10 Negara Penghasil Emas Terbesar

2 min read

Negara penghasil emas terbesar

Negara Penghasil Emas Terbesar

Emas adalah salah satu elemen paling langka di dunia, mewakili antara 0,001 dan 0,006 bagian per juta kerak bumi. Tetapi berapa banyak emas yang ditambang dunia setiap tahun dan negara mana yang paling banyak menghasilkan? Berikut adalah 10 Negara penghasil emas terbesar: Cina, Rusia, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Ghana, Brasil, Uzbekistan, Meksiko, Indonesia.

Emas adalah salah satu elemen paling langka di dunia, mewakili antara 0,001 dan 0,006 bagian per juta kerak bumi. Tetapi berapa banyak emas yang ditambang dunia setiap tahun dan negara mana yang paling banyak menghasilkan?

Berikut rincian lebih lanjut 10 negara dengan produksi emas terbesar di tahun 2020, dimulai dari China sebagai produsen teratas sekaligus konsumen teratas. Semua data berasal dari WGC dan per Juni 2021.

Cina – 368,3 ton

Selama bertahun-tahun, Cina adalah negara produsen terkemuka, menyumbang 11% dari produksi pertambangan global. Namun, produksi turun dari 383 ton menjadi 368 tahun lalu, menandai penurunan tahun keempat berturut-turut. Tren penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh kebijakan lingkungan yang lebih ketat yang diberlakukan oleh pemerintah. Misalnya, kontrol yang lebih ketat terhadap penggunaan sianida di tambang emas telah memaksa beberapa operasi untuk mengurangi produksi.

Rusia – 331,1 ton

Sebagian besar emas Eropa berasal dari Rusia, yang telah meningkatkan produksinya setiap tahun sejak 2010. Pada 2019, Rusia menyalip Australia untuk menjadi produsen terbesar kedua di dunia. Siapa pembeli terbesar emas Rusia? Pemerintah Rusia, tentu saja, yang membeli sekitar dua pertiga dari semua emas yang diproduksi secara lokal.

Australia – 327,8 ton

Australia sekarang mengalami peningkatan produksi selama delapan tahun berturut-turut. Industri mineral menghasilkan lebih dari setengah total ekspor Australia dan menghasilkan sekitar 8% dari PDB. Produksi yang lebih tinggi di beberapa tambang dan peningkatan proyek seperti Mount Morgans dan Cadia Valley berkontribusi pada peningkatan produksi.

Amerika Serikat – 190,2 ton

Produksi emas di Amerika Serikat turun di bawah 200 ton untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, melanjutkan penurunan yang dimulai pada 2019. Hampir 80% emas yang diproduksi di Amerika Serikat berasal dari Nevada. Jika negara bagian ini adalah negaranya sendiri, itu akan menjadi salah satu dari 10 penambang teratas di dunia.

Kanada – 170,6 ton

Kanada telah berada di tempat kelima selama empat tahun sekarang, bahkan setelah mengekstraksi 12 ton lebih sedikit pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Tambang emas pertama negara itu adalah Canadian Malartic, yang dimiliki bersama oleh Yamana Gold dan Agnico Eagle, yang bertanggung jawab untuk memproduksi lebih dari 16 ton tahun lalu.

Ghana – 138,7 ton

Ghana adalah produsen emas terbesar di Afrika, menyalip Afrika Selatan untuk pertama kalinya pada tahun 2019, dan juga dikenal dengan cadangan berbagai mineral industrinya. Perusahaan besar di sektor ini, seperti AngloGold Ashanti dan Gold Fields, telah meninggalkan Afrika Selatan demi Ghana, di mana depositnya lebih murah dan lebih mudah untuk dieksploitasi.

Brasil – 107,0 ton

Naik dari posisi nomor 10 pada 2019, Brasil meningkatkan produksinya untuk tahun ketiga berturut-turut. Aktivitas penambangan ilegal telah meningkat tajam selama enam tahun terakhir di jantung hutan hujan Amazon. Presiden Jair Bolsonaro telah mendorong negara itu untuk mengembangkan Amazon secara ekonomi dan mengeksploitasi kekayaan mineralnya.

Uzbekistan – 101,6 ton

Uzbekistan secara signifikan meningkatkan produksinya tahun lalu, dari 94,6 ton pada 2019 menjadi 101,6 ton, pertama kali melebihi 100 ton dalam setahun. Negara Asia Tengah adalah rumah bagi Muruntau, tambang emas terbuka terbesar di dunia berdasarkan wilayah. Proyek, yang juga mengandung deposit besar pirus dan arsenik, berada di atas apa yang diyakini banyak ahli geologi sebagai cadangan emas terbesar di dunia.

Meksiko – 101,6 ton

Meskipun produksi telah turun untuk tahun kelima berturut-turut, Meksiko tetap menjadi sumber emas yang kompetitif. Produksi naik dari hanya 50,8 ton pada tahun 2008 menjadi puncaknya di lebih dari 131 ton pada tahun 2015, salah satu peningkatan terbesar selama periode ini. Meksiko adalah lokasi yang menarik untuk pertambangan karena biaya regulasi yang relatif rendah.

Indonesia – 100,9 ton

Indonesia adalah rumah bagi tambang emas terbesar dan tertinggi kedua di dunia, Grasberg, yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia dan memiliki tidak kurang dari 20.000 pekerja. Negara Pasifik Selatan ini bertanggung jawab untuk memanen sekitar 3% dari pasokan dunia.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, World Gold Council, Focus Economics, Mining Digital

Sumber foto: PublicDomainPictures via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing