fbpx

Biji Pohon Saga Sebagai Penimbang Emas & Manfaat Ramuan Herbal Saga Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Pohon Saga

Pohon Saga (Adenanthera Pavonina) pada umumnya dipakai sebagai pohon peneduh di jalan-jalan besar. Tumbuhan ini juga mudah ditemui di pantai. Daunnya menyirip ganda, seperti kebanyakan anggota suku polong-polongan lainnya. Pohon ini dapat mencapai ketinggian 25m. Berasal dari India dan Cina dan juga tumbuh dibagian Asia Tenggara beserta Amerika Selatan.

Pohon Saga Sebagai Penimbang Emas

Dahulu biji saga dipakai sebagai penimbang emas karena beratnya yang selalu konstan dan dipakai sebagai kesatuan bobot emas.

4 Biji Saga = 1 Gram

 

Saga

 


Kegunaan Lain Pohon Saga

  • Daunnya dapat dimakan dan mengandung alkaloid (golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tetumbuhan) yang berkhasiat bagi penyembuhan reumatik.

  • Bijinya mengandung asam lemak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif (biodiesel). 

  • Kayunya keras sehingga banyak dipakai sebagai bahan bangunan serta mebel.

  • Biji yang berwarna merah, sering dirangkai menjadi kalung manik-manik dan ornamen dekorasi.

 

Ungkapan “matanya merah seperti biji saga” dikatakan kepada orang yang sangat marah sehingga matanya sangat merah.


Manfaat Saga Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Menyembuhkan Seriawan Alami (kata sariawan tidak baku)

Cara I: 1 gelas daun saga segar dicuci, direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. DIminum siang hari sedikit-sedikit.
Cara II: Daunnya dikeringkan, lalu dibalut dengan daun kawung kering dan disulut seperti rokok, sehingga menjadi abu. Abunya ditutulkan ke bibir/lidah yang sariawan.
Cara III: Segelas daun saga segar dicuci, diseduh dengan 2 gelas air seperti membuat seperti teh. Saring dan minum. Bisa juga untuk berkumur. Ramuan ini juga bisa untuk mengobati serak dan amandel yang membengkak.


Menyembuhkan Batuk Pada Anak-Anak

Cara I: Segelas daun saga beserta tangkainya, 1 bawang merah dikupas, 1 sendok teh rata adas manis, 2 ruas jari kayu pulasari. Semua dicuci, lalu direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Tambahi gula batu supaya rasanya enak. Saring dan minum menjelang tidur. Diulangi sampai sembuh.
Cara II: 1/2 gelas daun saga, 1/2 gelas daun asam, sepotong kayu manis Cina, dicuci, direbus bersama segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Airnya diminum sekaligus 1x sehari. Ulangi sampai sembuh.


Mengencerkan Dahak Alami

Segelas daun saga beserta tangkainya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini cukup untuk 3x minum selama sehari. Ulangi selama beberapa hari.


Menyembuhkan Amandel Alami

Segenggam akar saga dicuci bersih, potong-potong. Sepotong kayu manis Cina berukuran 5 cm dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sehingga. Saring. Airnya cukup untuk diminum 2x sehari. Ulangi sampai sembuh.


Menghilangkan Panas Perut

Segelas daun saga beserta tangkainya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini cukup untuk 3x minum selama sehari. Ulangi selama beberapa hari.


 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Informasi: Pinter Pandai buan sebagai pengganti Dokter.

Sumber bacaan: Update Sehat, Asian Plant, LKC Natural History Museum, National Parks – Singapore 

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T23:10:23+07:00 Mei 23rd, 2017|Lainnya, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment