasib sendiri terkait dengan terapi medis.

  • Pelarangan penyiksaan dan perlakuan yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat manusia.

  • Hak atas integritas fisik[10] dan/atau otonomi tubuh.

  • Kepentingan-kepentingan terbaik anak mungkin dilanggar oleh operasi medis yang dimaksudkan untuk memuaskan keinginan orang tua atau masyarakat.

Isu-isu ini mulai diakui sebagai pelanggaran hak asasi manusia oleh badan-badan PBB, parlemen Australia, serta institusi etika Jerman dan Swiss. Organisasi-organisasi interseks juga telah mengeluarkan pernyataan gabungan dalam beberapa tahun terakhir, seperti Deklarasi Malta yang dikeluarkan oleh Forum Interseks Internasional ketiga.

Pada tahun 2011, Christiane Völling berhasil memenangkan tuntutan pertama terhadap seorang ahli bedah yang telah melakukan bedah tanpa persetujuan dari pasien. Pada tahun 2015, Dewan Eropa mengakui hak interseks untuk tidak dipaksa mengikuti terapi penentuan kelamin. Pada April 2015, Malta menjadi negara pertama yang melarang intervensi medis tanpa persetujuan dari pasien untuk mengubah anatomi kelamin. Sumber: Wikipedia

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Today I Found Out, Quora

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-20T05:16:40+07:00 Mei 9th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment