Susu Bagi Ibu Yang Memulai Program Kehamilan | Produksi ASI dan Manfaat Minum Susu Saat Hamil

Susu Bagi Ibu Yang Memulai Program Kehamilan | Manfaat Minum Susu Saat Hamil

Manfaat Minum Susu Saat Hamil, Susu Bagi Ibu Yang Memulai Program Kehamilan.

Memompa bisa menjadi strategi yang sangat penting untuk meningkatkan suplai ASI Anda. Kiat-kiat ini dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk melihat peningkatan pasokan Anda. Tips lebih lanjut dan jenis susu bisa Anda baca di susu bagi ibu yang memulai program kehamilan..

Susu menawarkan manfaat berikut selama kehamilan:

1. Kalsium makanan Atau nutrisi untuk tulang
Seorang ibu hamil membutuhkan sekitar 50 hingga 330mg kalsium untuk mendukung perkembangan kerangka janin. Untuk memenuhi kebutuhan ini, seorang wanita hamil berusia 19 tahun ke atas dianjurkan untuk mengonsumsi 1.000mg kalsium sehari. Wanita di bawah 19 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi 1.300mg kalsium sehari. Satu gelas (250ml) susu tanpa lemak menawarkan 309mg kalsium. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat gelas susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda selama kehamilan.

2. Protein untuk perkembangan janin
Selama kehamilan, asupan protein yang optimal membantu mendukung pertumbuhan bayi dan sel-selnya berkembang biak dengan cepat. Protein mungkin bisa membantu memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan menyehatkan bayi.

Jika asupan protein tidak mencukupi, dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi. Kebutuhan protein harian ibu hamil adalah 1.1g/kg berat badan/hari. Satu gelas susu menawarkan 8-9g protein. Oleh karena itu, mengonsumsi tiga gelas susu rendah lemak dapat membantu Anda memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein Anda dalam sehari.

3. Vitamin D mencegah rakhitis neonatus
Asupan vitamin D selama kehamilan dapat membantu mencegah rakhitis neonatal dan berat badan lahir rendah. Kebutuhan harian vitamin D adalah 400IU, dan satu porsi (8oz) susu dapat memberikan 115-124 IU. Oleh karena itu, mengonsumsi tiga porsi susu dapat membantu Anda memenuhi 59% kebutuhan vitamin ini.

4. Sifat antasida
Mulas dan masalah lambung lainnya sering terjadi selama kehamilan. Minum susu tanpa lemak atau rendah lemak dapat meredakan gejala mulas sampai batas tertentu. Sifat antisida adalah meredakan gejala akibat sakit maag atau penyakit asam lambung.

5. Membuat Anda tetap terhidrasi
Jika Anda merasa dehidrasi atau stres, minum segelas susu bisa membantu. Itu membuat Anda terhidrasi dan menebus kehilangan cairan dalam tubuh.

Susu Mentah Atau Susu Pasteurisasi: Apa yang Aman?

Minum susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah atau mengonsumsi apa pun yang dibuat dari susu mentah tidak aman selama kehamilan. Konsumsi susu mentah (yang tidak dipasteurisasi dan membawa mikroba) meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti listeriosis. Listeriosis adalah infeksi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang telat terkontaminasi bakteri bernama Listeria monocytogenes. Listeria dapat menimbulkan gejala ringan, seperti mual dan diare, sampai gejala berat, misalnya peradangan otak

Selama proses pasteurisasi, susu dipanaskan pada suhu tinggi untuk menghancurkan mikroba yang berkontribusi terhadap beberapa penyakit. Listeriosis jarang terjadi tetapi bisa berbahaya bagi bayi yang belum lahir.


Produksi ASI

Hormon kehamilan mempersiapkan payudara untuk menyusui. Produksi susu dimulai pada akhir kehamilan; inilah mengapa beberapa wanita mungkin mengalami keputihan selama waktu ini. Jadi jika bayi Anda lahir pada atau sebelum tanggal jatuh tempo, akan ada susu untuknya. Susu bagi ibu yang memulai program kehamilan

Dengan mengeluarkan ASI dari payudara, maka secara alami dirangsang untuk memproduksi lebih banyak. Payudara dapat dirangsang dengan isapan bayi atau dengan memeras ASI dengan tangan atau dengan pompa payudara. Payudara akan memproduksi ASI selama bayi menyusu atau ibu memerah ASI.

Payudara memproduksi ASI terus menerus sepanjang hari. ASI yang dihasilkan terkumpul di payudara sambil menunggu bayi disusui atau ASI yang dikeluarkan secara di pompa. Kecepatan produksi susu terutama tergantung pada jumlah susu yang terkumpul di payudara. Mekanisme alami menyesuaikan dengan kebutuhan bayi dan dengan demikian menghindari ketidaknyamanan bagi ibu.

Kesimpulan:

  • semakin kosong payudara, semakin cepat kecepatan untuk memproduksi ASI;
  • semakin penuh payudara, semakin lambat kecepatan produksi ASI;
  • semakin sering payudara dikosongkan, semakin banyak ASI yang dihasilkan;
  • semakin jarang payudara dikosongkan, semakin sedikit ASI yang dihasilkan.

Informasi penting yang perlu diingat: Semakin sering payudara dirangsang dengan cara memberi asi secara alami, semakin banyak ASI yang dihasilkan.

Produksi ASI menyesuaikan dalam beberapa hari karena payudara lebih sering dirangsang untuk memberikan asi (air susu Ibu) secara alami.

Jika Anda berhenti memberi ASI secara bertahap, produksinya akan berhenti secara bertahap, yang mencegah payudara menjadi membesar dan nyeri. Jika Anda berhenti menarik sekaligus, payudara menjadi membesar dan produksi berhenti dalam beberapa hari.

Produksi ASI tidak sama dan tergantung dari payudara ke payudara. Jika hanya satu payudara yang dirangsang secara di pompa, payudara lainnya akan berhenti memproduksi ASI setelah beberapa minggu.


Minum segelas susu 150 ml per hari selama kehamilan sangat bagus untuk ukuran anak-anak!

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam “European Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa remaja perempuan dan laki-laki umumnya lebih tinggi jika ibu mereka minum lebih dari 150 mililiter, sekitar seperempat liter susu per hari selama kehamilan mereka, dibandingkan dengan anak yang dilahirkan. untuk wanita yang minum lebih sedikit.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bayi lebih tahan dan memiliki pertumbuhan yang lebih baik jika ibu mereka minum susu saat mereka hamil. Penelitian baru ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan ini bertahan hingga dewasa.
Pakar nutrisi dari Islandia, Denmark dan Amerika Serikat mengikuti bayi yang lahir pada akhir 1990-an.Mereka menganalisis grafik pertumbuhan bayi yang lahir dari 809 wanita di Denmark pada tahun 1988 dan 1989, dan menempatkan hasil ini berkorelasi dengan jumlah susu yang dikonsumsi wanita selama kehamilan mereka. Mereka menemukan bahwa tinggi badan mereka saat remaja secara langsung berkaitan dengan jumlah susu yang diminum ibu mereka saat dalam kandungan.

Selama masa remaja, anak-anak yang sama ini juga memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka, yang meningkatkan perlindungan mereka terhadap diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di Inggris juga menyimpulkan bahwa wanita hamil dapat meningkatkan IQ bayi mereka, dan kemampuan membaca mereka saat minum lebih banyak susu, karena makanan ini kaya akan yodium. Yodium sangat penting untuk produksi hormon yang dibuat oleh kelenjar tiroid. Ini memiliki efek langsung pada perkembangan otak janin.

Sumber bacaan: Very Well Family, Very Well Family 2, NatureNational Center for Biotechnology Information

Sumber foto: Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-08-09T14:13:44+07:00 Agustus 4th, 2021|Sehat dan Cantik | Kesehatan & Pengobatan|0 Comments

Leave A Comment