fbpx

Antimon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sb dan nomor atom 51

Antimon

Antimon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Sb dan nomor atom 51.

 

Fisik Antimon

Antimon merupakan unsur dengan warna putih keperakan, berbentuk kristal padat yang rapuh. Daya hantar listrik (konduktivitas) dan panasnya lemah. Zat ini menyublim (menguap dari fase padat) pada suhu rendah. Sebagai sebuah metaloid, antimon menyerupai logam dari penampilan fisiknya tetapi secara kimia ia bereaksi berbeda dari logam sejati.

 

Kegunaan Antimon Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Antimon dimanfaatkan dalam produksi industri semikonduktor dalam produksi diode dan detektor infra merah. Sebagai sebuah campuran, logam semu ini meningkatkan kekuatan mekanik bahan. Manfaat yang paling penting dari antimon adalah sebagai penguat timbal untuk batere. Kegunaan-kegunaan lain adalah campuran antigores, korek api, obat-obatan dan pipa.

Oksida dan sulfida antimon, sodium antimonat, dan antimon triklorida digunakan dalam pembuatan senyawa tahan api, keramik, gelas, dan cat. Antimon sulfida alami (stibnit) diketahui telah digunakan sebagai obat-obatan dan kosmetika dalam masa Bibel.

Antimon dan senyawa-senyawanya adalah toksik (beracun). Secara klinis, gejala akibat keracunan antimon hampir mirip dengan keracunan arsen. Dalam dosis rendah, antimon menyebabkan sakit kepala dan depresi. Dalam dosis tinggi, antimon akan mengakibatkan kematian dalam beberapa hari.

Pada temperatur tinggi, antimon terkadang bisa mendai katalisator, membantu terurainya senyawa kimia menjadi unsur kimia asal terutama pada senyawa yang mempunyai relatif suhu leleh tinggi atau suhu nyala tinggi misalnya menguraikan thiner dari material anti gores pada cat logam atau menguraikan alkohol dari cairan rem atau minyak pelumas.

 

Antimon

Antimon asli dengan produk oksidasi.

 

Senyawa Antimon

  • Antimon pentafluorida SbF5

  • Antimon trioksida Sb2O3

  • Antimon trihidrida SbH3 (stibina)

  • Indium antimonida (InSb)

 

Isotop Antimon

Isotop non-radioaktif stabil antimon terlihat seperti batu perak-putih diproses metalik. Antimon adalah bahan yang digunakan dalam peluru senjata, dan juga baterai.
Antimon jarang ditemukan dalam bentuk paling murni atau mulia. Yang lebih sering ditemukan dalam bentuk sulfida (Sb2S3). China memproduksi hampir 84 persen dari antimon dunia.
31 waktu paruh yang diketahui, jumlah massa 104 sampai 136. Dari jumlah tersebut, dua stabil dan ditemukan secara alami dalam persentase yang ditunjukkan: 121Sb (57,36%) dan 123Sb (42,64%).

Isotop Antimont terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh(t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
121Sb 57.36% 121Sb stabil dengan 70 neutron
123Sb 42.64% 123Sb stabil dengan 72 neutron
125Sb syn 2.7582 y β 125Te

 

Sejarah Antimon

Nama “antimon” berasal dari dua kata Yunani: ‘anti’ dan ‘monos’ yang berarti ‘tidak sendiri’. Nama itu diberikan karena antimon jarang ditemukan asli; Biasanya dikombinasikan dengan belerang atau dengan logam berat seperti tembaga, timbal dan perak.

Orang telah memanfaatkan senyawa antimon selama ribuan tahun. Kita tahu bahwa salah satu mineral antimon, stibnite(Sb2S3), digunakan dalam kosmetik Mesir empat atau lima ribu tahun yang lalu sebagai garis mata hitam. 

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T00:31:23+07:00 Mei 28th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment