fbpx

Belut Listrik Dapat Mengejutkan Kuda!

Belut Listrik

Ikan belut listrik yang besarnya antara 1,5 – 2 meter bisa menghasilkan listrik +- 600 volt. Cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda.

Ratusan spesies ikan memiliki organ yang dapat menghasilkan listrik. Tetapi hanya sedikit yang dapat menghasilkan daya listrik yang kuat. Organ penghasil listrik yang dimiliki oleh kebanyakan ikan tersusun dari sel saraf dan sel otot yang telah mengalami perubahan penting.

 

Organ Belut Listrik

Bentuk organ listrik seperti piringan kecil yang dapat memproduksi lendir disebut elektrosit. Elektrosit ini tersusun dan menyatu di bagian atas dari susunan lain yang sejajar. Pada umumnya, semua piringan menghadap arah yang sama yang memuat 150 atau 200 piringan setiap susunannya.

Hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Di bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang horizontal dan vertikal. Jumlahnya sangat banyak, lebih dari 5.000 buah.

 

Tegangan Listrik

Tegangan listrik disetiap baterai kecil ini tidak terlalu besar. Akan tetapi kalau semua baterai dihubungkan secara berderet (seri), akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt (bandingkan dengan batu baterai yang hanya 1,5 volt).

Ikan ini dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar. Ujung ekornya bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepala bertindak sebagai kutub negatif.

    

Navigasi Belut Listrik

Untuk navigasi, belut listrik hanya membutuhkan tegangan listrik yang kecil. Tetapi ketika berhadapan dengan musuh atau mangsanya, belut listrik akan memberikan tegangan semaksimal mungkin melalui kepala dan ekornya yang ditempelkan pada tubuh musuh atau mangsanya itu.

Arus listrik sekitar 1 ampere yang ditimbulkan oleh tegangan listrik yang tinggi ini akan mengalir dan membunuh mereka. Namun hewan lain tidak terganggu karena mereka tidak bersentuhan langsung dengan ekor dan kepala belut.

    

Belut listrik


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-02T10:23:14+00:00 Januari 27th, 2017|Ilmu Pengetahuan, IPA|0 Comments

Leave A Comment