fbpx

Apakah Anda Memerlukan Asuransi Kesehatan? – Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pembeli Yang Pintar

Asuransi Kesehatan

Adalah sebuah jenis produk asuransi kesehatan yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

 

Apakah saya dapat membiayai biaya operasi bedah, Dokter, kamar? jika terjadi kecelakaan atau terjadi penyakit yang kronis seperti kanker, gagal jantung, dll?
Contohnya, kanker serviks, berkisar dari Rp 20-50 juta, belum termasuk keperluan lainnya.

 

Cara Mencari Asuransi Kesehatan Terbaik

Pembeli asuransi kesehatan yang cerdas akan membandingkan penawaran asuransi kesehatan lainnya yang ditawarkan dari beberapa penyedia asuransi. Asuransi termurah jarang menjadi pilihan terbaik. Cakupan yang memadai sangat penting karena risiko kesehatan bisa berarti kesulitan keuangan jangka panjang. Sumber kutipan asuransi kesehatan meliputi:


1. Situs online

Sebagai metode yang paling umum, situs rujukan menghubungkan pembeli asuransi kesehatan dengan banyak penyedia asuransi yang berbeda. Penawaran harga yang ditawarkan akan didasarkan pada informasi dasar yang diberikan. Seiring berjalannya proses, Anda harus meminta informasi lebih rinci yang akan mengubah premi tahunan terakhir.


2. Referral pribadi

Pengalaman dengan penyedia asuransi tertentu sangat membantu saat memilih perusahaan asuransi yang andal yang membayar klaimnya. Tetangga dan teman tahu perusahaan asuransi mana yang dapat mendukung setiap pelanggan dan membayar klaim pada waktu yang tepat.


3. Periklanan tradisional

Perusahaan asuransi terus menggunakan iklan cetak untuk menjangkau calon pelanggan. Metode ini bekerja di industri bisnis tradisional yang berabad-abad yang lalu.

Total biaya maksimum kesehatan Anda

Tambahkan berapa banyak Anda akan membayar setiap perlindungan, jika hal buruk terjadi pada Anda. Pastikan untuk menambahkan biaya asuransi kepada diri Anda untuk setiap perlindungan. Jika Anda memiliki kesehatan yang buruk, Anda ingin memilih rencana yang akan menghabiskan biaya paling sedikit dari saku Anda sepanjang tahun. Jika Anda berada dalam kesehatan yang relatif baik, Anda dapat memilih untuk mengikuti rencana dengan premi terendah atau Anda mungkin memutuskan untuk mengikuti pilihan menengah.

Kebijakan terbaik mungkin bukan asuransi kesehatan yang paling murah tergantung pada situasi Anda. Bangaimana dengan perlindungan kesehatan yang tak terduga, seperti kanker dan kesehatan kronis lainnya? Apakah Anda sanggup untuk membiayainya?

Jangan lupa sertakan harga penawaran untuk perlindungan kesehatan yang ditawarkan oleh asuransi Anda sekarang dan asuransi yang akan Anda beli. Bandingkan!

 

Bagaimana jika saya memiliki kondisi kronis dan menggunakan asuransi kesehatan saya?

Orang dengan kondisi kesehatan kronis sering memilih asuransi yang lebih mahal karena mereka tahu, mereka akan menggunakan lebih banyak layanan-layanan kesehatan. Mereka menginginkan pengurangan yang lebih rendah dan akses ke jaringan yang lebih luas dengan lebih banyak dokter dan subspesialisasi. Dan mungkin biaya yang lebih kecil untuk setiap layanan. Pasien ini membayar lebih banyak dalam premi bulanan, namun umumnya akan memiliki biaya lain-lainya yang lebih rendah.

Asuransi kesehatan

Pilih asurans kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda!

 

Haruskah saya memilih premi bulanan rendah atau “deductible” pengurangan tahunan yang lebih rendah?

Jika Anda seperti kebanyakan orang muda dan Anda cukup sehat, Anda mungkin ingin keluar sesedikit mungkin dengan premi bulanan namun tetap mendapatkan pertanggungan yang komprehensif jika terjadi kecelakaan, penyakit mendadak atau perubahan keadaan, seperti menjadi hamil. . Sadarilah bahwa semakin sedikit Anda membayar premi bulanan Anda, semakin tinggi deductible tahunan Anda. Itu berarti Anda harus membayar lebih banyak dari saku untuk perawatan kesehatan sebelum rencana dimulai. Rencana yang lebih murah juga bisa membatasi Anda pada pilihan atau jaringan dokter yang kecil.

“Orang muda mungkin cenderung melakukan itu, berpikir, ‘Biarkan saya mendapatkan rencana yang bisa dikurangkan; Saya hampir tidak pernah pergi ke dokter. Saya hanya menginginkan hal ini dalam keadaan darurat dan membuat ibu saya bahagia, ‘”kata Karen Pollitz, seorang rekan senior di Family Foundation nirlaba, menambahkan,” Tidak apa-apa – saya pikir orang muda bisa melakukan itu. ”

 

Bagaimana jika saya hanya memerlukan pil flu dan pil KB?

Pastikan Anda memilih rencana yang menawarkan apa yang disebut “cakupan penting minimal,” yang berarti sesuai dengan persyaratan Undang-Undang Perawatan Terjangkau dan mencakup perawatan pencegahan gratis seperti pemeriksaan tahunan dan pengendalian kelahiran.

 

Jenis penggantian biaya dalam asuransi kesehatan

Jika memungkinkan, pilih Asuransi kesehatan yang tidak memerlukan pembayaran dengan uang kontan pada saat Anda meng-klaim asuransi kesehatan.
Ada beberapa jenis biaya pergantian dalam Asuransi Kesehatan, yaitu:
  • Tanpa Uang Kontan (Asuransi Kesehatan Cashless):
    Ganti rugi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tanpa menggunakan uang nasabah terlebih dahulu dimana biasanya perusahaan asuransi akan memberikan kartu keanggotaan sebagai bukti ganti rugi pada rumah sakit yang menjadi rekan mereka.
  • Bayar Terlebih Dahulu (Asuransi Kesehatan Reimbursment):
    Dalan jenis ini nasabah diharuskan untuk membayarkan terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan untuk perawatan baru kemudian perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut setelah nasabah melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan.

 

Biaya kesehatan yang mengalami kenaikan setiap tahun sehingga bila Anda memiliki Asuransi Kesehatan Anda dapat membiayai biaya perawatan Anda tanpa mengeluarakan biaya yang besar dalam jangka panjang bila Anda terkena penyakit kritis atau harus di rawat inap di rumah sakit. Secara umum biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10-15% setiap tahunnya. Kenaikan biaya kesehatan ini juga tidak diimbangi oleh perhitungan kenaikan gaji, sehingga risiko kehilangan aset atau mengalami kebangkrutan sangat besar bila Anda terkena penyakit.

 

Jenis-Jenis asuransi kesehatan perbedaan berdasarkan kriteria

1. Jenis Perawatan

Rawat inap (in-patient treatment):
Asuransi Kesehatan yang membiayai perawatan yang mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di sebuah ruangan rumah sakit.
Asuransi Kesehatan rawat jalan (out-patient treatment):
Asuransi Kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.

2. Keikutsertaan

Wajib:
Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan dalam perusahaan atau organisasi tempat dia bekerja.

Sukarela:
Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara bebas yang artinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

3. Biaya yang Ditanggung

Tanggungan Total:
Jenis Asuransi Kesehatan dimana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung oleh perusahaan asuransi baik dari rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi.
Tanggungan Tinggi Saja:
Jenis Asuransi Kesehatan dimana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnose, obat, dll.

4. Pihak yang Ditanggung

Personal:
Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada satu individu saja (pribadi) sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asurasinya.
Kelompok:
Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota perusahaan atau keluarga) seusia dengan syarat dan ketentuan polis (biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang dipertanggungkan).

 

Asuransi kesehatan

Cara memilih asuransi kesehatan untuk pembeli yang pintar.

 

Hukum dalam asuransi kesehatan

Asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian, maka dengan demikian hal ini memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dibatalkan bila terjadi beberapa hal seperti:

  • Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).
  • Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).
  • Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).
  • Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
  • Apabila obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).

 

BPJS Kesehatan: Asuransi Kesehatan yang Dikelola Negara

Salah satu peran Negara dalam mendukung kesejahteraan masyarakat adalah menghadirkan produk jaminan sosial dari sisi kesehatan dan ketenagakerjaan. Hal ini telah diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang mengamanatkan bahwa setiap Warga Negara Indonesia wajib mengikuti program BPJS.

Perlu diingat bahwa jaminan sosial dalam bentuk BPJS lebih menekankan pada gotong royong sesama peserta dan dibantu Negara untuk saling menolong peserta lainnya yang sedang membutuhkan biaya kesehatan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan peserta jaminan sosial dalam bentuk iuran bulanan tidaklah besar. Ini yang membedakan dengan asuransi swasta di mana besarnya premi sebanding dengan besarnya manfaat yang ingin didapatkan.

BPJS adalah proteksi jaminan sosial yang diberikan. Misalnya, segala hal yang terkait dengan kelangsungan hidup pada hari tua (pensiun) menjadi tanggung jawab sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, termasuk di dalamnya kelangsungan hidup apabila terjadi kecelakaan. Sementara segala hal terkait klaim biaya kesehatan, termasuk di dalamnya kelangsungan hidup kalau terjadi sakit, menjadi tanggung jawab sosial dari BPJS Kesehatan.

Pencegahan adalah hal yang paling baik. Jika Anda tidak mempunyai asuransi, Anda dapat ikut serta program pemerintahan dengan biaya iuaran yang cukup ringan. Info klik -> BPJS Kesehatan

 

Kartu Indonesia Sehat

Bagaimana dengan rakyat yang tidak mampu / miskin? Tidak perlu khawatir, semua rakyat miskin atau PBI (Penerima Bantuan Iuran) ditanggung kesehatannya oleh pemerintah. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi rakyat miskin untuk memeriksakan penyakitnya ke fasilitas kesehatan. Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Info klik -> KIS (Kartu Indonesia Sehat)

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Asosiasi Asuransi Umum IndonesiaAAJ IndonesiaInvestopedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 

By | 2019-01-11T22:56:55+07:00 Agustus 15th, 2017|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment