Apakah Hidung dan Telinga Terus Bertumbuh Seumur Hidup? – 3 Jenis Tulang Rawan / Muda

Apakah Benar Hidung dan Telinga Terus Bertumbuh Seumur Hidup ?

Beberapa orang mengatakan hidung dan telinga merupakan bagian tubuh yang tidak berhenti tumbuh meskipun kita telah tumbuh dewasa. Namun, apakah benarkah pendapat ini?

Setelah seseorang mencapai usia pubertas (di atas 18 tahun), tulang dan otot akan berhenti tumbuh. Tidak hanya kartilago (tulang rawan/ muda) yang terus tumbuh, namun karena gravitasi, telinga seseorang juga memanjang seiring berjalannya waktu.

Inilah sebabnya mengapa orang tua sering tampak memiliki hidung dan telinga yang lebih besar. Ahli bedah plastik dapat menghilangkan tulang rawan ekstra yang menyebabkan hidung dan telinga lebih besar. [1]


Hidung dan telinga yang dibentuk oleh tulang rawan / tulang muda, kenyataannya bertambah besar seumur hidup.


3 Jenis Tulang Rawan

Tulang rawan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu hialin, elastis dan fibrocartilage. Ketiganya memiliki sel kondrosit, serat elastin dan matriks. Namun, ketiganya dibedakan sesuai dengan jenis serat protein dan jumlahnya dalam matriks. [2]


1. Hialin

Hialin merupakan tulang rawan yang dapat ditemukan diseluruh tubuh, terutama bagian sendi dan tepi tulang rusuk. Hialin mengandung molekul protein besar seperti kolagen.


 

2. Elastis

Tulang rawan elastis merupakan tulang rawan yang terdapat pada bagian telinga, hidung , tabung Eustachius, dan epiglotis. Bahan utama dari tulang rawan elastis adalah serat elastis, sehingga sifatnya lebih lentur dan elastis.


 

3. Fibrocartilage

Tulang rawan ini sebagain besar dibentuk oleh serat. Jika digambarkan, fibrocartilage berbetuk seperti spon. Anda bisa menemukannya pada sendi lutut, bahu, dan rahang.


 

Bagaimana Hidung Dan Telinga Dikatakan Tumbuh Membesar?

Karena hidung dan telinga terbentuk dari tulang rawan, ketika bertambah tua, kolagen dan serat elastin yang membentuk tulang rawan mulai rusak. Akibatnya akan terjadi perenggangan dan mengakibatkan tulang melorot. Itulah kenapa telinga dan hidung akan tampak semakin panjang.

Kulit yang juga memberikan dukungan struktural pada tulang rawan, juga mengandung kolagen dan elastin yang akan rusak dari waktu ke waktu. Jadi, sebenarnya bukannya bertumbuh, tulang rawan pembentuk hidung dan telinga mengalami kerusakan dan terpengaruh gravitasi.


 

Bagian Tubuh Yang Terus Tumbuh

Bagian tubuh manusia yang terus tumbuh adalah rambut dan kuku. Baik kuku tangan maupun kaki, Anda harus rutin memotongnya agar tetap terlihat rapi. Begitu pula dengan rambut, jika Anda biarkan tanpa dipotong, rambut di kepala, ketiak, maupun hidung akan terus menagalami pertumbuhan. Meskipun kecepatan tumbuhnya berbeda di setiap bagian.

Selain rambut dan kuku, jaringan kulit juga dapat dikatakan terus tumbuh. Hal ini dapat Anda perhatikan karena mengalami luka. Meskipun tidak  benar-benar ‘tumbuh’ layaknya rambut dan kuku, jaringan kulit akan meregenerasi dirinya sendiri secara alami.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Doctor OZ, The Medicinal Journal, Reference

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T09:33:17+07:00 April 22nd, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment