fbpx

Planet Yupiter Adalah Planet Terdekat Ke-5 Dari Matahari

Planet Yupiter

Adalah planet terdekat ke-5 dari Matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi & Mars. Planet Yupiter ini juga merupakan planet terbesar di Tata Surya.

Yupiter merupakan raksasa gas (sebagian besar hidrogen & helium). Dengan massa seperseribu massa Matahari dan 2 1/2 kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya.


Fakta Planet Yupiter

 

Yupiter adalah objek keempat terang di tata surya

Hanya Matahari, Bulan dan Venus lebih terang. Ini adalah salah satu dari lima planet terlihat dengan mata telanjang dari Bumi.

 

Orang Babelonia kuno adalah yang pertama untuk merekam penampakan mereka Jupiter

Ini adalah sekitar abad 7 atau 8 SM. Yupiter dinamai raja para dewa Romawi. Untuk orang-orang Yunani, itu mewakili Zeus, dewa guntur. Mesopotamia melihat Yupiter sebagai dewa Marduk dan pelindung kota Babelonia. suku Jerman melihat planet ini sebagai Donar atau Thor.


Yupiter memiliki hari terpendek semua planet

Ternyata pada porosnya sekali setiap 9 jam dan 55 menit. Rotasi cepat merata planet sedikit, memberikan bentuk oblate.

 

Jupiter mengorbit Matahari sekali setiap 11,8 tahun Bumi

Dari sudut pandang kita di Bumi, tampaknya bergerak perlahan di langit, mengambil bulan untuk berpindah dari satu konstelasi yang lain.
Jupiter memiliki fitur awan yang unik.
Bagian atas atmosfer Yupiter dibagi menjadi sabuk awan dan zona. Mereka dibuat terutama dari kristal, amoniak, sulfur dan campuran dari dua senyawa.

 

The Great Red Spot “titik merah besar” adalah badai besar di Yupiter

Ini telah terjadi selama setidaknya 350 tahun. Hal ini begitu besar sehingga tiga Bumi bisa muat di dalamnya.


Planet Yupiter terbuat dari senyawa batu, metal dan hidrogen

Di bawah atmosfer besar Jupiter (yang dibuat terutama dari hidrogen), ada lapisan gas hidrogen terkompresi, hidrogen metalik cair dan intinya es, batu dan logam.

 

Bulan Yupiter “Ganymede” adalah bulan terbesar di tata surya

Bulan Jupiter kadang-kadang disebut satelit Jovian, yang terbesar dari ini adalah Ganymeade, Callisto Io dan Europa. Ganymeade berukuran 5.268 km, yang ebuatnya membuatnya lebih besar dari planet Merkurius

 

Struktur dalam planet Yupiter

 

bagian dalam Yupiter

Model yang menggambarkan bagian dalam Yupiter, dengan inti berbatu yang dilapisi oleh lapisan hidrogen metalik cair. Sumber foto latar belakang: Nasa

 

Yupiter diduga terdiri dari inti yang padat, lapisan hidrogen metalik dengan sedikit helium, dan lapisan luar yang sebagian besar terdiri dari hidrogen molekuler. Hal lain di luar garis besar ini masih dianggap belum pasti. Inti Yupiter biasanya dikatakan berbatu, namun komposisi detailnya masih belum diketahui, dan begitu pula properti material-material pada suhu dan tekanan di kedalaman semacam itu (lihat di bawah). Pada tahun 1997, keberadaan inti pada planet Yupiter telah ditunjukkan melalui pengukuran gravitasi, yang diperkirakan memiliki massa 12 hingga 45 kali lebih besar dari Bumi atau kurang lebih 3%–15% jumlah massa Yupiter.

 

Satelit-satelit Yupiter

Yupiter memiliki 67 satelit alami. Dari satelit-satelit tersebut, diameter 51 satelit tercatat kurang dari 10 kilometer dan baru ditemukan setelah tahun 1975. Empat satelit terbesar Yupiter, yang dijuluki satelit-satelit Galileo, adalah: Io, Europa, Ganymede dan Callisto.


Planet Jupiter memiliki sistem cincin yang tipis

Cincin yang terutama terdiri dari partikel debu terlontar dari beberapa dunia Yupiter kecil selama dampak dari komet yang masuk dan asteroid. Sistem cincin dimulai beberapa 92.000 kilometer di atas puncak awan Jupiter dan membentang lebih dari 225.000 km dari planet ini. Mereka antara 2.000 sampai 12.500 kilometer tebal.


Delapan pesawat ruang angkasa telah mengunjungi Jupiter

Pioneer 10 dan 11, Voyager 1 dan 2, Galileo, Cassini, Ulysses, dan New Horizons misi. Misi Juno adalah cara untuk Jupiter dan akan tiba pada bulan Juli 2016. misi masa depan lainnya mungkin fokus pada bulan Jovian Europa, Ganymede, dan Callisto, dan lautan bawah permukaan mereka.

 

Yupiter - Voyager 1 mengabadikan foto ini pada 24 Januari 1979

Voyager 1 mengabadikan foto Yupiter pada 24 Januari 1979 saat masih berada pada jarak lebih dari 40 juta km. Sumber foto: Nasa

 

Bacaan Lainnya

 

Sumber bacaan: WikipediaSpace FactsNASA

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2017-12-07T16:54:36+00:00 Juli 21st, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment