PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Biografi Andy Warhol | Major Pop Art artist (1928-1987)

8 min read

Biografi Andy Warhol

“Seorang seniman adalah seseorang yang menciptakan hal-hal yang tidak dibutuhkan orang, tetapi untuk beberapa alasan berpikir akan menjadi ide yang bagus untuk menghadirkannya kepada mereka.” Andy Warhol. Ini adalah biografi Andy Warhol seorang seniman seni pop utama yang terkenal (1928-1987).

Artis Amerika Andy Warhol, yang bernama asli Andrew Warhola, lahir di Pittsburgh pada 6 Agustus 1928. Dia adalah putra ketiga dari Andrej Varchola dan Julia (née Zavacky), menikah di Mikova (sekarang Slovakia) pada tahun 1909, emigran di Amerika Serikat pada tahun 1913 untuk ayahnya dan pada tahun 1921 untuk ibunya. Andy Warhol meninggal di New York pada 22 Februari 1987 setelah operasi kecil kandung empedu.

Ayah Andy Warhol, Andrej, adalah seorang penambang, kemudian menjadi pekerja di lokasi industri kota. Ibunya, Julia, menghasilkan sedikit uang dengan melakukan pekerjaan rumah dan menjual kerajinan tangannya (bunga kertas dan telur Paskah) dari pintu ke pintu. Keluarga itu menyewa apartemen sederhana berturut-turut di dekat pabrik sebelum membeli, pada tahun 1934, sebuah rumah kecil di distrik Oakland.

Biografi Andy Warhol tahun 30-an

Pada tahun 1937, Andrew terjangkit chorea, penyakit menular yang mempengaruhi sistem saraf. Juga disebut tarian Saint-Guy, penyakit ini memaksanya untuk berbaring di tempat tidur selama lebih dari dua bulan. Seorang sepupu memberi keluarga itu Kodak Brownie Box Camera, sebuah perangkat yang akan digunakannya untuk mengambil banyak foto yang dia kembangkan sendiri di laboratorium improvisasi di ruang bawah tanah rumah.

Pada tahun 1938, ketika dia baru berusia sepuluh tahun, Andrew mulai mengumpulkan foto bintang film bertanda tangan, yang dia kumpulkan dengan hati-hati dalam album. Dia sangat menyukai Hollywood, fotografi, menggambar, majalah, dan menunjukkan minat awal pada seni.

Ayahnya meninggal pada tahun 1942. Julia, yang mengkhawatirkan kondisi gugup putra bungsunya, mencegahnya menghadiri pemakaman.

Biografi Andy Warhol tahun 40-an

Dari tahun 1945 hingga 1949, Andy Warhol belajar di Institut Teknologi Carnegie di Pittsburgh di bagian “Lukisan dan Desain” di mana dia bertemu dengan Philip Pearlstein.

Lulusan Institut Teknologi Carnegie pada bulan Juni 1949, dia berangkat ke New York pada musim panas di mana dia pindah dengan Philip Pearlstein di sebuah apartemen dekat St. Mark’s Place. Dia kemudian mengambil nama Andy Warhol. Dia menerima komisi pertamanya sebagai artis periklanan. Karena itu dia akan berkolaborasi, sebagai ilustrator, dengan banyak majalah: Glamour, Vogue, Seventeen, The New Yorker, Harper’s Bazaar. Dia juga akan membuat pajangan jendela, sampul album, sampul buku, dan kampanye iklan, termasuk kampanye sepatu I Miller yang terkenal.

Biografi Andy Warhol tahun 50-an

Pada tahun 1952, pameran tunggal pertamanya berjudul “Lima belas gambar pada teks oleh Truman Capote” berlangsung di Galeri Hugo di New York. Dia menerima medali Art Directors Club pada tahun 1952 dan 1957.

Pada tahun 1956, Andy Warhol gagal mencoba untuk bergabung dengan Galeri Tanager, galeri pertama yang dikelola oleh koperasi seniman. Tahun berikutnya dia mendirikan Andy Warhol Enterprises Inc. dan menerbitkan “A Gold Book”. Dia tinggal sebentar di Rumah Sakit Saint-Luke untuk mengikuti perawatan estetika hidung.

Pada akhir tahun 1959, Warhol mengakuisisi sebuah rumah tiga lantai di 1342 Lexington Avenue, di mana dia mendirikan studionya dan tinggal bersama ibunya, yang telah tinggal bersamanya di New York sejak tahun 1952.

Tahun 60-an

Pada awal 1960-an, Andy Warhol terlibat dalam sablon, sambil menjelajahi budaya populer dan produk konsumen massal. Karyanya secara langsung dipengaruhi oleh generalisasi konsumsi massa dan maraknya media yang menandai masanya. Andy Warhol menggunakan serigrafi hampir secara eksklusif, sehingga berusaha untuk memutuskan fetishisme dari karya unik tersebut. Cetakan yang dibuatnya acak dan tanpa angka. Terlepas dari metode produksi mekanis, Andy Warhol mengintervensi gambar yang dipilih dengan mewarnai, memfotokopi, dan memodifikasi penampilannya.

Pada musim semi tahun 1961, Andy Warhol mengunjungi galeri Leo Castelli di mana Ivan Karp memperkenalkannya pada karya Roy Lichtenstein, yang juga terinspirasi oleh komik. Dia menghasilkan lukisan pertamanya yang dikhususkan untuk barang konsumsi (“Peach Halfs”, “Coca-Cola” ) dan memulai seri stensil yang didedikasikan untuk kaleng sup Campbell.

Pada tahun 1962, ia melukis “headline koran”, yang merupakan transposisi fotografi pertamanya menjadi lukisan. Di musim semi, untuk pertama kalinya ia memperkenalkan teknik sablon di atas kanvas dalam karyanya. Teknik baru inilah yang dia gunakan untuk potret pertama bintang film yang dia hasilkan di atas kanvas: Troy Donahue, lalu Marilyn Monroe (setelah kematiannya, 5 Agustus), Elvis Presley, Nathalie Wood, dan Warren Beatty.

Pada awal musim panas 1962, Irving Blum menyelenggarakan pameran tunggal pertama lukisan seniman: “Kaleng Sup Campbell”, di Galeri Ferus. Di akhir pameran, ia memperoleh semua dari 32 kanvas untuk menghindari penyebarannya. Pada bulan September, Ileana dan Michael Sonnabend pergi ke Warhol bersama Robert Rauschenberg kepada siapa dia menawarkan untuk membuat potretnya dari foto-foto yang akan dia berikan. Beberapa bulan kemudian, Stable Gallery menawarinya pameran tunggal pertamanya di New York. Di antara karya yang dihadirkan adalah “Marilyn Diptych”. Michael Fried kemudian menulis: “Seni seperti Warhol pasti memparasiti mitos-mitos pada masanya, dan karena itu, secara tidak langsung, mesin kejayaan dan publisitas yang meluncurkannya ke pasar”. Pada tanggal 13 Desember, simposium “seni pop” yang diselenggarakan oleh Moma membaptis tren baru tersebut.

Ame02128 22
Museum of Modern Art, MOMA, New York. Gorup de Besanez, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Pada tahun 1963, Andy Warhol membuat banyak kanvas dengan subjek kekerasan (kursi listrik, kerusuhan ras, dll.) Yang dia gunakan untuk foto pers. Pada bulan Januari, peminjaman Mona Lisa untuk pameran di Museum Metropolitan menginspirasinya untuk membuat serial yang dikhususkan untuk “Mona Lisa”. Pada bulan Juni, dia menggunakan stan foto untuk penyebaran dua halaman di Harper’s Bazaar. Sebulan kemudian, dia melukis potret pesanan pertamanya, “Ethel Scull 36 kali”, di mana dia menggunakan bilik foto yang dibuat khusus. Warhol membuat film pertamanya termasuk “Sleep” dan “Kiss”. Dia pindah ke loteng besar (231 East Street) yang dia beri nama Pabrik dan tata letaknya dia percayakan kepada Billy Linich: dindingnya segera ditutup dengan aluminium foil dan semua perabotan serta lantainya dilapisi cat perak.

Pada tahun 1964, Warhol menciptakan “Tes Layar pertama”, potret film pendek dari pelanggan tetap Pabrik yang dia produksi hingga tahun 1966. Dia membeli alat perekam dan mulai merekam semua percakapan. Pada musim gugur, bersenjatakan pistol, Dorothy Podber memasuki Pabrik dan memotret empat potret Marilyn yang menjadi “Shot Marilyn”. Pada musim semi, diundang oleh Philip Johnson, dia melukis untuk Pameran Universal di New York “Tiga Belas Pria Paling Dicari”, digantung di fasad paviliun Negara dan akhirnya ditutup-tutupi karena alasan politik. Beberapa minggu setelah pembunuhan John Fitzgerald Kennedy, dia memulai serial “Jackies”. Dia juga memproduksi “Potret Diri” pertamanya, menggunakan bilik foto. Potret tersebut memegang tempat yang cukup besar dalam produksi Warhol dan Pabrik pertamanya. Rainer Crone menunjukkan “untuk tahun 1962 hingga 1964 saja, total 1760 lukisan yang 365 di antaranya adalah potret, yaitu 20,7% dari karya dan untuk tahun 1963, produksi potret mencapai 69,5% dari produksi”.

Pada tahun 1965, Warhol melukis warna-warni “Kaleng Sup Campbell” dan melanjutkan seri “Liz” dan “Kursi listrik”. Pabrik menyambut pelanggan tetap baru seperti Lou Reed, John Cale, dan Sterling Morrison, semua anggota Velvet Underground (dibuat pada bulan November). Di musim semi, Andy Warhol pergi ke Paris untuk pamerannya di Sonnabend (“Bunga”). Sekembalinya ke New York, malam “50 kepribadian gratin duniawi” diperhitungkan, di antara para tamu, Judy Garland, Allen Ginsberg, Tenessee Williams, dan Montgomery Clift.

Pada tahun 1966, perusahaan Andy Warhol Films Inc. didirikan untuk memastikan produksi dan distribusi karyanya. Pada bulan April, untuk pameran keduanya di Castelli, Warhol menutupi dinding sebuah ruangan di galeri dengan wallpaper kepala sapi miliknya. Di ruangan lain, putih, mengapungkan “Awan perak” (bantal perak yang digelembungkan dengan helium). Pada tahun 1968, ini akan digunakan oleh Merce Cunningham sebagai skenografi baletnya Hutan Hujan.

Diundang ke Critics’ Week di Festival Film Cannes tahun 1967, Andy Warhol bertemu dengan beberapa bintang di sana, termasuk Brigitte Bardot. Dia bereksperimen dengan potongan stroboskopik yang terdiri dari menyela motor kamera untuk memberi ritme pada film. Dia menghasilkan, dalam 250 eksemplar, sebuah portofolio dari 10 versi berwarna dari Marilyn. Pada tanggal 15 Desember, satu-satunya pemutaran lengkap “**** (Empat bintang)” berlangsung, sebuah film berdurasi lebih dari 25 jam yang terdiri dari urutan banyak gulungan berbeda.

Pada tahun 1968, Pabrik pindah ke 33 Union Square West. Pada bulan Februari, Warhol melakukan perjalanan ke Stockholm untuk pembukaan pameran retrospektif Eropa pertamanya. Untuk acara ini, fasad Moderna Museet ditutupi dengan wallpaper yang sekarang terkenal dengan kepala sapi. Dia berpartisipasi dalam pameran internasional keempat “Documenta” di Kassel. Pada tanggal 3 Juni, Valérie Solanas, aktris kecewa dari “I, a Man”, dan pendiri dan satu-satunya anggota SCUM (Society for Cutting Up Men), masuk ke Pabrik dan menembak Warhol dari jarak dekat. Dibawa ke Rumah Sakit Columbus dalam kondisi kritis, dia menjalani operasi yang berlangsung beberapa jam dan menghabiskan hampir dua bulan di rumah sakit. Dua hari kemudian, Robert Kennedy dibunuh di Los Angeles. Jed Johnson, yang akan menjadi rekannya, sering mengunjungi Pabrik tempat dia kemudian pindah.

3 Juni 1968: Warhol menjadi korban percobaan pembunuhan.
Setelah gagal meminta pelukis membuat naskahnya, Valérie Solanas, seorang penulis feminis, menembak Andy Warhol. Dia terluka di perut, paru-paru dan kerongkongan, dan tidak pernah benar-benar pulih dari luka tersebut. Setelah peristiwa tragis ini, sang seniman memutuskan untuk mengakhiri petualangan kolektif Pabrik.

***Pada tahun 1969, siaran “Lonesome Cowboys” menyebabkan protes dan mendorong penyelidikan FBI. Pada tanggal 31 Juli, “Film Biru” disita oleh polisi karena dianggap tidak senonoh. Kru Teater Andy Warhol Garrick ditangkap. Warhol menerbitkan edisi pertama Wawancara, ulasan film bulanan yang dia rancang bersama John Wilcock. Majalah ini diterbitkan oleh Warhol Enterprises, Inc.

Baca juga: Lukisan Paling Terkenal di Dunia

Tahun 70-an

Pada tahun 1971, kilas baliknya di Whitney sukses dan New York Times pujian kritis: “Kebenaran yang jelas dan sederhana, yang akan menyakiti musuhnya, adalah bahwa Andy Warhol tampak lebih baik dari sebelumnya”. Dia menggambar sampul album Rolling Stones, “Sticky Fingers”. Dia semakin dekat dengan John Lennon dan Yoko Ono selama mereka tinggal di New York. Dengan Paul Morrissey, dia membeli properti di Montauk (Long Island) tempat dia biasa tinggal bersama teman-temannya (Truman Capote, Lee Radziwill). Pada musim gugur, ibunya yang sakit kembali untuk tinggal di Pittsburgh. Warhol mencurahkan lebih banyak waktu untuk menugaskan potret yang dia hasilkan dari foto yang diambil dengan Polaroid Big Shot miliknya. Di Pabrik, jet set menggantikan bohemia dekade sebelumnya.

Pada tahun 1972, Andy Warhol menjauhkan diri dari bioskop dan serius kembali melukis. Dia memulai rangkaian lukisan potret Mao (yang akan dia tolak dalam gambar, cetakan, dan kertas dinding). Dia berpartisipasi dalam kampanye pemilihan presiden dari Senator Demokrat George McGovern. Richard Bernstein bertanggung jawab atas sampul Wawancara. Dengan mendorong pesanan di seluruh dunia, majalah yang sirkulasinya telah berlipat ganda ini berkontribusi besar dalam mendorong bisnisnya sebagai pelukis potret sosialita. Warhol menghasilkan antara 50 dan 100 potret setahun.

Pada tahun 1973, Warhol tampil dalam film “The Driver’s Seat”, dimana dia berteman dengan Elisabeth Taylor.

Di Paris, pada tahun 1974, museum Galliéra mengadakan pameran untuknya di mana 151 potret Mao digantung pada latar belakang wallpaper dengan patungnya. Di penghujung tahun, aktivitasnya sebagai seniman potret menghasilkan sekitar satu juta dolar. Warhol membeli rumah besar 5 lantai di 57 East 66th. Dia mulai menyusun “Kapsul Waktu”, kotak yang disegel dan diberi tanggal tempat dia menumpuk berbagai dokumen dan benda. Dia ikut memproduseri “Dracula” dan “Frankenstein”, keduanya dibuat di Italia oleh Paul Morrissey. Warhol mengeksekusi potret ibunya.

Pada tahun 1975, Andy Warhol memproduksi serial “Ladies and Gentlemen”, potret waria kulit hitam. Pada bulan Mei, ketika dia diundang oleh Presiden Ford untuk makan malam gala yang diberikan di Gedung Putih untuk menghormati Shah Iran dan Permaisuri Farah Diba, dia merekomendasikan bakatnya sebagai pelukis potret kepada para tamu. Pada tahun 1976, dari foto-foto tengkorak yang dibeli dari pedagang barang antik di Paris, Warhol memproduksi serial “Skulls”. Dia merekam film terakhirnya, “Bad” (yang dirilis pada musim semi 1977) dan mulai mendiktekan buku hariannya, “Andy Warhol diaries”, kepada Pat Hackett. Pada tahun 1977, dia pergi ke Iran untuk mengeksekusi potret keluarga kekaisaran. Pada tahun 1978, ia menghasilkan serangkaian potret diri, “Potret diri dengan tengkorak”.

Pada 1979, Warhol bertemu Beuys di Düsseldorf. Museum Whitney menyelenggarakan pameran “Andy Warhol, Potret 70-an”. David Whitney, yang bertanggung jawab atas kurasi, mempersembahkan di sana, berpasangan dan dalam barisan yang terhuyung-huyung, patung 56 kepribadian serta 8 potret anumerta ibu artis dan 3 raksasa Maos dari tahun 1973. Dalam katalog, Robert Rosenblum menggantikan Warhol dalam tradisi besar potret. Penerimaan kritis sangat beragam.

Biografi Andy Warhol tahun 80-an

Warhol and Beuys by Jodice
Warhol dan Beuys di Naples, Italia (1980). Mimmo Jodice and the CODA Museum, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Pada tahun 1980, Andy Warhol membuat beberapa potret Joseph Beuys, yang kemudian ditolaknya dalam sebuah portofolio. Dia mulai menggunakan debu berlian, terutama di seri “Sepatu debu berlian”. Untuk gambar “Madonna Modern”, dia menyewa model profesional yang datang untuk berpose bersama anak mereka untuk difoto di bengkel. Pada tahun 1981, Andy Warhol memotret dirinya sendiri dalam serial “Portraits in drag”.

Pada tahun 1982, dia melakukan perjalanan ke China di mana seorang industrialis kaya menugaskannya untuk melukis potret Pangeran dan Putri Wales untuk peresmian klub malam baru di Hong Kong. Dia mengunjungi Beijing. Dia berteman dengan seniman generasi baru (Keith Haring, Kenny Scharf, Jean-Michel Basquiat, Francesco Clemente, Sandro Chia dan Julian Schnabel) yang potretnya dia buat sebagai ganti karya.

Pada tahun 1983, Andy Warhol berkolaborasi dengan Basquiat dan Clemente dalam lukisan kolektif besar yang dipamerkan pada tahun berikutnya di galeri Bischofberger. Dia mencurahkan portofolio untuk Ingrid Bergman.

Pada tahun 1984, Warhol membeli bekas pembangkit listrik Edison, sebuah gedung 4 lantai tempat dia mendirikan bengkel dan semua kantornya. Kolaborasinya dengan Jean-Michel Basquiat berakhir setelah kegagalan kritis pameran mereka di galeri Shafrazi.

Pada tahun 1985, ia kembali ke citra iklan dengan melukis seri “Iklan”. Perusahaan Sup Campbell menugaskan serangkaian lukisan darinya untuk mempromosikan produk baru mereka, sup beku-kering.

Pada tahun 1986, Warhol membuat potret peringatan Joseph Beuys dalam kamuflase. “Potret Diri” terbaru dipamerkan selama musim panas di London. Wawancara dicetak dalam 170.000 eksemplar. Alexandre Iolas, yang sekarang mengelola sebuah galeri di Milan, memesan karya-karya yang terinspirasi oleh Perjamuan Terakhir Leonardo. Bernd Klüser, pemilik galeri Munich, mengajukan ide untuk mengerjakan potret Lenin kepadanya.

Pada tahun 1987, Andy Warhol membuat potret “Beethoven”. Pada tanggal 20 Februari, dia masuk Rumah Sakit New York dengan nama samaran (Bob Robert) untuk dirawat karena kantong empedu. Dia meninggal dua hari kemudian, pada 22 Februari, karena komplikasi pasca operasi. Pada tanggal 1 April, misa peringatan yang dirayakan untuk menghormatinya di Katedral Saint Patrick di New York menyatukan lebih dari 2.000 orang.

“Seni sudah menjadi iklan. Mona Lisa bisa berfungsi sebagai pendukung merek cokelat, Coca-Cola, atau apa pun.” Andy Warhol

22 Februari 1987: Kematian Andy Warhol

Dioperasi untuk kantong empedunya, jenius seni kontemporer meninggal pada malam setelah operasinya, pada 22 Februari 1987, karena serangan jantung. Berusia 58 tahun, ia meninggalkan karya luar biasa yang telah merevolusi seni kontemporer.


The Andy Warhol Diaries mengungkapkan kehidupan cinta rahasia sang artis


Sources: PinterPandai, Tate, Britannica

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *